Jawa Tengah, Kebumen, Tempat Wisata

Tempat Wisata di Kebumen

Di bawah ini adalah catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Kebumen, Jawa Tengah. Telah dibuat pula Peta Wisata Kebumen dari Google dengan penanda GPS oleh The Aroengbinang Project, berisi lokasi tempat wisata, tempat menarik, obyek wisata, dan tempat lainnya di Kebumen yang terus dilengkapi ketika datanya telah tersedia.

Bagian selatan Kebumen merupakan dataran rendah, sedangkan bagian utaranya berupa pegunungan yang merupakan bagian dari Pegunungan Serayu. Nama Kebumen konon berasal dari kabumian setelah dijadikan tempat pelarian Pangeran Bumidirja atau Pangeran Mangkubumi dari Mataram pada 26 Juni 1677, saat berkuasanya Sunan Amangkurat I.

Sejarah Kebumen erat dengan seorang tokoh legendaris bernama Joko Sangrib (Tumenggung Honggowongso), putra Pangeran Puger. Karena jasanya dalam memadamkan pemberontakan di Banyumas, Tumenggung Honggowongso diangkat menjadi Adipati Kutowinangun dengan gelar KRT RAA Aroeng Binang I, sesuai nama yang diwasiatkan ayahandanya.

tempat wisata di kebumen
Makam Aroeng Binang
» adalah tempat wisata di Kebumen untuk peziarah spiritual yang merupakan kompleks makam keluarga Aroeng Binang dan keturunannya di Dusun Kebejen, Desa Kuwarisan, Kecamatan Kutowinangun, Kabupaten Kebumen. Lokasi makam berada tidak jauh dari Stasiun Kutowinangun.

Nama muda Aroeng Binang I adalah Joko Sangkrib, dengan nama samaran Kenthol Surawijaya. Nama Kyai Hanggawangsa ia dapatkan ketika diwisuda menjadi Mantri Gladhak di Surakarta, dan kemudian Sunan Pakubuwono III mengangkatnya menjadi Bupati Nayaka dengan gelar Raden Tumenggung Aroeng Binang pada 1749. [Selengkapnya...]

tempat wisata di kebumen
Air Panas Krakal
» adalah tempat wisata di Kebumen yang ada di Desa Krakal, Kec Alian, dengan air panas jernih mengalir deras di bathtub di kamar VIP. Di belakang pemandian terdapat kolam dengan dua sumber mata air panas. Sebuah catatan menyebut bahwa mata air panas Krakal ini berasal dari formasi batuan Penosogan Karangsambung.

Jarak dari jalan kabupaten di tepi Makam Raden Ayu Tan Peng Nio sampai ke Pemandian Air Panas Krakal sekitar 6,8 km, arah ke Utara. Debit air di tempat ini rata-rata 10 liter/menit. Disarankan agar pengunjung tidak menggunakan sabun ketika mandi karena bisa lengket dan tak ada busanya. [Selengkapnya...]

tempat wisata di kebumen
Pesanggrahan Nyi Roro Kidul
, tempat wisata di Kebumben untuk peziarah spiritual yang menyimpan lukisan Nyi Roro Kidul, kain, sejumlah benda lainnya, serta patung garuda berukuran besar dengan sayap mengepak, berdiri di atas roda yang bisa menggelinding.

Di masa jaya bisnis Sarang Burung Walet, di sini selalu diselenggarakan keramaian tahunan dengan memotong kerbau, menanggap wayang kulit semalam suntuk, topengan, serta kuda lumping. Namun acara itu sudah tidak lagi diselenggarakan seiring menghilangnya burung Walet dari gua-gua di Kebumen. [Selengkapnya...]

tempat wisata di kebumen
Waduk Sempor
» merupakan tempat wisata Kebumen yang ada di Desa Sempor, Kecamatan Sempor. Waduk ini mulai dibangun pada 1958 dan baru selesai serta diresmikan pada 1978. Lintasan jalan aspal di atas bentang bendungan Sempor yang hanya bisa dilalui oleh sepeda motor dan para pejalan kaki.

Beton menjulang di sebelah kiri dengan cungkup di atasnya serta jembatan berpagar biru di sebelah kanannya adalah bagian dari fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Air Sempor, yang ujung bawah bendungannya menjadi tempat pemancingan tak resmi itu. PLTA Sempor memiliki kapasitas 1,1 MW, namun bisa berhenti beroperasi saat kemarau tiba.[Selengkapnya...]

Tempat Wisata di Kebumen

Air Terjun Silancur » Obyek Wisata Kebumen di Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Kec Karangsambung, dengan ketinggian 25 meter dan lingkungan sekitar yang masih alami.

Air Terjun Sudimoro » Dusun Kalikumbang, Desa Donorojo, Kec Sempor, Kebumen, dengan ketinggian air terjun sekitar 35 meter, tersusun atas tiga air terjun yang jatuh bertingkat.

Alun-Alun Kebumen » Tempat wisata di pusat kota Kebumen yang menjadi salah satu lokasi yang digemari untuk melakukan berbagai kegiatan dan tempat kumpul bagi warga

Ayam Bakar Pak Tarto »
Setelah melihat-lihat penggalan jalan di dekat Alun-alun Kebumen yang digunakan sebagai Pusat Kuliner Kebumen, saya mampir ke warung ini

Beji Kuwarasan »
Sebuah belik di lereng bukit Desa Karangkembang, Kebumen, yang airnya konon bisa membuat orang menjadi sehat.

Bendung Bedegolan »
Tempat Wisata Kebumen di Desa Jlegiwinangun, dengan lebar bendung sekitar 50 meter dan ketinggian 10 meter. Ada sebuah petilasan di sisi kanannya.

Bendung Kaligending »
Desa Karangsambung, yang selesai dibangun pada 1992, dengan tinggi mercu 2 meter, yang bearada di Kali Luk Ulo, Kebumen.

Bendung Pejengkolan »
Objek Wisata Kebumen di Desa Pejengkolan, Prembun, Kebumen, mulai dibangun pada 1981 dan selesai 1984, dengan tinggi bendungan dari dasar sungai sekitar 22 meter

Benteng Van Der Wijck »
Desa Sedayu, Kec Gombong, Kebumen, benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada 1818, dan masih kokoh hingga kini.

Bumi Perkemahan Widoro »
Desa Karangsambung, Kebumen, berada di sisi kanan Jalan Raya Karangsambung, berseberangan dengan Kali Luk Ulo.

Cagar Alam Geologi Karangsambung »
Tempat Wisata Kebumen di Desa Karangsambung, Kebumen, dengan kekayaan batuan purba yang luar biasa, namun terancam rusak karena kegiatan penambangan rakyat.

Desa Wisata Jembangan »
Kecamatan Poncowarno, yang telah ditata dengan elok, menyediakan sarana wisata air, kebun binatang mini, dan area bermain.

Gardu Pandang Waduk Wadaslintang »
Di puncak perbukitan di sisi kanan tempat wisata Waduk Wadaslintang dengan pemandangan yang elok dan luas ke arah waduk.

Gereja St Mikael »
Jl Gereja No. 10, Gombong, Kebumen, merupakan gedung paroki tertua di Kebumen yang berdiri pada tahun 1935.

Gua Jatijajar »
Wisata Kebumem di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen, yang konon ditemukan secara tak sengaja oleh Jayamenawi pada 1802 saat ia mengambil rumput.

Gua Petruk »
Tempat wisata di Kebumen ini berupa gua elok di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, dicapai dengan menapaki sekitar 350 anak tangga untuk sampai ke mulut gua ini, dengan kemiringan cukup tajam.

Gunung Rayang »
Wisata Kebumen berupa sebuah bukit elok Dekat PLTA Waduk Cirata dengan pemandangan langsung ke arah waduk dan menjadi tempat habitat sejumlah monyet.

Gunung Pranji »
Sebuah tempat wisata untuk treking di Kebumen di Kecamatan Pejagoan, dimana pejalan bisa menikmati suasana menikmati matahari terbit dan tenggelam.

Jembatan Kali Bodo »
Jembatan sepanjang 200 m di atas Kali Bodo yang menghubungkan Desa Ayah di Kabupaten Kebumen dengan wilayah Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap.

Kelenteng Hok Tek Bio Gombong »
Kelenteng berusia cukup tua di Jl. Mangga No 16, Gombong, Kebumen dengan pengurus yang ramah pada pejalan.

Kelenteng Kong Hwie Kiong »
Wisata Kebumen yang letaknya agak tersembunyi di Jl Pramuka, kira-kira 30 meter masuk ke dalam dari pengkolan jalan, yang sarat dengan cerita filosofi.

Kerkhof »
Sisa-sisa kuburan orang Belanda yang loarkasinya berada di Semanding, Gombong, dekat Benteng Van der Wijck.

Kolam Renang Gading Splash Water »
Tempat wisata di Kebumen untuk seluruh keluarga yang gemar bermain air, berada di pinggir Jalan Raya Soka.

Makam Adipati Mangkuprojo »
Berada di puncak perbukitan di Desa Pekuncen, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen yang erat kaitannya dengan keberadaan Masjid Jami’ Saka Tunggal di desa yang sama.

Makam Bulupitu »
Tempat wisata Kebumen di Kraton Suci Bulupitu, Kutowinangun, yang dipercayai sebagai keraton para lelembut dimana Dewi Nawangwulan, adik penguasa Laut Selatan bertahta.

Makam Kalapaking »
Makam keluarga Kalapaking dan keturunannya yang berada di perbukitan Desa Kalijirek, Kecamatan Kebumen.

Makam Keramat Srati »
Wisata Kebumen berupa sejumlah makam tua di puncak perbukitan Desa Srati, Kecamatan Ayah, dicapai dengan menapaki 119 undakan.

Makam Ki Bodronolo »
Wisata Kebumen di Desa Karangkembang. Ia adalah putra Ki Maduseno, atau cucu Ratu Pembayun dan Ki Ageng Mangir.

Makam KRAA Poerbonegoro »
Benerwetan, Ambal. Beliau adalah keturunan Kalapaking yang menjadi bupati Ambal pertama dan terakhir, sebelum berdirinya Kebumen.

Makam Kyai Hanggayuda »
Dukuh Suaran, Kecamatan Kutowinangun. Ia adalah ayah Joko Sangkrib atau Aroeng Binang I, yang semasa hidupnya menjadi Demang Kutawinangun.

Makam Marga Ewuh »
Kubur seorang Senopati Mataram di jaman Sultan Agung Hanyakrakusuma yang berada di Panjer, Kebumen, tak jauh dari Stasiun Kebumen.

Makam Mbah Blesek »
Panjer, Kebumen. Ia adalah salah satu dari tiga nama yang selalu disebut oleh masyarakat Panjer ketika menyelenggarakan tahlilan.

Makam mBah Lancing »
Makam keramat di Desa Mirit, Kebumen. Beliau, yang nama aslinya Kyai Baji, adalah keturunan Brawijaya V dengan Dewi Penges (Reksolani).

Makam Pangeran Bumidirjo »
Jl Raya Lundong, Kutowinangun, sangat dekat dengan Makam Aroeng Binang, tak lebih dari 750 meter. Pangeran Bumidirjo adalah putera ke-5 Panembahan Sedakrapyak.

Makam R.A. Tan Peng Nio Kalapaking »
Makam tunggal yang berada di tengah sawah. R.A. K.R.A.T. Kalapaking III (R.A. Tan Peng Nio) adalah istri R.M. Soleman Kertawangsa

Makam Syekh Anom Sida Karsa »
Sekitar 6 km dari Pantai Petanahan. Syekh Anom disebut sebagai asli keturunan Raden Patah dari Demak.

Makam Syekh Abdul Awal »
Desa Kebon Sari, Kecamatan Petanahan, dekat Makam Syekh Anom Sida Karsa, yang adalah muridnya.

Makam Syekh Abdul Kahfi Al Hasani »
Tempat wisata ziarah Kebumen yang berada di sebuah cungkup di puncak perbukitan Lemah Lanang.

Makam Syekh Ibrahim Asmorokondi »
Dukuh Kuwarisan, Panjer, Kecamatan Kebumen, makam keempat yang saya kunjungi untuk nama yang sama setelah makam di Cirebon, Gresik, dan Parangtritis.

Masjid Agung Kebumen »
Jl Pahlawan No 197, dengan arsitektur yang masih mempertahankan ciri tradisional, yang mudah-mudahan dipertahankan untuk seterusnya.

Masjid Saka Tunggal »
Masjid dengan arsitektur unik di Desa Pekuncen, Kec Sempor, 15 km dari kota Gombong

Mata Air Sendang Pelus »
Tempat wisata di Kebumen berupa sendang dengan air jernih di Desa Rogodadi, Kecamatan Buayan, Kebumen, namun terancam karena kegiatan penambangan yang merusak lingkungan.

Pantai Karang Agung »
Wisata Kebumen di Desa Argopeni, sebelah timur Pantai Ayah.

Pantai Karangbolong »
Obyek wisata di Kebumen di Desa Karangbolong, dengan lorong gua sepanjang 30 meter melewati serakan batu, selebar 10 meter dan tinggi 5 meter.

Pantai Lembupurwo »
Desa Lembupurwo, ada Laguna dan Gumuk Pasir.

Pantai Logending »
Tempat wisata Kebumen di Kecamatan Ayah, juga menjadi muara Sungai Bodo, sebuah sungai yang memisahkan wilayah Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Cilacap.

Pantai Menganti »
Wisata Kebumen di Desa Karangduwur, 7 Km dari Pantai Ayah, sebuah kawasan pantai sangat indah dengan akses berkelok dan warung yang bisa untuk menginap.

Pantai Pasir »
Pantai selebar sekitar 700 meter yang menjadi tempat awal pelautan dan pendaratan perahu nelayan Desa Pasir, Kecamatan Ayah,

Pantai Pecaron »
Pantai sempit yang diakses dari sempalan ke jalan kampung dari kelokan Jalan Ayah - Karangbolong, masih banyak yang harus dibenahi di pantai ini.

Pantai Petanahan »
Desa Karanggadung, Kec Petanahan, dengan Monumen Peringatan Dini Tsunami yang diresmikan pada tanggal 5 September 2007.

Pantai Suwuk »
Pantai Selatan Jawa kedua yang saya kunjungi di daerah Kebumen, merupakan tempat wisata Kebumen yang digemari anak-anak dan orang dewasa.

Pesanggrahan Nyi Roro Kidul »
Di sebelah kiri pos portal penjagaan di gerbang dan pembayaran tiket masuk ke Pantai Karangbolong yang menjadi saksi masa jaya industri sarang burung walet Kebumen.

Peta Wisata Kebumen »
Peta wisata interaktif, lengkap dengan data GPS dan petunjuk arah ke lokasi yang dituju.

Petilasan Ki Singapatra »
Lokasinya berada di tengah makam umum di Desa Kebumen, Kecamatan Kebumen.

Petilasan Sunan Geseng »
Bangunan petilasannya berada tepat di pinggir Bendung Bedegolan, dilindungi pepohonan sangat tua yang rimbun.

Pondok Pesantren Al Kahfi Somalangu »
Pondok pesantren bersejarah yang didirikan oleh Syekh Muhammad 'Ishom Al-Hasani


Sate Ayam Ambal »
Rasanya manis pedas, dan daging ayamnya empuk padat. Diminumi teh panas tawar nikmat sekali. Bumbu satenya memakai bumbu kedele.

Situs Watutumpang »
Tempat Wisata di Kebumen berupa fenomena alam unik yang lokasinya berada di Karangsambung.

Soto Sokaraja »
Pusat Kuliner Kebumen

Stasiun Kebumen »
Salah satu dari sembilan stasiun kereta api yang ada di Kabupaten Kebumen, dan paling dekat dengan pusat Kota Kebumen.

Stasiun Kutowinangun »
Stasiun yang masuk ke dalam wilayah Daerah Operasi V Purwokerto, berada pada ketinggian +13 m

Sumur Petilasan Syekh Anom Sida Karsa »
Desa Petanahan, tidak jauh letaknya dari lokasi makamnya yang unik.

Taman Makam Pahlawan Kebumen »
Jl. Tentara Pelajar, Kebumen, yang memiliki nama resmi Taman Makam Pahlawan Bumi Wira Bhakti.

Taman Kota Jenderal HM Sarbini »
Wisata Kebumen di Jl Ahmad Yani, menempati lahan seluas 7.860 m2 di bekas Terminal Bus Kebumen yang terbengkalai sejak 2003 setelah tidak digunakan.

Tanjung Karangbata »
Tempat wisata Kebumen di Desa Karangduwur, Ayah, diakses dari Pantai Manganti, memiliki panorama yang sangat indah, Terindah dari semua panorama pantai yang saya sudah kunjungi di Kebumen.

Terowongan Ijo »
Desa Bumiagung, Kebumen, merupakan terowongan kereta api terpanjang ke-8 di Indonesia, dengan panjang 580 meter, menerobos kaki perbukitan kapur Gunung Malang.

TPI Pasir »
Desa Pasir, Kebumen, menjadi tempat nelayan menjual ikan setelah mendarat ke Pantai Pasir mulai dari sekitar jam 11 hingga sore hari.

Tugu Lawet »
Jalan Pahlawan, Kebumen, dikerjakan oleh seorang pemahat bernama Suko pada 1975, menjadi saksi sejarah kejayaan perdagangan sarang burung walet di masa lalu.

Waduk Wadaslintang »
Dibangun mulai 1982 dan diresmikan Presiden Soeharto pada 1988. Ada sabuk hijau seluas 300 ha yang mengelilingi Waduk Wadaslintang


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Januari 08, 2018.