Bumi Perkemahan, Jawa Tengah, Kebumen

Bumi Perkemahan Widoro Kebumen

Sempat mampir ke Bumi Perkemahan Widoro lantaran melihat lapangan rumput sangat luas di halaman bagian depannya yang berada di sisi kiri Jalan Raya Karangsambung, karena kami datang dari Utara. Bumi perkemahan ini letaknya berseberangan dengan Kali Luk Ulo, berdekatan dengan SD Negeri Widoro II, di Kecamatan Karangsambung.

Lapangan serbaguna Bumi Perkemahan Widoro ini panjangnya 100 meter, bentuknya hampir bujursangkar benar namun tepinya tidak rapi. Jika dari Kota Kebumen, tempat ini sekitar 5 km sebelum di Bendung Kaligending, atau 10,2 km sebelum Museum LIPI Karangsambung.

Di sisi sebelah kanan lapangan terdapat sejumlah bangunan yang disebut sebagai Pasar Perkemahan Widoro, yang sepertinya menjual segala macam tetek bengek keperluan perkemahan. Hanya saja saya tak sempat menengok kondisi di dalamnya. Diantara lapangan dengan jalan ada area terbuka yang bisa dipakai sebagai parkir kendaraan pengunjung.

bumi perkemahan widoro kebumen

Gerbang masuk ke dalam area Bumi Perkemahan Widoro yang berada di sisi Timur lapangan terbuka. Ada dua pasang tiang gapura besar kecil. Dua yang besar di bagian dalam menopang lambang Pramuka, yaitu buah kelapa yang keluar tunasnya. Sedangkan dua yang ada di sisi luar bagian atasnya sudah ditumbuhi dengan rerumputan liar.

Lambang Gerakan Pramuka yang menggunakan tunas kelapa itu memiliki arti filosofis. Buah kelapa yang telah tumbuh tunasnya itu dikenal sebagai cikal, sehingga semangat Pramuka diharapkan berperan sebagai inti bagi kelangsungan hidup bangsa. Selain itu, Pramuka adalah pribadi yang mampu beradaptasi dalam kondisi lingkungan apapun.

Musim kemarau yang masih betah bertahta saat itu membuat lapangan Bumi Perkemahan Widoro terlihat berwarna coklat kekuningan dengan sedikit warna hijau pada rerumputan, membawa suasana sekitar terkesan muram. Keadaan sangat sepi ketika saya melangkahkan kaki mendaki sejumlah undakan memasuki area perkemahan sedikit lebih dalam.

Lapangan luas di bagian depan Bumi Perkemahan Widoro Kebumen sangat mendukung bagi kegiatan kelompok. Sekitar 50 meter dari tepi lapangan terdapat pendopo yang cukup besar, dan tapak-tapak kemah ada di sebelah kiri, kanan, dan belakangnya.

bumi perkemahan widoro kebumen

Agak ke sebelah dalam di kompleks Bumi Perkemahan Widoro terdapat area terbuka berukuran tak begitu luas dengan lambang Pramuka dan tulisan Dasa Dharma Pramuka yang berbunyi,

"Pramuka itu: 1.Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa; 2.Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia; 3.Patriot yang sopan dan kesatria; 4.Patuh dan suka bermusyawarah; 5.Rela menolong dan tabah; 6.Rajin, terampil dan gembira; 7.Hemat cermat dan bersahaja; 8.Disiplin, berani dan setia; 9.Bertanggung jawab dan dapat dipercaya; 10.Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan".

Lambang Pramuka berupa Tunas Kelapa itu diciptakan oleh Soenardjo Atmodipurwo, tokoh pramuka dan juga pegawai tinggi Departemen Pertanian. Lambang Tunas Kelapa dipakai pertama kali pada 14 Agustus 1961 saat Presiden Soekarno menganugerahkan Panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional Indonesia ke organisasi Gerakan Pramuka.

Meskipun undakan yang menuju ke bagian tengah kompleks Bumi Perkemahan Widoro ini sudah banyak yang retak, namun secara umum masih bisa ditapaki tanpa masalah. Jika tidak ada pejabat pemerintahan setempat yang menjadi pengurus pramuka atau semacamnya, kadang sulit berharap ada alokasi biaya perawatan untuk aset yang sering tidak membawa keuntungan secara finansial ini.

Adanya sampah dedaunan dan plastik yang terlihat berserak cukup banyak di sekitar lokasi yang saya lewati, menandai bahwa kebersihan di tempat ini tidak dijaga setiap harinya oleh petugas. Mungkin hanya jelang akhir pekan dibersihkan ketika orang lebih banyak berkunjung ke sana.

Sayangnya tak terlihat ada satu pun orang atau kelompok yang sedang berkemah di sana saat itu, mungkin karena hari itu masih bukan akhir pekan. Lebar terpanjang Bumi Perkemahan Widoro sekitar 200 meter, dan dari tepi lapangan ke ujung belakang area mencapai 225 meter.

Pepohonan tumbuh cukup rapat di dalam area perkemahan, dengan setidaknya ada empat area yang agak terbuka dan bisa menjadi tapak perkemahan. Air di tempat ini tampaknya tidak menjadi masalah, sesuatu hal yang sangat penting bagi bumi perkemahan. Hanya saja perkemahan terkesan menyeramkan ketika suasana sepi tanpa lalu-lalang orang.


Bumi Perkemahan Widoro Kebumen

Alamat : Desa, Kacamatan Karangsambung, Kebumen. Lokasi GPS : -7.61072, 109.65651, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Hotel di Kebumen, Tempat Wisata di Kebumen, Peta Wisata Kebumen.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! September 30, 2019.