Jawa Tengah, Kebumen, Kolam Renang

Gading Splash Water Kebumen

Secara kebetulan saja saya bisa mampir ke Gading Splash Water Kebumen, sebuah kompleks kolam renang bagus yang berada di pinggir Jalan Raya Soka, Kebumen. Saat itu Bambang tengah bertanya arah. Sambil menunggu, meskipun tempat wisata air tidak pernah menjadi kegemaran saya, namun tak ada salahnya untuk sekadar melihat-lihat.

Loket karcis masuk ada di sebelah kiri. Pada kaca loket yang dijaga dua wanita, menempel pengumuman bahwa hari Jumat 12.00 - 17.00 tempat ini dikhususkan bagi putri, kecuali hari besar. Tertulis pula tiket Senin s/d Jumat Rp. 9.000, bagi pengunjung usia 3 tahun ke atas. Gading Splash Water Kebumen dari luar terlihat cukup baik, dengan area parkir lumayan luas, dan itu pula yang membuat saya tertarik untuk melihat dalamannya.

Untungnya seorang pria bertubuh atletis yang saya duga pensiunan sebuah angkatan memperbolehkan saya masuk untuk melihat dan memotret fasilitas yang ada di sana. Umumnya anak-anak senang bermain air, apalagi di kolam renang dengan air bersih yang berlimpah, sehingga mengajari anak berenang di kolam renang biasanya tak begitu sulit. Belajar bersama seorang guru tentu akan lebih baik dibandingkan jika belajar sendiri, oleh karena selain tahu teknik berenang yang baik juga terbiasa melakukan pemanasan sebelum masuk ke kolam renang. Sebuah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

gading splash water kebumen

Menempel pada tembok dinding depan bangunan yang dibiarkan telanjang tanpa semen adalah tengara peresmian Gading Splash Water Kebumen yang ditandatangani oleh Bupati Kebumen pada 9 Juli 2005. Sudah cukup lama juga usianya, namun kondisi tempat ini secara umum terlihat masih baik dan terawat. Hanya sedikit di sana-sini perlu perbaikan.

Saat saya masuk ke area bagian dalam Gading Splash Water Kebumen ini, di sebelah kanan tampak ada ruangan yang khusus diperuntukkan untuk kegiatan Gym atau fitness. Sebuah ide yang sepertinya bagus, karena para bapak yang mengantar anak atau cucunya bermain di kolam renang ini mungkin ada yang memilih pergi ke gym ketimbang berenang.

Selain kolam renang dan fasilitas gym untuk fitness, di Gading Splash Water juga ada ruangan untuk sauna, aerobic, area tempat bermain anak, cafe dan ada pula sebuah minimarket. Minimarket, sauna, dan cafe ada di sebelah kiri bangunan, jika dari arah masuk. Menu seperti Mie Bakso dan Siomay bisa dijumpai di cafe samping kolam renang itu.

gading splash water kebumen

Kolam renang utama di Gading Splash Water Kebumen memiliki empat sudutnya yang berbentuk melengkung. Di sebelah kiri kolam renang terdapat sebuah panggung kecil yang sepertinya bisa dipakai untuk berhalo-halo bagi MC jika ada acara permainan kelompok atau lomba. Bisa juga untuk bermain musik atau pentas tari-tarian.

Di ujung sana terdapat arena bermain bagi anak-anak, dengan ayunan, dan sejumlah permainan lainnya. Gading Splash Water Kebumen juga tampak menyediakan ban-ban angin yang bisa dipakai atau disewa oleh anak-anak atau pun remaja yang masih belum pandai berenang agar tetap bisa mengapung dan bermain di dalam kolam.

Mengelola tempat pemandian seperti Gading Splash Water ini memang perlu kreativitas dan harus selalu melakukan inovasi untuk menarik pengunjung baru dan mempertahankan yang lama. Selain bersaing dengan sesama kolam renang, termasuk yang ada di hotel-hotel, persaingan memperebutkan pengunjung juga terjadi dengan tempat wisata dan hiburan lainnya.

Ujung area Gading Splash Water dipergunakan bagi kolam renang dangkal untuk balita yang dipisahkan oleh tembok tipis dengan kolam agak lebih dalam di sebelahnya yang diperuntukkan bagi anak-anak remaja tanggung dan menjadi ujung akhir permainan luncuran air. Orang tentu perlu mengawasi anak balitanya dengan ketat jika bermain air di sana.

Seorang gadis kecil dengan ban di pinggangnya berjalan di sisi sebelah kanan kolam renang yang lebar. Di ujung terdapat area permainan air berupa luncuran melengkung cukup tinggi yang dirancang dengan sentuhan etnik. Luncuran itu tidak berakhir di kolam yang ini namun di kolam renang dangkal di sebelah sana yang diperuntukkan bagi anak-anak dan remaja tanggung. Untuk kolam ini disediakan luncuran pendek di pojok sebelah kanan.

Pada dinding depan Gading Splash Water Kebumen saya sempat melihat ada sebuah poster yang menawarkan les privat renang bagi anak-anak atau orang dewasa yang membutuhkannya. Jadwal latihan untuk les privat ini adalah pada hari Senin sampi dengan Minggu pagi, mulai jam 07.00 - 10.00 dan sore hari dari jam 14.00 - 17.00.

Di pojok sebelah kiri ada bangunan semacam pendopo dan di sebelahnya lagi ada beberapa jenis permainan anak-anak. Ember tumpah yang secara berkala memuntahkan air ke kolam tampak berada di sebelah kiri atas. Namun saya tak melihat ember berfungsi saat itu, atau mungkin hanya dioperasikan pada akhir pekan atau hari libur ketika banyak pengunjung.

Di pinggir kolam sebelah sana tampak sebuah bangunan kecil menyerupai bangunan kelenteng Tao bercat merah karena adanya lambang Yin-Yang berukuran besar di bagian bawah. Satu lagi lambang Yin-Yang berukuran lebih kecil tampak berada di tengah jaring laba-laba Pat Kwa. Luncuran kecil ada di sebelah kanannya bangunan ibdah ini.


Gading Splash Water Kebumen

Alamat : Jl Raya Soka, No. 17, Pejagoan, Kebumen. Lokasi GPS : Google Maps, Waze. Harga tiket masuk : Rp. 9.000 usia 3 tahun ke atas Senin s/d Jumat. Parkir sepeda Rp. 500, sepeda motor Rp. 1000, mobil pribadi Rp, 1500, mobil umum Rp. 2000. Hotel di Kebumen, Tempat Wisata di Kebumen, Peta Wisata Kebumen.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 10, 2019.