Gunung, Jawa Tengah, Kebumen

Gunung Pranji Kebumen

Lokasi Gunung Pranji Kebumen berada di Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen. Untuk sampai di kaki bukit masih bisa menggunakan sepeda motor atau sepeda, dititipkan di rumah warga, dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit treking mendaki lereng gunung dengan kemiringan yang cukup tajam.

Ketinggian Gunung Pranji Kebumen adalah sekitar 500 mdpl, dan biasa menjadi tempat tujuan bagi pejalan yang ingin menikmati panorama matahari terbit dan matahari terbenam, serta panorama kota Kebumen pada malam hari. Dari atas Gunung Pranji bisa dilihat pemandangan lembah persawahan, serta panorama laut selatan.

Desa Pengaringan terletak di sebelah utara Kota Kebumen, berjarak sekitar 20 km dari pusat kota. Jika dilihat dari kejauhan, Gunung Pranji tampak seperti kepala menengadah dengan hidung dan mulut. Selain sebagai tempat untuk treking pegunungan, Gunung Pranji juga biasa dikunjungi anak-anak muda untuk berkemah.

Untuk menuju ke Gunung Pranji Kebumen, dari kota Kebumen menuju ke arah barat. Setelah melewati Jembatan Tembana, belok kanan masuk ke Jl. Raya Jemur, dan di pertigaan Desa Peniron belok ke kiri ke arah Desa Pengaringan.

Gunung Pranji Kebumen

Alamat : Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasi GPS : -7.5918135, 109.6317208, Waze. Rujukan : Hotel di Kebumen, Tempat Wisata di Kebumen, Peta Wisata Kebumen.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 04, 2018.