Jawa Tengah, Kebumen, Makam

Makam KRAA Poerbonegoro Kebumen

Makam KRAA Poerbonegoro Kebumen, Bupati Ambal I dan terakhir, berada di dalam sebuah bangunan cungkup berbentuk semacam pendopo di Desa Benerwetan, Kecamatan Ambal. Beliau adalah keturunan Kolopaking yang memerintah Kabupaten Ambal pada periode tahun 1830 - 1871, sebelum berdirinya Kabupaten Kebumen.

Nama muda KRAA Poerbonegoro adalah R.M. Semedi yang kemudian berganti menjadi R.M. Mangoenprawiro, dan gelar KRAA Poerbonegoro digunakan setelah diangkat menjadi Bupati Ambal. Sebelum memerintah Ambal, R.M Mangoenprawiro magang kepada Bupati Magelang, dan kemudian menjadi pembantu kolektur (hulpcollecteur, pengumpul pajak) di Muntilan.

Selanjutnya R.M. Mangoenprawiro diangkat menjadi collecteur di Kebumen, di bawah Bupati Kebumen RT Aroeng Binang I, kemudian menjadi wakil bupati di Ambal, dan akhirnya menjadi Bupati Ambal hingga wafat pada 7 Maret 1871. Pada Maret 1872, Kabupaten Ambal dihapus, dan empat soko guru pendoponya dipindah ke rumah kediaman Bupati Karanganyar.

Wilayah Kabupaten Ambal meliputi daerah Congot hingga sampai Karangbolong yang sering disebut sebagai urut sewu.

Makam KRAA Poerbonegoro Kebumen

Alamat : Desa Benerwetan, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Rujukan : Hotel di Kebumen, Tempat Wisata di Kebumen, Peta Wisata Kebumen.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 04, 2018.