Soto Sokaraja Pusat Kuliner Kebumen

Pejalan dari Banyumas atau penggemar kuliner Banyumas yang sedang berkunjung ke Kota Kebumen ternyata bisa menemukan Soto Sokaraja di Pusat Kuliner Kebumen. Lokasinya berada di dekat Alun-Alun Kota Kebumen di sisi sebelah kiri, jika datang dari arah alun-alun. Ada banyak pilihan masakan yang bisa di temui di sana.

Sama dengan samua warung di tempat itu, Soto Sokaraja Pusat Kuliner Kebumen merupakan warung sederhana yang didirikan dan dibongkar kapan saja bila dikehendaki. Hanya saja setiap warung tampaknya memiliki lokasi sendiri, sesuai kesepakatan atau ditentukan berdasar undian.

Warung Soto Sokaraja ini nampaknya menggunakan area halte yang berada di depan SMA Negeri I Kebumen, atau di seberang gedung DPRD Kebumen. Pemilik warung ini yang sekaligus melayani pengunjung adalah seorang perempuan ramah yang berusia sekitar 35-an tahun. Selain menu utama Soto Sokaraja, warung ini juga menjual ketela goreng.

soto sokaraja alun-alun kebumen
Penampakan rombong sederhana tempat menyiapkan makanan Soto "Asli" Sokaraja dengan tempat duduk beralas tikar di belakangnya. Di sampingnya ada warung kaki lima lagi yang menyediakan menu ikan bakar (nila, gurame, bawal, patin, kembung, udang, dan cumi). Di warung mana pun duduk, pengunjung bisa memesan makanan di warung sebelahnya.

Akan datang saatnya dimana rombong-rombong seperti ini akan digantikan dengan rombong yang bentuknya modern, rapih dan berselera. Generasi baru dengan selera mineal yang bakal membawa perubahan itu dan pelan namun pasti akan menjadi standar layanan dagangan makanan kaki lima.

soto sokaraja alun-alun kebumen
Begini penampakan semangkuk Soto "Asli" Sokaraja di Pusat Kuliner Kebumen, dengan campuran daging ayam dan daging sapi yang cukup banyak. Selain daun sledri ada juga kecambah atau toge meskipun tidak seberapa banyak. Bumbu kacang sudah ditambahkan ke dalam mangkuknya, lengkap dengan ketupat. Nasi dalam piring terpisah juga ada.

Berbeda dengan umumnya warung Soto Sokaraja lainnya, cabe di warung ini tidak diberi bumbu kacang. Polos, sama dengan cabe yang dipakai untuk makan bakso. Rasa khas Soto Sokaraja adalah pada bumbu kacangnya, juga pada toge yang biasanya banyak, sledri, dan bumbu lainnya. Ada pula yang menambahkan soun serta krupuk atau mireng kuning.

soto sokaraja alun-alun kebumen
Tempat duduk lesehan beralas tikar pandan warna-warni dengan meja pendek yang diberi tutup plastik bermotif poleng atau hitam putih. Meskipun sederhana namun berasa nyaman saja duduk lesehan di tempat ini. Apalagi sambil menunggu makanan siap, kami disajikan sepiring ketela goreng yang disediakan secara gratis karena bentuknya tak sempurna.

Sayang sekali warung ini belum menyediakan tempe mendoan maupun mireng, makanan peneman wajib bagi soto Sokaraja. Mireng adalah mie kuning yang dibentuk dalam bulatan dan lalu digoreng, menjadi santapan seperti krupuk. Di beberapa warung soto, potongan mireng kadang ditabur langsung di atas sotonya.

soto sokaraja alun-alun kebumen
Ketela goreng yang baru saja diangkat dari wajannya. Selain menjaga mutu jualan ketela gorengnya dengan hanya menjual yang bentuknya baik, si ibu bisa menyenangkan tamunya serta memberi kesempatan kepada tamu untuk mencicipi ketela gorengnya yang gurih.

Setelah makan sotonya saya bisa katakan bahwa rasanya dapat, artinya memang rasanya rasa Soto Sokaraja yang khas, dan cocok dengan selera saya. Keberadaan Soto Sokaraja di Kebumen adalah menjemput peluang yang memang ada, baik dari orang Purwokerto dan sekitarnya yang tinggal atau mampir di Kebumen, maupun dari orang Kebumen sendiri yang pernah berkunjung ke warung aslinya di Sokaraja.

Soto Sokaraja Pusat Kuliner Kebumen

Alamat : Pusat Kuliner Kebumen, Kebumen. Rujukan : Hotel di Kebumen, Tempat Wisata di Kebumen, Peta Wisata Kebumen.

Share ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Email, Subscribe. . Updated :

Versi Mobile | Kembali ke atas