Pantai Menganti Kebumen

October 05, 2019. Label:
Sejauh ini Pantai Menganti Kebumen adalah pantai paling mengesankan diantara pantai lain di Kebumen yang telah saya kunjungi. Selain pemandangan perahu nelayan yang berjajar rapi di pinggir pantai, jalan menuju Pantai Menganti juga sangat mengesankan. Berliku, dan sempit, namun dengan pemandangan menawan.

Jalan sempit berliku ini menjadi masalah pada musim libur, terutama lebaran dan akhir tahun, karena butuh berjam-jam untuk masuk dan keluar Pantai Menganti Kebumen. Tak sedikit tempat wisata lain mengalami nasib sama karena manajemen lalu lintas yang buruk. Beberapa ratus meter sebelum sampai ke Pantai Menganti Kebumen, di perbukitan tinggi dengan pemandangan luas ke arah laut bawah sana, kami meminggirkan kendaraan untuk sejenak menikmati panoramanya.

Terlihat dari jauh buih ombak Laut Selatan dan perahu-perahu meluncur keluar masuk Pantai Menganti dengan meninggalkan jejak air di belakangnya. Pantai Menganti Kebumen juga menjadi tempat yang baik untuk melihat panorama senja, jika saja beruntung langitnya bersahabat. Di ujung pantai ini terdapat tanjakan tajam ke atas yang menuju ke puncak bukit bernama Tanjung Karangbata dengan pemandangan menakjubkan. Di sana ada mercu suar, penginapan, serta gubug yang bisa disewa.

pantai menganti kebumen

Pemandangan pada bukit yang meliuk konturnya dan jalur jalan beraspal di atasnya yang sebentar lagi akan kami lalui, dengan latar belakang laut Pantai Menganti Kebumen berhias buih putihnya ketika gelombang laut menabrak pulau kecil dan karang pantai. Meskipun jaraknya cukup jauh, namun suasana pantai sudah bisa terasa.

Ketika musim penghujan telah tiba, lereng bukit yang terlihat kecoklatan itu pastinya akan berubah menjadi hamparan rumput dan tumbuhan hijau yang cantik. Lalu lalang kendaraan yang melintas terlihat jelas dari tempat ini. Lokasi dimana saya berdiri sangat cocok untuk dibuat area gardu pandang dengan restoran atau pun warung dan gazebo yang bisa dipakai untuk duduk-duduk sambil menikmati panorama Pantai Menganti dari ketinggian bukit.

Sempitnya jalan aspal, dan terbatasnya area parkir kendaraan roda dua maupun roda empat di Pantai Menganti Kebumen, membuat perlunya dibuat akses jalan masuk dan jalan keluar yang berbeda. Bisa pula membuat area parkir yang luas beberapa kilometer jaraknya sebelum pantai, dengan menyediakan angkutan umum murah ke dan dari pantai, dan mobil motor harus membayar sangat mahal jika tetap ingin masuk ke area pantai.

Tebing karst yang yang berada di ujung sisi Barat Pantai Menganti Kebumen bentuknya nyaris tegak lurus, dan karena cantiknya maka diberi nama Tebing Bidadari. Bentang perbukitan juga menambah kecantikan panorama pantai. Hanya saja saya tak bisa melihat kucuran air terjun di beberapa tempat yang hanya jatuh di saat musim penghujan.

pantai menganti kebumen

Daun nyiur, pantai yang berbatu, serta perahu nelayan yang melintas menuju ke tepian. Ini adalah bagian sebelah kiri dari Pantai Menganti Kebumen, sedangkan di sisi kanan berupa pantai berpasir putih. Di sana ada deretan perahu nelayan di Pantai Menganti Kebumen yang nyaris sama semua bentuk dan warnanya.

Hanya nama dan bendera yang berbeda, sisa jaman pileg dan pilpres yang mestinya sudah diganti merah putih. Ada pula bendera yang tak jelas, entah bendera tim sepak bola atau sepak lainnya. Ada yang bernama "Putera Penjaringan", ada pula "Baipass".

Pantai Menganti Kebumen disebut-sebut merupakan satu-satunya pantai berpasir putih di wilayah Kabupaten Kebumen, dan bahkan di seluruh wilayah Jawa Tengah. Konon pasir putih yang ada di pantai berasal dari pecahan karang yang termakan oleh ikan ketika sedang mencari makan diantara batu karang. Pecahan karang itu kemudian dibuang oleh ikan dan menumpuk di tepian pantai.

Jika telah lelah berjalan menapaki pasir putih di tepian Pantai Menganti Kebumen, atau hanya ingin duduk-duduk menikmati pemandangan debur laut sambil menikmati minuman dan jajanan Kebumen, maka tersedia cukup banyak warung bersih yang berada persis di pinggiran pantai. Warung-warung ini terbuat dari kayu dan bertingkat ke bawah.

Seorang pemuda tampak tengah berjalan menuju bibir pantai dimana terdapat ban-ban bekas yang dijejer rapat berisi pasir putih sebagai pemberat agar tak terbawa gelombang air laut. Mungkin ban-ban itu diletakkan di sana sebagai pencegah agar pantai pasir putih tak tergerus ke laut.

Perahu nelayan yang cukup banyak tampak bergerombol tidak jauh dari tepian. Ada yang datang dan ada pula yang pergi. Semuanya merupakan perahu bermotor dan berukuran kecil, keduanya menyesuikan dengan kondisi arus air laut serta banyaknya karang yang lokasinya tak jauh dari tepian pantai, sehingga perahu berukuran yang lebih besar bisa terancam kandas ketika mendekati bibir pantai.

Warung tempat saya nongkrong bernama Warung Barokah, yang saat malam tiba biasa digunakan oleh pejalan untuk menginap. Pemiliknya yang berwarna Warti, berusia sekitar akhir tigapuluhan, tidak menarik bayaran. Ia hanya berharap yang menginap makan minum di warungnya. Warti memberikan nomor hp-nya ke saya jika ada yang ingin pesan tempat.

Tampaknya warung milik Warti di tepi Pantai Menganti Kebumen ini banyak peminatnya, sehingga harus pesan. Kalau dibuat gelaran tikar, di lantai bawah bisa muat 20 orang, dan di lantai atas 20 orang lagi. Hanya saja pejalan baiknya membawa kantung tidur atau selimut untuk pelindung dari angin laut semalaman yang bisa membuat kepala pening.

Pantai Menganti Kebumen

Alamat : Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasi GPS : Google Maps, Waze.

Galeri Foto Pantai Menganti Kebumen

Seorang pemuda tampak tengah berjalan menuju bibir pantai dimana terdapat ban-ban bekas yang dijejer rapat berisi pasir putih sebagai pemberat agar tak terbawa gelombang air laut. Mungkin ban-ban itu diletakkan di sana sebagai pencegah agar pantai pasir putih tak tergerus ke laut.

pantai menganti kebumen

Perahu nelayan yang cukup banyak tampak bergerombol tidak jauh dari tepian. Ada yang datang dan ada pula yang pergi. Semuanya merupakan perahu bermotor dan berukuran kecil, keduanya menyesuikan dengan kondisi arus air laut serta banyaknya karang yang lokasinya tak jauh dari tepian pantai, sehingga perahu berukuran yang lebih besar bisa terancam kandas jika mendekati bibir pantai.

pantai menganti kebumen

Di sebelah kanan tampak perahu cadik tengah meluncur cepat menuju ke Pantai Menganti meninggalkan jejak buih air di belakangnya. Di sebelah kiri adalah sebuah pulau kecil yang terletak agak jauh di sisi kiri Pantai Menganti, yang lebih elok jika dilihat dari Tanjung Karangbata. Adanya pulau itu, dan sejumlah pulau kecil lainnya, membuat pemandangan laut menjadi sama sekali tidak membosankan.

pantai menganti kebumen

Anak yang sebelumnya melewati gubug di depan saya itu sudah sampai di bukit sebelah kiri, menyaksikan layang-layang temannya yang baru saja naik sudah diserang oleh layang-layang lain yang benangnya terlihat memanjang dari arah sebelah kiri. Jika putus, layang-layang itu akan terbang jauh dan mungkin akan sampai ke laut. Ini potensi lain yang bisa dikembangkan masyarakat wisata Kebumen di tempat ini. Karena lokasi dan posisinya yang sangat ideal untul lombang layang-layang tingkat provinsi atau bahkan nasional.

pantai menganti kebumen

Sebuah kapal nelayan melintas membelah permukaan air laut, yang saya ambil fotonya saat sudah berada di sekitar Pantai Mengant. Berlayar di laut membutuhkan keberanian lebih dibanding mengendarai kendaraan di jalanan aspal, meski sama-sama bisa berujung maut jika sial, hanya caranya saja yang berbeda.

pantai menganti kebumen

Kapal pertama belum lagi hilang dari pemandangan, namun sudah muncul dua kapal yang lainnya meluncur di laut yang airnya bergemerlap terkena cahaya matahari. Mungkin kapal-kapal nelayan itu akan berlabuh di Pantai Pasir dan menjual hasil tangkapannya di TPI Pasir, walaupun di Pantai Menganti juga ada TPI Karangduwur.

pantai menganti kebumen

Sebuah perahu motor melaju dengan cepat dengan moncong perahu terangkat. Buih air disamping muncul karena sapuan cadik yang biasa dipasang untuk penstabil kapal saat perahu membelah permukaan air. Saya tak faham dengan bendera yang dipasang di perahu ini. Bukan bendera partai, bukan pula merah putih.

pantai menganti kebumen

Tebing karst yang yang berada di sisi Barat Pantan Menganti yang nyaris tegak lurus, dan mungkin karena cantiknya maka diberi nama Tebing Bidadari. Perhatikan di sebelah kanan ada undakan dengan kemiringan tajam. Tak jelas mengarah kemana undakan yang kelihatannya sangat eksotis untuk ditapaki itu.

pantai menganti kebumen

Pemandangan di ujung sebelah kiri Pantai Menganti, dari lantai bawah Warung Barokah yang tak berpasir, hanya ada batuan dan kerikil. Namun beberapa batuan putih di sekitar tempat ini memiliki tekstur yang menarik. Sepertinya ini adalah pemandangan saat air laut tengah surut.

pantai menganti kebumen

Air laut yang pecah menjadi butiran-butiran mutiara putih memantulkan cahaya matahari sore yang jatuh di Pantai Menganti. Gelombang air laut yang galak dengan debur ombak keras menghantam karang memang hanya enak untuk dilihat. Namun kabarnya gelombang air laut di Pantai Menganti juga disukai oleh para peselancar.

pantai menganti kebumen

Suasana warung dan menu makan minum yang disediakan oleh Warung Barokah. Ada bakso, mie ayam, soto ayam, mendoan, sampai pop mie. Berbagai minuman dingin dan panas juga tersedia di sana. Harganya relatif murah. Nomor hp Warti juga terpampang pada poster, yang bisa dihubungi oleh pejalan yang ingin menginap gratis di sana.

pantai menganti kebumen

Suasana Warung Barokah di lantai bawah dengan bangku-bangku meja dan tempat duduk lesehan. Bagi anak muda yang biasa tidur di alam, tempat seperti ini sudah cukup mewah dan nyaman karena terlindung dari hujan, dan krei di sebelah kanan bisa diturunkan untuk mengurangi terpaan angin dan tempias jika hujan turun. Begitupun, ada baiknya membawa kantung tidur.

pantai menganti kebumen

Sejumlah perahu nelayan tampak tengah melaju mendekati Pantai Menganti dengan ombak yang relatif tidak terlalu tinggi. Di sekitar Warung Barokah, tepian pantainya memang sudah tak berpasir putih lagi, mungkin telah lama tergerus, menyisakan batu-batu yang akan merepotkan bila orang berjalan di atasnya.

pantai menganti kebumen

Jika telah lelah berjalan menapaki pasir putih di tepian Pantai Menganti, atau hanya ingin duduk-duduk menikmati pemandangan debur laut sambil menikmati minuman dan jajanan Kebumen, maka tersedia cukup banyak warung bersih yang berada persis di pinggiran pantai. Warung-warung ini terbuat dari kayu dan bertingkat ke bawah.

pantai menganti kebumen

Perahu-perahu nelayan yang nyaris semuanya berwarna dan berukuran sama dengan bermacam bendera yang tak semuanya saya fahami artinya. Bulatan ban-ban bekas berisi pasir putih nampak di bagian depan untuk mencehgah abrasi, sedangka yang di ujung sana sepertinya masih aman, sehingga tidak perlu dipasangi bab. Dua perahu tampak baru saja mendarat di ujung sana.

pantai menganti kebumen

Area perbukitan itu telah digunduli dan dibuat bertrap-trap, entah mau ditanami dengan apa. Mudah-mudah sejenis tumbuhan yang bisa membantu mencegah longsor, dan meningkatkan serapan air saat musim hujan tiba.

pantai menganti kebumen

Seorang boca berjalan mendekati gubuh sederhana yang atapnya diberi batu agar tidak terbang ditiup angin perbukitan. Ia sedang memperhatikan seseorang yang terlihat hanya sebagai sebuah titik besar berwarna orange di lereng bukit. Sementara Pantai Menganti tampak di kejauhan di balik bukit sana.

pantai menganti kebumen

Sebuah perahu tampak meluncur cepat mendekati tepian Pantai Menganti, terlihat dari buih air yang menguntit di belakangnya. Agak jauh di sebelah kiri ada lagi perahu yang juga sedang meluncur menuju ke arah pantai. Sementara di bagian kanan bawah foto tampak seorang pengendara sepeda motor tengah menanjaki lintasan sempit meninggalkan area Pantai Menganti.

pantai menganti kebumen

Dua buah perahu bermotor itu tampak seperti sedang berkejaran menuju ke Pantai Menganti membawa buih putih di sekeliling dan belakangnya. Balap perahu motor akan menjadi tontonan yang mengasyikkan jika diselenggarakan sebulan sekali di pantai ini.

pantai menganti kebumen

Perahu yang di belakang itu tampak seperti perahu nelayan dengan cadik di sisi kiri dan kanannya sebagai penyeimbang agar tak mudah terguling oleh terpaan gelombang air laut. DI belakangnya terlihat samar keputihan buih air yang ditinggalkannya.

pantai menganti kebumen

Sepeda motor kecil itu tampak seperti agak kerepotan membawa dua penumpangnya menanjak jalanan sempit satu-satunya untuk menuju dan meninggalkan Pantai Menganti. Jalur ini yang harus diperlebar dan dibuat masing-masing satu arah pulang pergi, atau lintasan pergi menggunakan jalur lain yang memutari bukit.

pantai menganti kebumen

Tiga buah perahu meluncur di atas permukaan air yang bekeredep oleh pantulan sinar matahari yang mulai bergeser rendah ke arah cakrawala di belahan bumi bagian barat. Perahu-perahu kecil itu kebanyakan diawaki oleh satu atau paling banyak dua orang nelayan.

pantai menganti kebumen

Lebih banyak lagi perahu nelayan yang meluncur ke arah TPI Pasir yang lokasinya tak begitu jauh dari Pantai Menganti. Pergi dan pulang secara berkelompok memberi rasa aman kepada keluarga yang ditinggalkan oleh sebab merka bisa saling membantu, baik dalam menangkap ikan, maupun jika salah satu dari mereka mengalami suatu musibah atau masalah, mesin motor mati misalnya.

pantai menganti kebumen

Sebuah huma di atas bukit menjadi pemandangan yang menarik perhatian saya. Garis-garis memanjang pada bukit di sebelah kanan jelas merupakan hasil kerja tangan manusia yang menggunakan gubug itu sebagai tempat istirahat. Posisinya yang berada di puncak akan membuat orang berpikir untuk berada di sana jika ada hujan disertai dengan sambaran petir.

pantai menganti kebumen

Memandangi perahu nelayan yang lewat memang merupakan salah satu hiburan gratis yang bisa dinikmati pengunjung tak habis-habisnya. Jika ada lomba perahu, akan lebih seru jika setiap perahu memiliki warna atau bendera yang jelas berbeda, sehingga jika terjadi saling salip maka akan sangat menarik.

pantai menganti kebumen

Sebuah perahu yang diawaki oleh dua orang nelayan tampak melintas diantara keredep cahaya hasil pantulan sinar matahari. Bendera di perahu itu mestinya adalah tanda dari pemiliknya atau tanda perkumpulan sebuah koperasi nelayan, mungkin juga sekaligus sebagai bukti hak untuk bisa merapat ke pantai.

pantai menganti kebumen

Perahu lainnya meluncur pada arah sebaliknya, dengan seorang pria tampak berdiri sambil memegang tuas gas dan penentu arah perahu, sedangkan yang satunya lagi memegang struktur kayu yang entah berfungsi sebagai apa. Di bagian depan perahu terlihat ada beberapa bendera lagi, entah untuk apa.

pantai menganti kebumen

Sebongkah batu yang teronggok di tepian Pantai Menganti sempat menarik perhatian karena ada lubang-lubang pada permukaannya yang entah hasil kerja manusia atau bukan. Namun lubang yang berwarna kelabu itu seperti terbuat dari lelehan semen.

pantai menganti kebumen

Bangku dan meja sederhana di Warung Barokah milik Warti yang jika ditumpuk dipojok maka lantainya bisa menjadi tempat tidur cukup nyaman bagi anak-anak muda yang ingin menghabiskan malam di tepian Pantai Menganti.

pantai menganti kebumen

Seorang anak muda tampak tengah berjalan dengan hati-hati di atas bebatuan di sekitar Warung Barokah, sementara seorang lagi tengah mengangkat celana bagian bawahnya agar tak terkena air laut saat kakinya masuk ke dalam air. Berpasir putih atau berbatu ada semua di Pantai Menganti.

pantai menganti kebumen

Gugusan pulang karang kecil menjadi salah satu ciri dari bagian Pantai Menganti yang ada di ujung kiri di arah yang dekat dengan Tanjung Karangbata, membuat perahu harus berhati-hati ketika berada di sekitar area ini, sampai dibuat sebuah mercu suar di atas perbukitannya.

pantai menganti kebumen

Posisi deretan perahu ini bisa menjadi indikasi ketinggian air laut ketika pasang, yang setidaknya akan mencapai ujung bawah deretan perahu yang terlihat elok dan menjadi salah satu pemandangan menarik di Pantai Menganti.

pantai menganti kebumen

Dua perahu nelayan tampak teronggok di ujung sebelah kiri area Pantai Menganti. Motor-motor penggerak selalu diangkat dari perahu oleh pemilik atau nelayan yang menyewanya baik untuk alasan keamanan maupun untuk pemeliharaan agar lebih awet.

pantai menganti kebumen

Info Kebumen

Hotel di Kebumen, Tempat Wisata di Kebumen, Peta Wisata Kebumen.

: Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Follow aroengbinang ! Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.