Foto Pantai Menganti 1

Seorang pemuda tampak tengah berjalan menuju bibir pantai dimana terdapat ban-ban bekas yang dijejer rapat berisi pasir putih sebagai pemberat agar tak terbawa gelombang air laut. Mungkin ban-ban itu diletakkan di sana sebagai pencegah agar pantai pasir putih tak tergerus ke laut.

pantai menganti kebumen

Perahu nelayan yang cukup banyak tampak bergerombol tidak jauh dari tepian. Ada yang datang dan ada pula yang pergi. Semuanya merupakan perahu bermotor dan berukuran kecil, keduanya menyesuikan dengan kondisi arus air laut serta banyaknya karang yang lokasinya tak jauh dari tepian pantai, sehingga perahu berukuran yang lebih besar bisa terancam kandas jika mendekati bibir pantai.

pantai menganti kebumen

Di sebelah kanan tampak perahu cadik tengah meluncur cepat menuju ke Pantai Menganti meninggalkan jejak buih air di belakangnya. Di sebelah kiri adalah sebuah pulau kecil yang terletak agak jauh di sisi kiri Pantai Menganti, yang lebih elok jika dilihat dari Tanjung Karangbata. Adanya pulau itu, dan sejumlah pulau kecil lainnya, membuat pemandangan laut menjadi sama sekali tidak membosankan.

pantai menganti kebumen

Anak yang sebelumnya melewati gubug di depan saya itu sudah sampai di bukit sebelah kiri, menyaksikan layang-layang temannya yang baru saja naik sudah diserang oleh layang-layang lain yang benangnya terlihat memanjang dari arah sebelah kiri. Jika putus, layang-layang itu akan terbang jauh dan mungkin akan sampai ke laut. Ini potensi lain yang bisa dikembangkan masyarakat wisata Kebumen di tempat ini. Karena lokasi dan posisinya yang sangat ideal untul lombang layang-layang tingkat provinsi atau bahkan nasional.

pantai menganti kebumen

Sebuah kapal nelayan melintas membelah permukaan air laut, yang saya ambil fotonya saat sudah berada di sekitar Pantai Mengant. Berlayar di laut membutuhkan keberanian lebih dibanding mengendarai kendaraan di jalanan aspal, meski sama-sama bisa berujung maut jika sial, hanya caranya saja yang berbeda.

pantai menganti kebumen

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.