4 Tempat Wisata di Jakarta Utara Yang Menarik

Catatan lengkap Tempat Wisata di Jakarta Utara, dan sebuah Peta Wisata Jakarta dengan penanda oleh The Aroengbinang Project, berisi lokasi tempat wisata, tempat menarik, obyek wisata, dan tempat lainnya di Jakarta.

Lihat juga Tempat Wisata di Jakarta untuk melihat tempat menarik lainnya di Jakarta, serta Hotel di Jakarta Utara jika berencana hendak menginap.

Jakarta Utara memiliki wilayah pantai yang telah dikembangkan dengan sangat baik, dan sejak lama telah menjadi tujuan wisata utama bukan saja untuk penduduk Jakarta, namun juga para pelancong dari seluruh Indonesia, yaitu kawasan Ancol.

tempat wisata di jakarta utara
Dunia Fantasi
, Tempat wisata di Jakarta Utara berupa taman tematik pertama dan terbesar di Indonesia, terbagi dalam 8 kawasan, berada di daerah Ancol. Ada Kawasan Jakarta dengan Turangga-rangga dan Panggung Marunda, di Kawasan Asia, Kawasan Hikayat, Kawasan Eropa, Kawasan Indonesia, Kawasan Amerika, Kawasan Kalila, serta Kawasan Yunani.

Maskot Dufan adalah Bekantan, seekor binatang langka yang hidup di hutan Kalimantan, menggambarkan sifat yang baik, pintar bergaul, ramah, bersahabat, selalu gembira, lincah dan senang bergaya.

tempat wisata di jakarta utara
Pelabuhan Sunda Kelapa
, Tempat wisata di Jakarta di mana anda bisa menemukan kapal-kapal tradisional Bugis Makassar berukuran besar, yang dikenal luas sebagai pinisi.

Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta telah merupakan pelabuhan yang sangat sibuk sejak abad ke-12 semasa masih merupakan bagian dari Kerajaan Sunda Pajajaran. Lokasinya yang sangat strategis di wilayah barat Jawa membuatnya menjadi rebutan

RTH Kalijodo, Tempat Wisata di Jakarta Utara yang dibangun di bekas kawasan lokalisasi Kalijodo oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama. Di sana ada area skate park yang keren dengan standard internasional, dan arena bermain sepeda BMX. Tua muda, kaya miskin, bisa bermain sepeda butut atau baru di lintasan melingkar itu secara gratis.

Lebih ke utara ada area yang baru dibuka dimana ditempatkan sejumlah permainan anak seperti komidi putar mini, kereta mini, kincir mini, dan sejumlah permainan mini lainnya. Di sekitar area itu bisa ditemui mobil-mobilan genjot, dan di area parkir ada andong yang bisa disewa untuk berkeliling.

Rumah Si Pitung, Tempat Wisata di Jakarta Utara yang berada di Jl. Kampung Marunda Pulo, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, berupa rumah panggung model Bugis yang dikatikan dengan nama besar Si Pitung.

Si Pitung telah sangat meresahkan penguasa kolonial di Batavia, sehingga Snouck Hurgronje yang menjadi penasehat pemerintah Hindia Belanda urusan Bumiputera mengecam keras Kepala Polisi Batavia

Tempat Wisata di Jakarta Utara Lainnya

Ereveld Ancol, Kompleks kubur orang Belanda dan orang pribumi korban Perang Dunia II yang tertata sangat rapi di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Atlantis Water Adventure, Delapan Taman Air dan berbagai kolam rekreasi keluarga di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara

Gelanggang Samudra » Tempat wisata di Jakarta yang ada di Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, menampilkan atraksi aneka satwa, lumba-lumba, paus putih, dan singa laut.

Kelenteng Bahtera Bhakti, Kelenteng tua, dulu disebut sebagai Da Bo Gong, di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Gereja Tugu, Di Kampung Tugu, Jakarta Utara, salah satu gereja tertua di Indonesia, dibangun akhir abad ke-17.

Marina Ancol » Kompleks Taman Impian Jaya Ancol, yang merupakan dermaga kapal pesiar pertama dan marina terlengkap di Indonesia, juga sebagai pusat dermaga ke Kepulauan Seribu.

Masjid Al Alam Cilincing, Dibangun atas prakarsa Fatahillah, berada di Cilincing, Jakarta Utara.

Masjid Kampung Bandan
Kampung Bandan, Jakarta Utara, didirikan abad-19 oleh Sayid Abdul Rachman bin Alwi al-Syatiri.

Masjid Al Alam Marunda »
Semula bernama Masjid Aulia Marunda, salah satu masjid tertua Jakarta, di kawasan Marunda, Jakarta Utara

Masjid Luar Batang
Jl. Luar Batang, Jakarta Utara, didirikan abad-18 oleh Habib Husein bin Abu Bakar bin Abdillah Al-‘Aydrus.

Menara Syahbandar
Wisata Jakarta berupa menara tua peninggalan kolonial Belanda yang dibangun pada 1839 menempati bekas Bastion (kubu) Culemborg

Museum Bahari
Menyimpan koleksi berbagai benda laut dan kemaritiman, letaknya di Jl. Pasar Ikan No.1, beberapa puluh langkah sebelum TPI Pasar Ikan.

Pantai Carnaval »
Kompleks Taman Impian Jaya Ancol, yang sering digunakan untuk Festival Layang-layang, Ice World, konser musik, dan acara tutup tahun.

Pantai Marunda
Pantai sederhana di wilayah Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, letaknya sangat dekat dengan Cagar Budaya Masjid Al-Alam Marunda.

Pasar Seni
Kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, pusat penjualan dan pembuatan barang seni dan kerajinan, dan ada pula ruang terbuka yang biasa untuk pentas seni.

Sea World Ancol »
Kompleks Taman Impian Jaya Ancol, dengan ribuan satwa laut Indonesia di Akuarium utama, koleksi satwa air tawar dari seluruh dunia, lorong bawah air, dll.

Stasiun Tanjung Priok
Berupa bangunan cagar budaya warisan kolonial bergaya Art deco yang lokasinya di depan Stasiun Bus Tanjung Priok, dekat Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Taman Impian Jaya Ancol »
Objek wisata Jakarta Utara yang sangat lengkap, dibuka sejak 1966 dengan banyak ragam taman tematik yang digemari anak-anak hingga orang tua.

Taman Suaka Margasatwa Muara Angke »
Ditetapkan sebagai cagar alam oleh pemerintah Hindia Belanda pada 17 Juni 1939 dengan luas awal 15,04 ha, lalu diperluas pada tahun 1960-an menjadi 1.344,62 ha.

Taman Waduk Pluit »
Taman kota yang dibuat seiring dengan normalisasi Waduk Pluit yang dilakukan sejak jaman Gubernur DKI Joko Widodo, yan kini dilengkapi dengan sejumlah alat olahraga.

Waterbom Jakarta
Jl. Pantai Indah Barat No. 1, yang disebut sebagai satu-satunya butik waterboom di Jakarta.