Ancol, Dufan, Jakarta, Jakarta Utara

Wahana Galactica Dufan

Beberapa waktu lalu kami sempat menjajal Wahana Galactica Dufan Ancol, setelah bersabar mengantri agar bisa masuk ke dalam gedung permainan semacam perang bintang ini. Bisa dibilang bahwa Galactica adalah salah satu wahana terfavorit di Dunia Fantasi yang berada di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Nama Galactica mengingatkan pada serial TV dengan tema futuristik Battlestar Galactica yang episode pertamanya disiarkan stasiun ABC di AS pada September 1978. Film serial TV yang lebih populer di Indonesia adalah Star Trek, dengan pesawat USS Enterprise yang dikapteni James T. Kirk (William Shatner), dan commander Spock (Leonard Nimoy) dari planet Vulcan dengan telinga uniknya.

Berbeda dengan Wahana Ice Age Dufan dimana pengunjung duduk di atas semacam perahu yang berjalan di atas rel di sepanjang lorong sungai, maka di Wahana Galactica Dufan Ancol ini sama sekali tidak ada aliran air pada lorong lintasannya. Ini tentu disesuikan dengan tema cerita yang merupakan permainan luar angkasa.

Di bagian depan ada tengara nama Wahana Galactica Dufan yang mengambil episode “A Battle for Mars”, pertempuran luar angkasa melawan para Alien untuk memperebutkan kekuasaan atas Planet Mars. Di sebelahnya berdiri tegak patung sesosok manusia berukuran tinggi besar, boleh jadi Alien, yang menggunakan kelengkapan pakaian ala serdadu luar angkasa.

Planet Mars

Diantara semua planet yang beredar di dalam tata surya kita, Planet Mars merupakan satu-satunya planet yang masih mungkin untuk dihuni oleh bangsa manusia (dan mungkin pula bangsa Alien), meskipun kemungkinan dihuninya saat ini relatif masih kecil oleh sebab kondisi alam dan karakterisik tanahnya yang tidak seramah di Bumi.

Begitu pun, dengan intervensi dan modifikasi teknologi maju, Mars tetap merupakan planet yang sangat menjanjikan sebagai pilihan untuk dihuni manusia, terutama ketika daya dukung Bumi sudah semakin melemah dengan pertumbuhan jumlah penduduk, rusaknya lingkungan, dan habisnya sumber daya alam yang tak terbarukan. Karenanya perang memperebutkan Mars, seperti yang disimulasikan di Galactica Dufan Ancol ini, sangat mungkin terjadi di masa depan.

PT Pembangunan Jaya Ancol meluncurkan untuk pertama kali wahana Galactica Dufan ini bersama tiga wahana lainnya pada tanggal 20 Desember 2017, sekaligus untuk menghadirkan suasana baru dalam menyambut datangnya libur Natal dan Tahun Baru. Ketiga wahana lainnya adalah Dream Playground, Time Adventure dan Colour of Kingdom.

Kapasitas Wahana

Setiap wahana Galactica bisa menampung 6 orang pengunjung, dengan jumlah keseluruhan wahana ada 16 buah, jika seluruhnya beroperasi, dengan panjang trek sekitar 225 meter. Di sepanjang trek, masing-masing wahana bergerak secara sangat dinamis, dengan berputar dan berbelok treknya, dan dalam cahaya lorong yang remang dengan lampu warna-warni maka sangat sulit untuk mendapatkan foto yang tidak goyang.

Ada antrian lagi di dermaga wahana luar angkasa Galactica Dufan Ancol. Antrian itu tinggal tersisa beberapa orang setelah sebagian besar orang naik ke wahana yang datang dari lorong di ujung sana melewati rel di sisi sebelah kanan foto.

Sebelumnya, setelah lolos dari antrian luar ruang dan masuk ke dalam gedung, di sebuah ruangan yang ada di bagian paling depan gedung pengunjung duduk dan menonton cerita tentang Alien selama beberapa menit, sebagai pengantar sebelum menaiki Wahana Galactica. Selesai menonton barulah pengunjung berjalan menuju ke "dermaga luar angkasa" itu.

Lorong Menarik

Jarak antara ruangan bagian depan ke area tempat naik wahana itu sebenarnya lumayan jauh, dan ada pemandangan yang cukup menarik di sepanjang lorongnya. Hanya saja lantaran sudah lama mengantri di luar, setiap orang seperti berlomba untuk lebih dulu sampai ke dermaga dan dengan demikian melewatkan kesempatan untuk berfoto di dalam lorong.

Saya sempat mengambil sejumlah foto ketika berada dalam lorong wahana Galactica Dufan Ancol Jakarta Utara yang diambil saat kapsul yang kami tumpangi bergerak maju sambil berputar 360 derajat. Gerakan kapsul yang bukan sekali dua terjadi selama dalam perjalanan menaikinya. Di ruangan dengan cahaya berlumens rendah, dan duduk di dalam wahana yang bergerak, mendapatkan foto tanpa bergoyang lumayan susah.

Mantide

Ada banyak instalasi mahluk Alien (Mantide) yang kami lihat setelah naik ke dalam wahana Galactica Dufan dengan tempat duduk melingkar tanpa penutup. Masing-masing orang dipersenjatai dengan sebuah pistol laser untuk beradu kecepatan dan ketepatan dalam menembak sasaran dengan setting futuristik Mars di tahun 2020.

Meskipun ketika pertama kali menaiki wahana sudah ada suara yang memberi penjelasan mengenai bagaimana cara permainannya, namun tetap saja ada kebingungan ketika tangan sudah memegang pistol laser untuk memilih sasaran mana yang hendak ditembak, dan mana yang bukan. Tak jelas pula dimana melihat naiknya skor ketika berhasil menembak sasaran yang ditetapkan.

Mestinya ketika kita menembak dengan tepat akan keluar skor dan skor tertinggi yang akan terlihat. Nah dimana melihat skor inilah yang awalnya bingung, meskipun belakangan bisa melihatnya. Ada skor tertinggi sepanjang masa yang akan tetap bertengger di papan skor sampai ada pengunjung yang bisa mengalahkannya dengan membuat rekor skor baru yang lebih tinggi.

Sebagaimana ketika memainkan sebuah game yang tak cukup hanya sekali main untuk bisa menguasai teknik bermain dan membuat rekor baru, Wahana Galactica Dufan Ancol ini memang tak cukup hanya naik sekali untuk mahir memakai pistol laser untuk menembak sasaran.

galactica dufan ancol galactica dufan ancol galactica dufan ancol galactica dufan ancol galactica dufan ancol galactica dufan ancol galactica dufan ancol galactica dufan ancol galactica dufan ancol galactica dufan ancol galactica dufan ancol galactica dufan ancol galactica dufan ancol galactica dufan ancol

Jika memiliki kartu pas tahunan maka tak ada masalah untuk sering ke tempat ini. Kalau senang dengan kisah bertema luar angkasa, cobalah baca novel serial Red Rising karya Pierce Brown, yang salah satunya juga bertemakan pertempuran dahsyat di Planet Mars.

Alamat Wahana Galactica Dufan Ancol ada di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Telp. 021 - 64710000, 021 - 6403249/50 ext. 421/422. Lokasi GPS : -6.1240387, 106.8332607, Waze. Jam buka : Senin s/d Jumat 10.00 - 18.00, Sabtu, Minggu, Libur: 10.00 - 20.00. Harga tiket masuk : Rp200.000, dan Rp295.000 untuk akhir pekan. Annual Pass Rp600.000, cek promo sebelum beli tiket. Hotel di Jakarta Utara, Hotel Melati di Jakarta Utara, Nomor Telepon Penting, Peta Wisata Jakarta, Peta Wisata Jakarta Utara, Rute dan Jadwal Lengkap KRL Commuter Line Jabodetabek, Rute Lengkap TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Utara, Trayek Bus Damri Bandara Soekarno - Hatta



Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! November 29, 2020.