Ancol, Gondola, Jakarta, Jakarta Utara

Gondola Ancol

Suatu pagi yang cerah ceria, saya ditelpon Ibu Bos untuk menemani beliau menghadiri meeting di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Impian saya hari itu untuk duduk-duduk manis manja di kantor sirna sudah, dengan terpaksa saya rela "diculik" bermacet ria ke arah sana. Rupanya, durasi meeting yang katanya penting itu lebih singkat dibandingkan waktu tempuh untuk mencapai destinasinya. Nasib pekerja di Ibukota.

Akhirnya, diiming-imingi dengan traktiran makan siang, saya menemani Ibu Bos jalan-jalan di kawasan Ancol. Lagi-lagi saya pasrah saja. Sungguh kalau saya tahu bahwa hari itu saya harus jalan di atas pasir, bukan sepatu heels yang saya kenakan dari rumah. Tapi yasudahlah. Setelah main-main di pantai sedikit, Ibu Bos punya ide untuk naik Gondola Ancol. Pikirku, oh, gondola macam di Venice kah. Ada juga ya ternyata.

Gondola (sky lift) ancol punya 3 stasiun: Stasiun A di Pantai Festival, Stasiun B di dekat Hotel Putri Duyung, dan Stasiun C dekat Atlantis Water Adventure. Tiket masuknya Rp. 30.000 weekdays dan Rp. 40.000 saat weekend. Saya naik dari Stasiun C. Tips lagi buat anda yang ingin naik gondola (atau ke kawasan Taman Impian Jaya Ancol secara umum), jangan pakai high heels.

Kami berputar-putar cukup lama karena ternyata doi lupa jalan ke Gondola itu kemana. Anehnya mobil kami dibawa semakin jauh dari badan air. Lah ini gondola nya dimana sih. Eh ternyata, saudara-saudara, maksudnya itu Gondola Lift alias kereta gantung.

Ngomong kek dari tadi, aku mah tadi liat. Akhirnya tibalah kami di tempat tujuan. Pas banget saat matahari di atas kepala. Sungguh tangga menuju ke tempat naik Gondola sangat panjang. Karena saat itu weekdays dan terik, wahana ini sepi. Saya pikir ya memang orang kurang kerjaan macam saya dan Ibu Bos ini yang rela mangkir dari kantor dan panas-panasan di Ancol untuk naik wahana ini.

Gondola Ancol menghubungkan tempat wisata satu dengan tempat lainnya di dalam kawasan Ancol, membentang sepanjang sekitar 2,4 km dari Pantai Festival hingga area parkir AWA. Gondola ini seluruhnya ada 37 unit berkapasitas enam orang per gondola. Ketinggiannya mencapai 21 meter di atas permukaan laut, dan perjalanannya memakan waktu sekitar 20 menit.

Tapi, wahana ini tidak mengecewakan. Walaupun hanya berfasilitas AC (Angin Cepoi-Cepoi), kereta yang kami naiki sangat nyaman. Masih bagus juga, nampaknya perawatannya baik. Kami dapat menikmati pemandangan sepanjang kawasan Ancol. Sementara ibu bos sibuk foto-foto, saya juga tidak mau ketinggalan. Lumayan pikirku, buat bahan Instagram.

Oh iya, kita hanya bisa naik dari Stasiun A dan C. Stasiun B itu hanya numpang lewat saja. Terdapat dekor bertema perang bintang di stasiun B. Remang-remang cihuy gitu lah. Saya terutama sangat menikmati pemandangan sepanjang pesisir pantai.

Sisi satunya lagi pemandangannya adalah wahana Dufan, tidak instagrammable tapi cukup menghibur melihat pengunjung lain teriak-teriak di atas wahana roller coaster.

Tak terasa kami kembali lagi ke stasiun C dan harus turun. Untungnya janji Ibu Bos untuk traktir dipenuhi oleh beliau. Kebetulan ada restoran AW tepat di bawah Stasiun C. Sayangnya, penderitaan petualangan saya hari itu belum berakhir.

gondola ancol jakarta gondola ancol jakarta gondola ancol jakarta gondola ancol jakarta gondola ancol jakarta gondola ancol jakarta

Hampir saya lolos keluar dari area Ancol ketika tiba-tiba Ibu Bos membelokkan mobil ke Ancol City Bay Mall. Ngapain? Another story for another day, lah ya.

Alamat Gondola Ancol Jakarta b Taman Impian Jaya Ancol berada di Jl. Lodan Timur, No. 7, Ancol Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara. Telepon: 021-6453456. Lokasi GPS : -6.1254924, 106.8411613, Waze. Jam buka : 10.00–18.00. Harga tiket masuk: Rp 30.000. Akhir pekan dan hari libur Rp 40.000. Nomor Telepon Penting, Hotel di Jakarta Utara, Hotel Melati di Jakarta Utara, Peta Wisata Jakarta Utara, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Utara.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Januari 06, 2021.