Bandung, Jawa Barat, Tempat Wisata

50+ Tempat Wisata di Bandung

Panduan Tempat Wisata di Bandung, serta sebuah Peta Wisata Bandung berisikan lokasi obyek wisata dan tempat menarik lainnya di Bandung yang layak Anda kunjungi.

Bandung adalah nama kota madya dan kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Barat, yang dulu terkenal dengan sebutan Parijs van Java serta julukan Kota Kembang.

Kota Bandung merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Bandung juga terkenal sebagai surga belanja serta kuliner, dan selalu dipadati pengunjung, khususnya dari Jakarta, pada setiap akhir pekan.

Tempat Wisata di Bandung


Tempat Wisata di BandungAir Panas Walini di Ciwidey, Bandung Selatan, dengan air panas yang mantap, ATV, dan flying fox.

Kereta Api Argo Parahyangan, perjalanan kereta api dari Jakarta ke Bandung dengan kereta api sering lebih nyaman dengan panorama yang indah di sepanjang perjalanan.

Bumi Perkemahan Ranca Upas di daerah Ciwidey, Bandung Selatan, dengan area penangkaran Rusa Jawa, serta dilengkapi dengan tempat outbound. Fasilitas perkemahannya lengkap di tempat ini.

Congo, tempat makan dan tempat nongkrong yang asik di daerah Dago Pakar, dengan galeri kayu yang elegan.

Curug Cimahi, tidak jauh dari Dusun Bambu, kurang lebih sekitar 1-2 km, pintu masuknya tepat di pinggir Jl. Kolonel Masturi, yang menjadi jalan akses utama Cimahi-Cisarua-Parongpong.

Curug Dago, setinggi 18m meter yang berada di Kampung Curug Dago, Kecamatan Cidadap, di bagian utara kota Bandung

Curug Omas setinggi sekitar 30 meter, yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Lembang, berada di dalam kawasan wisata Maribaya

Dago Pakar Wilayah tangkapan air di daerah Bandung Utara dengan pemandangan perbukitan dan pegunungan yang telah banyak dikupas untuk permukiman.

Dago Tea House, dikenal sebagai Dago Thee Huis pada jaman penjajahan Belanda, adalah tempat nyaman yang terletak di daerah perbukitan Bandung utara

Gedung Indonesia Menggugat di Jl. Perintis Kemerdekaan, tempat dimana di jaman Belanda dahulu Bung Karno pernah diadili bersama dengan beberapa aktivis politik lainnya.

Gedung Sate di Jl Diponegoro, bangunan peninggalan pemerintah kolonial Belanda yang dibuat pada awal tahun 1920-an dan kini digunakan sebagai kantor dan pusat pemerintahan.

Gua Belanda di daerah Dago Pakar, berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda, Bandung, dibuat beberapa tahun lebih awal dari Gua Jepang, yaitu pada tahun 1918.

Dari pintu keluar Gua Belanda Bandung ini pengunjung bisa meneruskan perjalanan treking ke arah Maribaya dan melihat Curug Omas yang berjarak sekitar 5 km. Jika ingin menghemat waktu, bisa juga naik ojek motor

Gua Jepang di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir.H. Juanda, Bandung Utara. Gua Jepang ini dibuat pada tahun 1942 oleh balatentara pendudukan Jepang.

Jalan Cihampelas, salah satu tempat belanja pakaian yang paling pertama dan paling populer di kota kembang ini, terkenal dengan yang merk tiruan dan lokal dengan harga murah.

Kampung Gajah Jl Sersan Bajuri, Kecamatan Parongpong, Bandung Barat, merupakan taman bermain tematik modern yang sangat luas dengan pemandangan perbukitan elok.

Kawah Putih Tempat Wisata di Bandung di daerah Ciwidey, Bandung Selatan, merupakan tempat eksotis yang wajib dikunjungi para penggemar keindahan alam berupa danau dengan kadar belerang tinggi.

Ketan Bakar Lembang di dekat Pasar Buah, Lembang. Ketan hangat dengan bumbu yang pecah di lidah. Sangat lezat. Wajib dicicipi.

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat Jalan Dipatiukur No. 48, Kota Bandung. Merupakan Museum Sejarah Perjuangan Rakyat di Tatar Pasundan atau Parahyangan diresmikan pada 23 Agustus 1995.

Museum Barli
Museum ini diresmikan oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada tanggal 26 Oktober 1992.

Museum Gedung Sate Tempat wisata di Bandung yang belum lama dibuka, terletak di kawasan Gedung Sate Jalan Dipenogoro Nomor 22 Bandung.

Museum Geologi Bandung Jl. Diponegoro No. 57, didirikan pada 16 Mei 1928 dengan koleksi yang ditata secara modern, berkelas, dan indah. Wajib dikunjungi.

Museum Mandala Wangsit Siliwangi
Jl. Lembong No. 38, Braga, Kota Bandung. Sebuah museum senjata yang mengambil nama dari pendiri Kerajaan Pajajaran yang kekuasaanya konon tak terbatas.

Museum Pos Indonesia Jl. Cilaki No. 73, ada di sebelah kanan Gedung Kantor Pusat PT Pos Indonesia. Menyimpan dan memajang beragam koleksi perangko dari berbagai jaman.

Observatorium Bosscha, salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia, dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda.

Perkebunan Teh Rancabali Kecamatan Ciwidey, Bandung Selatan, dengan hamparan pohon teh yang ditata dengan artistik membentuk mosaik yang sangat indah.

Situ Patengan Di ujung kawasan Ciwidey, pada ketinggian 1600 mdpl dengan panorama sangat eksotik dikelilingi hamparan kebun teh hijau berhawa segar.

Situs Sel Penjara Banceuy Jalan Banceuy Nomor 8 Kota Bandung Jawa Barat termasuk situs cagar budaya, yang telah mengalami revitalisasi dan diresmikan pada tanggal 10 November 2015

Taman Hutan Raya Juanda Kompleks Tahura Ir. H. Djuanda No.99, Dago Pakar, Kota Bandung. Kawasan konservasi terpadu alam sekunder dengan hutan tanaman seluas 590 hektare.

Tangkuban Perahu Tempat wisata di Bandung berupa kawah aktif yang sangat menarik untuk dikunjungi karena memiliki panorama indah.

Upside Down World Bandung Tempat wisata kekinian di daerah Bandung dimana pengunjung bisa berpose seolah terbalik di berbagai posisi dan ruangan.


Tempat Wisata di Bandung Lainnya

Air Panas Cibolang
Desa Wanasuka, Pangalengan, di kawasan Kebun Teh Malabar, kaki Gunung Wayang untuk penggemar air panas yang ingin berendam.

Air Panas Cimanggu
Jl Babakan Jampang - Cibuni, Ciwidey, dengan sejumlah kolam yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pejalan.

Bumi Perkemahan Cikole
Jl. Raya Tangkuban Perahu Km. 30 Lembang, tidak jauh dari belokan ke Gunung Tangkuban Perahu.

Candi Bojongmenje
Desa Cangkuang, juga dikenal sebagai Situs Rancaekek, merupakan kompleks situs purbakala yang diduga merupakan peninggalan masa pra-Islam.

Candi Maha Panca Bala
Jalan Kol Masturi 69, Lembang, berada terletak di dalam kompleks pusat meditasi Vipassana Graha.

Curug Cinulang
Cicalengka, berjarak sekitar 2,5 kilometer dari jalur utama Bandung-Garut dengan pemandangan alam yang indah.

Curug Lalay
Desa Padaasih, Bandung Barat, merupakan rangkain akhir dari beberapa curug yang mengalir dari Sungai Cimahi.

Curug Penganten
Air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter yang berada di ketinggian 1050 mdpl di Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua.

Desa Wisata Ciburial
Berada di Kampung Cikurutug, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, yang bisa dijangkau dengan kendaraan umum atau pribadi.

Kebun Binatang Bandung
Jalan Kebun Binatang No.6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, dekat ITB, salah satu wisata alam flora fauna di Kota Bandung.

Kebun Seni Tamansari
Jl. Taman Sari No.69, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung. Tempat para seniman bercocok tanam, tempat tumbuh dan berkembangnya beragam kesenian.

Kebun Strawberry
Ada cukup banyak kebun strawberry di daerah Ciwidey dan Lembang yang bisa dikunjungi pelancong, bisa beli dan memetik di tempat.

Kelenteng Xie Tian Gong
Jl. Kelenteng No 1, Bandung. Sebuah kelenteng agama Konghucu yang telah berusia lebih dari 125 tahun dengan bangunan yang masih asli.

Makam K.A.R. Bosscha di tengah-tengah perkebunan Malabar, Pengalengan, Bandung Selatan. Karel Albert Rudolf Bosscha lahir di Den Haag 15 Mei 1865 dan meninggal di Malabar Bandung 26 November 1928. Banyak kebaikan yang dilakukan selama hidupnya, salah satunya menjadi perintis dan penyandang dana pembangunan Observatorium Bosscha, Lembang.

Masjid Besar Cipaganti
Jl. Cipaganti No. 85, Kota Bandung, pernah digunakan Presiden Soekarno sebagai tempat pertemuan penting ketika sedang di Bandung, juga pernah dipakai sebagai markas tentara Pembela Tanah Air.

Masjid Raya Bandung
Jl. Asia Afrika, Balonggede, Regol, pusat Kota Bandung. Dulu bernama Masjid Agung Bandung, merupakan masjid Provinsi Jawa Barat. Halaman masjid kini dipasang rumput sintetis yang menjadi tempat wisata keluarga.

Monumen Bandung Lautan Api
Lapangan Tegallega. Monumen yang menjadi salah satu marka Kota Bandung. Memiliki tinggi 45 meter dengan sisi sebanyak 9 bidang.

Monumen Husein Sastranegara
Jl. Pajajaran, tepat di depan Bandara Husein Sastranegara. Merupakan salah satu monumen bersejarah di Kota Bandung.

Museum Konferensi Asia Afrika
Jl. Asia Afrika No 65, merupakan museum yang menyimpan memorabilia peristiwa bersejarah di Kota Bandung, yaitu Konferensi Asia Afrika.

Museum Nike Ardila
Jl Aria Utama No 5, Bandung, menyimpan benda peninggalan artis cantik kebanggaan Kota Bandung yang wafat dalam kecelakaan tunggal pada 19 Maret 1995.

Museum Sri Baduga
Jl BKR No.185, dikelola oleh pemerintah provinsi Jawa Barat, mulai didirikan pada tahun 1974, membagi koleksi menjadi 10 klasifikasi, dari mulai Geologika sampai Teknologika.

Perkebunan Teh Malabar
Banjarsari, Pangalengan, Bandung. Berada di ketinggian 1550 mdpl dimana terdapat makam dan rumah peninggalan K.A.R Bosscha.

Pusat Sepatu dan Tas Cibaduyut
Jl. Cibaduyut, Bandung, merupakan salah satu pusat kerajinan sepatu dan tas di daerah Bandung yang sangat terkenal.

Reading Lights
Jl. Siliwangi No. 16, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung. Toko buku plus kafe yang suasananya membuat orang betah berjam-jam berada di sana.

Rumah Inggit Garnasih
Jl Inggit Garnasih, Bandung. Tempat dimana dahulu Soekarno dan Inggit dulu tinggal dari 1926 – 1934 sebelum dibuang ke Ende, dan tempat dimana para pelopor kemerdekaan sering berkumpul dan berdiskusi untuk persiapan kemerdekaan Indonesia.

Situ Cileunca
Sebuah danau buatan seluas 1.400 hektar di daerah Pangalengan yang berhawa sangat dingin dengan pemandangan alam yang indah.

Situ Cipananjung
Desa Pulosarim, Pengalengan, sebuah danau yang berada di ketinggian 1110 mdpl dengan panorama alam dan perbukitan yang elok.

Taman Ganesha
Jl. Ganesha, berada di depan kampus ITB, dimana pada akhir pekan sering menjadi tempat wisata keluarga untuk naik kuda dan delman.

Taman Kupu-Kupu
Jl. Cihanjuang No. 58, Cibaligo-Cimahi, Kabupaten Bandung Barat. Area seluas 1.800 m2 yang asri dan sejuk dengan lebih dari 35 jenis kupu-kupu langka yang ditangkar.

Taman Lalu Lintas
Ada diantara Jalan Sumatera dan Jalan Belitung, Kota Bandung. Diresmikan oleh isteri Gubernur Jawa Barat Ny. Ipik Gandamana pada 1 Maret 1958, merupakan taman seluas 3.5 Ha dengan sekitar 1000 pohon, termasuk pohon langka. Ada berbagai permainan anak, dan kereta wisata mini.

Taman Lansia
Jl. Cisangkuy, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, di seberang Yoghur Cisangkuy yang telah diremajakan dan menjadi salah satu favorit warga.

Tobucil & Klabs
Wana Wisata Gunung Puntang
Wana Wisata Jayagiri

Informasi Tentang Bandung Lainnya

Hotel Murah di Bandung | Hotel Kelas Menengah di Bandung | Hotel di Ciwidey | Rute Angkot di Bandung | Tempat wisata di Bandung Selatan


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! April 23, 2023.