Al Quran, Islam

Doa-Doa dalam Al Quran

Ada banyak sekali doa-doa dalam Al Quran yang bisa kita panjat ke Tuhan YME dalam keseharian hidup, umumnya setelah salat, karena berdoa merupakan sebuah keniscayaan bagi manusia yang terlahir lemah, banyak menghadapi masalah dan memiliki banyak keinginan.

Meski sudah amat banyak kucuran rahmat dan kebaikan yang diberikan kepada manusia, yang tanpa berdoa pun Allah telah dengan sangat royal memmberikannya, udara untuk bernafas misalnya, namun Tuhan pun sama sekali tidak berkeberatan untuk menerima dan mengabulkan (sebagian) doa yang dipanjat kepada-Nya.

Meski banyak orang Islam merasa lebih mantap untuk berdoa dalam bahasa Arab, walaupun hanya sedikit memahami maknanya atau bahkan sama sekali tidak faham artinya, namun berdoa dalam bahasa apa pun tentu Allah memahami, termasuk dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah atau bahasa ibu.

Kekhusukan dalam memanjat doa seakan menghadap langsung di hadapan Allah, meresapi doa yang dipanjat hingga ke kalbu terdalam, doa yang benar-benar diharap untuk kabul sehingga memanjatnya dengan sangat bersungguh-sungguh, bisa memiliki peluang lebih besar untuk dikabulkan.

Tak perlu diragukan bahwa orang yang banyak berbuat amal kebaikan kepada sesama dan alam sekitar, menjalankan perintah Allah dan berusaha keras menghindari larangannya, mengikuti contoh Nabi Muhammad SAW dan ulama yang saleh, peluang dikabulkan doanya tentu akan sangat besar.

Berikut adalah Doa-Doa dalam Al Quran, dari terjemahan resmi Kementrian Agama Republik Indonesia yang bisa dibaca di situsweb quran.kemenag.go.id.

Doa-Doa dalam Al Quran

Mohon Petunjuk

Ya Allah, bimbinglah kami ke jalan yang lurus, jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan mereka yang dimurkai dan bukan yang sesat. 1: Al-Fatihah 6-7.

Mohon Keturunan

Wahai Tuhanku, karuniakanlah kepadaku keturunan yang baik dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa. 3: Al Imran 38.

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan sebagian anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku. 14: Ibrahim 40.

Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan), sedang Engkau adalah sebaik-baik waris. 21: Al Anbiya 89.

Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami penyejuk mata dari pasangan dan keturunan kami serta jadikanlah kami sebagai pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa. 25: Al Furqan 74.

Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (keturunan) yang termasuk orang-orang saleh. 37: Ash Shaffat 100.

Mohon Ampunan, Pertolongan, Perlindungan, Rahmat, Anugerah

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab neraka. 2: Al Baqarah 201.

Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang berserah diri kepada-Mu, (jadikanlah) dari keturunan kami umat yang berserah diri kepada-Mu, tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan manasik haji, dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang. 2: Al Baqarah 127-128.


Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami salah.
Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.
Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya.
Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami.
Engkaulah pelindung kami. Maka, tolonglah kami dalam menghadapi kaum kafir. 2: Al Baqarah 286.

Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami berpaling setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami dan anugerahkanlah kepada kami rahmat dari hadirat-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. 3: Al Imran 8.

Wahai Tuhan kami, sesungguhnya kami benar-benar telah beriman. Maka, ampunilah dosa-dosa kami dan selamatkanlah kami dari azab neraka. 3: Al Imran 16.

Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebihan dalam urusan kami, tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir. 3: Al Imran 147.

Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar orang yang menyeru pada keimanan, yaitu ‘Berimanlah kamu kepada Tuhanmu,’ maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami, hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang selalu berbuat kebaikan.3: Al Imran 193.

Ya Tuhan kami, anugerahilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami melalui rasul-rasul-Mu dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari Kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak pernah mengingkari janji.3: Al Imran 194

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau tempatkan kami bersama kaum yang zalim itu. 7: Al A’raf 47.


Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan tidak merahmati kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi. 7: Al A’raf 23. Doa ini hampir sama dengan 28: Al Qashash 16.

Kepada Allahlah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zalim. Selamatkanlah pula kami dengan rahmat-Mu dari kaum yang kafir. 10: Yunus 85-86.

Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu untuk memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui. Kalau Engkau tidak mengampuniku dan menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang-orang yang merugi. 11: Huud 47.

Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku dari penyembahan terhadap berhala-berhala.14: Ibrahim 35.

Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orang tuaku, dan orang-orang mukmin pada hari diadakan perhitungan. 14: Ibrahim 41.

Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu dan mudahkanlah bagi kami petunjuk untuk segala urusan kami. 18: Al Kahfi 10.

Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku. 20: Thaha 25-28.

Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku. 20: Thaha 114.

Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari bisikan-bisikan setan, dan aku berlindung kepada-Mu, ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku. 23: Al Mu’minun 97-98.

Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat. Engkau adalah sebaik-baik pemberi rahmat. 23: Al Mu’minun 109.

Ya Tuhanku, berilah ampunan dan rahmat. Engkaulah sebaik-baik pemberi rahmat. 23: Al Mu’minun 118.

Wahai Tuhan kami, jauhkanlah azab Jahanam dari kami (karena) sesungguhnya azabnya itu kekal. 25: Furqan 65-66.


Wahai Tuhanku, berikanlah kepadaku hukum (ilmu dan hikmah) dan pertemukanlah aku dengan orang-orang saleh.
Jadikanlah aku sebagai buah tutur yang baik di kalangan orang-orang (yang datang) kemudian.
Jadikanlah aku termasuk orang yang mewarisi surga yang penuh kenikmatan. 26: Asy Syu’ara 83-85

Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku (ilham dan kemampuan) untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk tetap mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai. (Aku memohon pula) masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh. 27: An Naml 19.

Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku. 28: Al Qashash 16.

Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari kaum yang zalim. 28: Al Qashash 21.

Ya Tuhanku, tolonglah aku atas kaum yang berbuat kerusakan itu. 29: Al Ankabut 30.

Wahai Tuhanku, berilah petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dapat beramal saleh yang Engkau ridai, dan berikanlah kesalehan kepadaku hingga kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada-Mu dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim. 46: Al Ahqaf 15.

Ya Tuhan kami, ampunilah kami serta saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu daripada kami dan janganlah Engkau jadikan dalam hati kami kedengkian terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penyantun lagi Maha Penyayang. 59: Al Hasyr 10.

Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkau kami bertawakal, hanya kepada Engkau kami bertobat, dan hanya kepada Engkaulah kami kembali. 60: Al Mumtahanah: 4.

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir. Ampunilah kami, ya Tuhan kami. Sesungguhnya Engkau Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. 60: Al Mumtahanah 5.


Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. 66: At Tahrim 8.

Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapa pun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang zalim itu selain kehancuran. 71: Nuh 28.

Demikian sejumlah doa-doa dalam Al Quran yang bisa dipanjat. Sengaja tidak ditulis teks dalam bahasa Arab-nya dengan pertimbangan bahwa akan lebih khusuk jika berdoa dipanjat dalam bahasa yang dimengerti. Nomor surah dan ayatnya ditulis agar bisa merujuk ke ayat aslinya.

Rangkuman

Jika hendak dirangkai secara bebas:

Ya Allah,
bimbinglah kami ke jalan yang lurus,
jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat,
bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan jalan orang yang sesat.

Ya Allah,
karuniakanlah kepada kami keturunan yang baik dari sisi-Mu,
yang tetap melaksanakan salat,
yang termasuk orang-orang saleh,
yang dijauhkan dari penyembahan terhadap berhala,
dan yang selalu mensyukuri nikmat-Mu.

Ya Allah,
janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau salah,
janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang tidak sanggup kami pikul,
janganlah Engkau jadikan hati kami berpaling setelah Engkau beri petunjuk,
janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah,
janganlah Engkau jadikan dalam hati kami ada kedengkian,
janganlah Engkau hinakan kami pada hari Kiamat.

Ya Allah,
jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu,
jadikanlah kami sebagai buah tutur yang baik,
jadikanlah kami termasuk orang yang mewarisi surga yang penuh kenikmatan.

Ya Allah,
Kami berlindung kepada-Mu dari bisikan setan,
maka tetapkanlah pendirian kami,
lapangkanlah dada kami,
mudahkanlah urusan kami,
lepaskanlah kekakuan dari lidah kami, agar orang-orang mengerti perkataan kami,
serta pertemukanlah kami dengan orang-orang saleh agar mendapat ilmu dan hikmah.

Ya Allah,
jadikanlah negeri ini negeri yang aman,
serta selamatkanlah kami semua dari kaum zalim dan dari kaum yang senang berbuat kerusakan.

Ya Allah,
hanya kepada Engkau kami bertawakal,
hanya kepada Engkau kami bertobat,
hanya kepada Engkaulah kami kembali,
sesungguhnya kami termasuk orang-orang muslim.

Ya Allah,
Berikanlah kepada kami ampunan-Mu, rahmat-Mu,
kebaikan di dunia dan akhirat,
serta lindungilah kami dari azab neraka.

Ya Allah,
terimalah amal kami,
dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang selalu berbuat kebaikan,

Ya Allah,
kabulkanlah doa kami,
karena sesungguhnya Engkau
Maha Bijaksana,
Maha Mengetahui,
Maha Pemberi,
Maha Penerima Tobat,
Maha Penyantun,
Maha Penyayang,
Maha Perkasa,
Maha Mendengar Doa,
dan Maha Kuasa atas segala sesuatu.
Amiin.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Maret 27, 2023.