4 Tempat Wisata di Jakarta Selatan Yang Menarik

Catatan lengkap Tempat Wisata di Jakarta Selatan, dan sebuah Peta Wisata Jakarta Selatan serta Peta Wisata Jakarta, berisi lokasi tempat wisata Jakarta Selatan yang menarik, wisata budaya, wisata religi dan tempat menarik lainnya di Jakarta Selatan.

Jika membutuhkan jasa taksi, daftar dan nomor telepon taksi di Jakarta bisa dibaca di tulisan Taksi di Jakarta. Lihat juga Hotel di Jakarta Selatan, Hotel Melati di Jakarta Selatan, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, dan Tempat Wisata di Jakarta.

Transportasi umum pilihan di wilayah Jakarta Selatan terutama menggunakan Bus TransJakarta, oleh sebab jalur kereta api berada di sisi timur, memanjang dari utara ke selatan. Saat LRT dan MRT beroperasi penuh maka akan menjangkau lebih banyak lagi wilayah bisnis dan wisata di daerah Jakarta Selatan.

tempat wisata di jakarta selatan
Kebun Binatang Ragunan
, Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang paling ramai dikunjungi pelancong, terutama di akhir pekan dan hari libur nasional. Lokasinya berada di Ragunan, Pasar Minggu, seluas 147 ha dengan koleksi aneka satwa yang sangat beragam.

Kebun binatang ini berdiri pada 1864 dengan nama Planten En Dierentuin atau "Tanaman dan Kebun Binatang." Semula lokasinya ada di Cikini, Jakarta Pusat, yang merupakan pemberian Raden Saleh, pelukis kondang itu.

tempat wisata di jakarta selatan
Makam Perang Jakarta
, tempat wisata di Jakarta Selatan untuk penggemar sejarah di Menteng Pulo, yang merupakan makam para tentara Inggris dan tentara negara-negara Persemakmuran yang tewas dalam perang di Indonesia pada periode 1939 - 1945.

Bagian atas Makam Perang Jakarta ini menjadi kubur Indian Army Medical Corps, Indian Pioneer Corps, Royal Indian Army Service Corps, dan 8th Punjab Regiment. Pada tugu tertulis 'Pakistan" serta "Indian Forces' dan '1939 - 1945'.

tempat wisata di jakarta selatan
Museum Satria Mandala
, tempat wisata di Jakarta Selatan bagi penggemar museum dan sejarah, lokasinya di Jl Gatot Subroto 14-16, 021-5227946, 5251795, yang merupakan museum mengesankan milik Tentara Nasional Indonesia

Museum ini merupakan tempat wisata museum militer yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga. Di sini pengunjung bisa melihat dari jarak yang sangat dekat berbagai perlengkapan tempur yang mungkin sulit untuk bisa dijumpai di tempat-tempat lain.

tempat wisata di jakarta selatan
Setu Babakan
, tempat wisata di Jakarta Selatan yang ada di Srengseng Sawah, Jagakarsa, seluas 165 ha terdiri dari Kebun Rakyat, perkampungan betawi dan dua danau. Ada tarian Betawi, Lenong setiap Sabtu dan Minggu.

Macam-macam yang ditawarkan orang di Setu Babakan, dari mulai makanan tradisional Betawi, mainan, pakaian, sampai lagu-lagu gambang kromong. Area bermain anak juga tersedia di Setu Babakan, termasuk mainan Betawi seperti galah asin, takadel, dampu, dan congklak.

Tempat Wisata Jakarta Selatan

Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa, Jl Ampera Raya 7, di dalam gedung Arsip Nasional Republik Indonesia, dengan beberapa Hall yang ditata elegan dan apik berisi diorama dan panel tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Ereveld Menteng Pulo, Menteng Pulo, Tebet, di belakang Apartemen Puri Casablanca, merupakan kompleks kubur 4300 perwira militer Belanda yang tewas selama Perang Kemerdekaan Indonesia.

Galeri F Widayanto, Jl Setiabudi II-11, Telp 021-526 2309, 522 3547, galeri perupa patung dan keramik yang saya kunjungi atas saran dari seorang teman baik

Galeri Komunitas Salihara, Jl Salihara, Pasar Minggu, Telp 021-7891202, dalam kompleks Komunitas Salihara dengan suasananya cukup nyaman

Gereja Simultan
Kompleks Ereveld Menteng Pulo, Tebet, dimana terdapat salib yang terbuat dari bantalan rel Burma, 700 pasu abu jenazah tahanan perang, dan Injil Kuno.

Kampung Main Cipulir
Jl. Masjid Nurul Yaqin, Gang H. Sairi No. 1A. Jam buka 08:00 - 16.00.

Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin
Vihara Amurva Bhumi, Jl Prof.Dr. Satrio 2 (Casablanca), di daerah Setiabudi, Karet, masuk ke dalam sebuah gang kecil di kiri jalan

KidCity Transmart
Gedung Transmart Carrefour Cilandak. Jam buka 08:00 - 21:00.

KidZania Pacific Place
L6 – 601 mal Pacific Place, Jakarta Selatan. Buka jam 09.000.

Makam Ade Irma Suryani
Kompleks Kantor Walikota Jakarta Selatan, Nipah, Kebayoran Baru, yang menjadi makam puteri Jenderal Besar AH Nasution, korban pembunuhan Pasukan Cakrabirawa

Masjid Agung Al Azhar
Berada di sisi Timur Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, di wilayah Jakarta Selatan, hanya berjarak sekitar 700 meter dari Bundaran Patung Pemuda Membangun

Masjid Al Atiq
Berada di Jalan Masjid I RT 003 RW 01, Kampung Melayu Besar, Jakarta Selatan, hanya sekitar 50 meter dari pinggiran Kali Ciliwung

Masjid Al Barkah
Berada di tusuk sate pertigaan Jalan Kemang Utara dan Jalan Kemang Timur, Jakarta Selatan, dengan atap limasan tumpang menyerupai atap Masjid Demak

Masjid Hidayatullah
Karet Depan, Karet Semanggi, Setiabudi, Telp 021-5272759, persis di sebelah Gedung Sampoerna Strategic Square

Museum Basuki Abdullah
Jalan Keuangan Raya nomor 19, Cilandak. Jam buka 09:00 - 16:00, akhir pekan 09:00 - 15:00.

Museum di Tengah Kebun
Jalan Kemang Timur Raya nomor 66, Jakarta Selatan. Bisa dikunjungi dengan perjanjian, minimum 10 orang.

Museum Layang-layang
Jl H. Kamang 38, Telp 021-765 8075, 7590 4863, yang dimiliki oleh swasta dan menyimpan layang-layang berbagai daerah

Museum Korps Marinir

Museum Manggala Wanabakti
Jend. Gatot Subroto, Senayan, dengan 736 artefak, 529 diantaranya dipamerkan di dalam dan di luar ruangan, termasuk fosil, kayu berumur ratusan tahun, dan diorama.

Museum POLRI
Jl Trunojoyo 3, Kebayoran Baru, Telp 021-7210654, yang merupakan wisata museum paling baru di Jakarta

Museum Reksa Artha
Jl Lebak Bulus I 2 J, Cilandak, yang kabarnya belum dibuka bebas untuk umum. Koleksinya berupa mesin dan kelengkapan percetakan ORI.

Museum S. Sudjojono
Di Sanggar Pandanwangi Raya Pasar Minggu, Km.18, telp. 798 9717, menyimpan koleksi lukisan karya S. Sudjojono.

Playparq Kemang
Jalan Kemang Timur nomor 73, Jakarta Selatan. Jam buka 10:00 - 18:00.

Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail
Jl H.R. Rasuna Said Kav C. 22, dengan pustaka film dan gedung yang sering digunakan untuk pertunjukan film, musik, dan budaya.

Speedy Karting
Jalan Gatot Subroto Kav. 72, Pancoran, arena gokart seluas 3000 m2 dengan panjang trek 400 meterlebar 4- 6 meter. Selain untuk remaj dan dewasa, ada juga Safari, Booster dan Gosky bagi anak- anak.

Taman Anggrek Ragunan
Jl Harsono RM, Ragunan, dengan koleksi Dendrobium, Phalaenopsis, Vanda, Cattleya, berbagai jenis anggrek lain, dan juga menjual Aglaonema, Anthurium, dll

Taman Ayodya
Jalan Barito, Melawai, seluas 7.500 m2 yang sebelumnya adalah pasar ikan hias Barito, dengan sebuah danau buatan dan air mancur di tengahnya.

Taman Langsat
Jl. Barito, Kramat Pela, Kebayoran Baru

Taman Mataram
Jl. Mataram No.1, Selong, Kebayoran Baru

Tugu Pancoran
Di tengah perempatan Pancoran, Tebet, dengan nama resmi Monumen Patung Dirgantara, digagas oleh Presiden Soekarno, selesai dibangun pada akhir tahun 1966.

Warung Apresiasi
Jl Bulungan 1, Blok M Plaza, Telp 021-72016774, dimana setiap malam para pengunjung bisa menikmati musik gratis dan makanan dengan harga cukup murah

WaterPark Pondok Indah
Jalan Metro Pondok Indah, sebelah Pondok Indah Mal I. Jam buka 06:00 – 21:00.

Author : . Updated :
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.

Kirim ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Email. Subscribe. .

Versi Mobile | Kembali ke atas