Jakarta, Jakarta Selatan, Museum

Museum S. Sudjojono Jakarta

Museum S. Sudjojono Jakarta menyimpan karya pelukis yang lahir di Kisaran, Sumatera Utara, pada 14 Desember 1913. Selain terkenal sebagai pelukis, S. Sudjojono juga memiliki pengetahuan luas tentang seni rupa dan menjadi kritikus seni rupa pertama di Indonesia.

S. Sudjojono merupakan seniman yang produktif menghasilkan lukisan, sketsa, gambar, seni publik dan relief serta karya-karya keramik, selain juga aktif menulis.

Dia merupakan salah satu pendiri dari PERSAGI (Persatuan Ahli Gambar Indonesia, 1938), SIM (Seniman Indonesia Muda, 1946), serta menjadi mentor seni di jurusan budaya Poetera dan Keimin Bunka Shidosho.

Seingat saya sudah beberapa lukisan karya S. Sudjojono yang pernah saya lihat, meski kesannya tak sekuat saat misalnya melihat lukisan Raden Saleh atau Basuki Abdullah.

Namun goresan tangan lukisannya juga memiliki ciri khas, yang membedakannya dengan karya pelukis lainnya. S. Sudjojono meninggal di Jakarta pada 25 Maret 1985.

Museum S. Sudjojono Jakarta - Alamat : Jl. Raya Pasar Minggu, Km.18, Jakarta Selatan. Telp 021 - 7989717, Fax: 021 - 79196687. Jam Buka : 09.00-15.00, tutup pada hari Senin dan Libur Nasional, kecuali dengan perjanjian. Rujukan : Hotel di Jakarta Selatan, Hotel Melati di Jakarta Selatan, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Selatan.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 03, 2018.