Jakarta, Jakarta Selatan, Museum

Museum Reksa Artha

Lokasi Museum Reksa Artha Jakarta berada di Jl. Lebak Bulus No. 1, Cilandak, Jakarta Selatan, tidak jauh dari RS Fatmawati. Museum Reksa Artha berdiri atas prakarsa Wahyu Hagono, Direktur Utama Perum PERURI peridoe 1974-1989.

Museum ini menyimpan koleksi benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan percetakan uang rupiah, mulai dari uang kertas rupiah sejak zaman perang kemerdekaan sampai di jaman Orde Baru, ada mesin cetak uang abad ke-20, alat pembuat koin dan foto-foto lama tentang ORI (Oeang Republik Indonesia).

Museum Reksa Artha diresmikan untuk umum pada 30 Januari 1989, dengan tujuan agar generasi penerus bisa mengenal, memahami, dan meneruskan perjuangan para pendahulu.

Di sana ada foto-foto imajinasi yang menceritakan proses percetakan uang mulai tahun 1947. Koin dan uang kertas yang terbit sekitar tahun 1945 memiliki tempat peraga tersendiri.

Keberadaan ORI, selain sebagai alat pembayaran, juga merupakan bukti eksistensi dan alat perjuangan bagi negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Sebelum digunakan oleh Museum Reksa Artha, gedung museum ini merupakan gudang tinta Perum Peruri.

Museum Reksa Artha Jakarta

Alamat : Jl. Lebak Bulus No. 1, Cilandak, Jakarta Selatan. Telp 021-7395000. Lokasi GPS : -6.296469, 106.794386, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam Buka : Senin - Kamis pukul 09.00 - 15.00, namun karena sering tutup pengunjung lebih baik membuat perjanjian terlebih dahulu. Rujukan : Hotel di Jakarta Selatan, Hotel Melati di Jakarta Selatan, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Selatan.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 03, 2018.