Galeri F. Widayanto Jakarta Selatan

January 02, 2020. Label:
Adalah seorang teman baik yang memberikan informasi dan lalu menyarankan saya untuk mengunjungi Galeri F. Widayanto Jakarta di Jl. Setiabudi II no. 11 yang ketika itu tengah memamerkan karyanya yang bertema "China Dream". Saya ikuti saran itu, dan dengan cara itulah saya mengenal karya indahnya yang tersohor itu.

F. Widayanto telah berhasil membangun namanya dengan kreativitasnya yang mencengangkan pada tanah liat dan keramik. Tidaklah sulit menemukan letak galeri, meski sempat bertanya arah ketika telah berada di Jl. Setiabudi. Saat memasuki ruang galeri yang cukup luas dan nyaman, segera terlihat karya-karya Widayanto sebelumnya.

Ada patung porselen tokoh Semar dengan beragam gaya dan ornamen yang mendapat sambutan sangat baik dari para kolektor benda seni. Ada pula patung-patung lainnya, serta berbagai koleksi keramik berukuran kecil untuk hadiah dan suvenir, keramik penghias interior rumah, dan perlengkapan kamar mandi dari keramik yang ditata apik.

galeri f widayanto jakarta

Tiga pasang patung menawan dari koleksi China Dream di Galeri F. Widayanto Jakarta dengan garis raut wajah, dandanan rambut, pakaian dan ornamennya yang khas bergaya oriental. Patung-patung ini tampak dikerjakan tangan terampil dengan teliti, baik garis wajah, pakaian, maupun kombinasi warnanya yang menghasilkan detil menarik dan indah.

Koleksi China Dream dipamerkan di ruang berdinding kaca yang bersebelahan dengan ruang utama, menghadap sebuah taman hijau teduh asri yang ada di bagian tengah rumah galeri ini. Selain koleksi China Dream, ada pula beberapa patung dan karya lainnya yang dipamerkan dalam Galeri berlantai tiga itu.

Untuk memudahkan para kolektor yang berniat membeli koleksi ini, keramik-keramik yang telah laku terjual diberi tanda dengan hiasan kupu-kupu. Keramik yang telah terjual itu baru akan dikirim setelah pameran selesai berlangsung.


china dream galeri f widayanto jakarta

Koleksi keramik China Dream diletakkan pada lemari dinding Galeri F. Widayanto Jakarta, dengan berbagai ekspresi, gestur tubuh, dan ornamen pakaian, serta aksesori pendukung lainnya terlihat sangat elok. Suasana di dalam ruang pamer ini boleh dibilang sangat nyaman, dan ditata dengan artistik dan sangat baik.

Ada karya koleksi keramik yang diberi nama "Peaceful", yang bisa memberi sugesti kepada pembelinya untuk menjaga kedamaian di rumah atau tempat dimana patung itu akan dipajang. Pada pakian bawah wanita ada ornamen kupu-kupu, sedangkan pada pakian bawah pria ada dua buah kura-kura simbol umur panjang.

Dua patung keramik yang memamerkan garis tubuh pria yang atletis tampak dipamerkan di sisi tangga yang menuju ke lantai atas galeri. F. Widayanto telah menyelenggarakan lebih dari sepuluh kali pameran tunggal, seperti Wadah Air (1987), Loro Blonyo dan Topeng (1990 ), Ganesha-Ganeshi (1993), dan Ukelan (gaya rambut wanita Jawa, 1995).

Ada dua patung keramik yang diambil dari koleksi "Semarak 30 Semar" yang dipajang di ruang utama. Semar adalah tokoh bijak mahasakti dalam mitologi pewayangan Jawa dengan bentuk badan dan ekspresi khas, yang disukai semua orang. Ia merupakan wujud manusia dari Sang Hyang Ismaya, yang adalah kakak Bathara Guru, rajanya semua Dewa.

Jika patung keramik pada foto di atas menggambarkan wajah Semar dengan ekspresi menerawang, ada pula patung keramik Semar koleksi Widayanto lainnya yang dibuat dalam posisi seperti terjengkang dan diberi judul "Lotus Fall". Hanya saja ekspresi wajah Semar seperti sedang bergaya, bukan ekspresi terkejut atau kerepotan dari seorang gendut yang jatuh.

Pameran tunggal F. Widayanto lannya adalah Golekan (Boneka kayu Jawa, 1997), Mother and Child dan Kendi-Kendi (2000), Ceramic Inspiration (2001), Dewi Sri (dewi padi, 2003), Narcissus (2007), Semarak 30 Semar (2009), dan China Dream (2010). F. Widayanto dilahirkan di Jakarta pada 1953, selesai kuliah pada 1981 di Bagian Keramik Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB.

Galeri F. Widayanto Jakarta

Alamat : Jl. Setiabudi II no. 11, Jakarta Selatan, Telp (021) 526 2309, 522 3547. Lokasi GPS : -6.209306, 106.825374, Waze ( smartphone Android dan iOS ).

Galeri Foto Galeri F. Widayanto


china dream galeri f widayanto jakarta

Sepasang patung koleksi China Dream di Galeri F. Widayanto dengan detil ornamen cantik. Keramik-keramik yang telah terjual diberi tanda khusus berupa hiasan kupu dan umumnya dikirim setelah penutupan pameran.

semar galeri f widayanto jakarta

Koleksi "Semarak 30 Semar" di ruang utama galeri. Semar adalah wujud manusia dari Sang Hyang Ismaya, kakak dari Bathara Guru, penguasa kahyangan.

galeri f widayanto jakarta

Selain ornamen pada baju, perhiasan dan rambut, tambahan seperti kipas yang dipegang oleh patung keramik wanita serta benda yang dipegang si pria ikut memperkaya koleksi ini.

galeri f widayanto jakarta

Setiap pasangan patung keramik elok ini memiliki nama, yang ditulis di depan keterangan angka koleksi. Ekspresi gembira pada patung menjadi bagian nama dari koleksi ini. Adanya kupu menandai bahwa koleksi ini telah terjual.

soul dance galeri f widayanto jakarta

Koleksi pasangan patung keramik yang diberi judul "Soul Dance", nama yang bisa jadi sesukanya diberikan oleh pembuatnya setelah melihat hasil akhir karyanya, atau bisa jadi memang sudah dikonsep sejak awal.

galeri f widayanto jakarta

Koleksi pasangan patung keramik China Dream yang terlihat beda dengan yang lainnya. Lebih kalem warnanya, sehingga cocok dipasang dengan latar pepohonan yang hijau. Merah dan kuning emas biasanya lebih menonjol pada budaya Tiongkok.

galeri f widayanto jakarta

Pasangan patung keramik elok karya Widayanto yang gestur tubuh dan ekspresi wajahnya memperlihatkan bahwa mereka sedang terlibat dalam sebuah percakapan yang hangat. Jika saja patung itu sudah mengenal gadget, mungkin mereka akan asik sendiri.

galeri f widayanto jakarta

Patung keramik Widayanto dari seri Semar bernama "Smarasasti" ini memperlihatkan ekspresi wajah dan tarikan mulut yang menunjukkan rasa sakit atau kepedihan yang dalam. Jambul semar yang terkenal itu dibuat mengecil ke depan menyerupai belalai gajah.

galeri f widayanto jakarta

Patung keramik Widayanto dari koleksi Semar yang ia beri judul "Step2Hvn" atau Step to Heaven, yang posisi tubuhnya seperti antara melangkah dan tidak. Semar mudah dikenali karena perutnya yang gendut, pantat besar, dan jambul serta ekspresi wajahnya.

galeri f widayanto jakarta

Empat patung keramik wanita Tionghoa karya Widayanto dengan gestur dan pernik pakaian yang berbeda. Ada yang dinamai Yanghow, Xiangfei, dan Sheng Zu. Pada dinding di belakangnya adalah keramik yang sepertinya menggambarkan Maria yang tengah memangku bayi Yesus.

galeri f widayanto jakarta

Hiasan berupa binatang atau tempat lilin juga dibuat oleh Widayanto sebagai koleksi untuk mempercantik rumah. Di bagian bawah adalah sepasang binatang kerbau, dan paling atas keramik berbentuk gajah.

galeri f widayanto jakarta

Selain patung, Widayanto juga membuat keramik Semar dalam bentuk relief yang dipajang pada dinding atau digantung. Untuk menambah pemandangan, diberinya binatang mistis yang menyerupai tikus namun bersayap.

galeri f widayanto jakarta

Patung keramik pria telanjang berjudul Versus, dalam posisi yang seksi dengan alat vital ditutup dedaunan dan bunga, sementara seekor ular merayap pada perut dan dadanya, dan satu lagi melilit lengan kanannya dan siap mematuk wajah.

galeri f widayanto jakarta

Patung keramik tiga dewi cantik yang masing-masing duduk di atas burung tunggangan. Ini mengingatkan saya pada Dewi Saraswati yang memiliki tunggangan berupa angsa, yang sama dengan tunggangan Dewa Brahma, suaminya. Binatang paling kiri menyerupai garuda, namun jenggernya menyerupai ayam jantan.

galeri f widayanto jakarta

Penghias pojok ruangan Galeri Widayanto berupa lembar-lembar daun nipah yang kering dan dikombinasi dengan payung tradisional polos yang mengembang.

galeri f widayanto jakarta

Patung keramik Widayanto yang berjudul "Beat Me", berupa seorang pria berkain dan bertelanjang dada dengan sebuah pecut atau cemeti mengayun di tangan kanannya. Pada jaman dahulu, cemeti bukan saja untuk mengendalikan hewan, namun juga bisa menjadi senjata ampuh untuk menghadapi musuh.

galeri f widayanto jakarta

Patung keramik Widayanto lainnya dengan posisi yang provokatif menantang jenis kelamin lain. Seperti seekor burung merak yang memamerkan keindahan warna-warni bulu-bulunya untuk memikat betinanya pada musim birahi.

galeri f widayanto jakarta

Posisi menantang yang bisa membuat jengah wanita, malu tapi mau, untuk melihat dan mendekatinya. Tak bisa disangkal bahwa ketertarikan secara seksual merupakan sifat manusia dan binatang yang paling kuat yang bisa menjebol bendungan moral sekuat apa pun.

galeri f widayanto jakarta

Koleksi patung keramik pria Widayanto yang lebih terlihat gemulai ketimbang gagah. Dada yang tidak terlalu bidang, perut dan pantat yang kecil, serta gestur tubuh, memberi kesan kw pada patung pria ini. Apalagi tangannya memegang kipas, bukan golok atau pedang.

galeri f widayanto jakarta

Lampu-lampu gantung antik yang menghias pojok ruangan Galeri F Widayanto. Bisa dipastikan bahwa kondisi atau penataan galeri saat ini sudah berbeda dengan penataan ketika saya datang waktu itu, karena koleksi bisa datang dan pergi.

galeri f widayanto jakarta

Keramik koleksi Widayanto yang digunakan sebagai tengara atau penanda tempat di dalam rumah, dapur misalnya, dengan ornamen dedaunan, bebungaan, dan binatang seperti katak, yang bisa digantung atau ditempel.

galeri f widayanto jakarta

Beberapa jenis keramik lain juga dipajang pada waktu itu, seperti tempat bunga atau tempat barang lainnya, guci dengan bentuk dan model yang berbeda-beda, sebagai penghias rumah atau perkantoran.

galeri f widayanto jakarta

Keramik berbentuk ikan yang bisa dipasang di dalam rumah, atau pun di sekitar kolam ikan, aquarium, dan kolam renang. Bisa juga digunakan sebagai pancuran air, semacam jaladwara.

galeri f widayanto jakarta

Patung wanita cantik beserta bayinya yang diberi nama "Kanjeng Kenyo" yang sepertinya menggambarkan Maria dan Yesus, karena ada tanda malaikat atau orang suci di belakang kepala keduanya. Ada pula burung merpati yang melambang perdamaian.

galeri f widayanto jakarta

Pernak-pernik toilet juga merupakan tema yang digarap oleh Wijayanto, menyadari bahwa toilet adalah salah satu etelase paling baik untuk suatu produk seni, dan rumah orang yang berkelas pasti ingin agar toiletnya bisa tampil mengesankan buat diri dan tamunya.

galeri f widayanto jakarta

Patung keramik Semar dengan jenggot mengacung seperti mata bor, dan jambul seperti ular kobra. Seekor macan tutul tampak tersampir pada bahunya. Pada pinggang depan berhias kepala burung dan sayapnya yang mengembang.

galeri f widayanto jakarta

Patung keramik sosok Semar di Galeri F. Widayanto Jakarta dalam posisi agak telentang ini berjudul "Lotus Fall". Ekspresi Semar seperti sedang bergaya, bukan terkejut karena terjengkang jatuh.

galeri f widayanto jakarta

Patung keramik Semar koleksi Widayanto lainnya dengan kedua tangan memegang perkakas yang entah digunakan untuk maksud apa. Jika pada ikat pinggang ada kepala burung, sayap, dan ekor ke bawah, maka pada perutnya yang gendut ada lukisan sepasang ular kobra.

galeri f widayanto jakarta

Koleksi keramik China Dream Widayanto yang diberinya judul Flower Talk, karena kecantikan dan keharuman bunga bisa menjadi jembatan penghubung diantara hati. Jika hati sudah saling memahami maka soal sisanya akan lebih mudah untuk dihadapi.

galeri f widayanto jakarta

Koleksi patung keramik Widayanto lainnya yang diberinya judul "Soul Mate". Belahan jiwa belum tentu cocok untuk menjadi suami isteri, karena keterpisahan secara fisik sering memberi ruang yang bagus bagi hubungan jiwa untuk lebih kaya dan berkembang.

galeri f widayanto jakarta

Koleksi keramik berbentuk sitar karya Widayanto, yang memperlihatkan kejelian Widayanto dalam memilih obyek. Bagaimana pun alat musik bersifat universal, yang bisa memikat bahkan pada orang yang tak bisa memainkannya sekalipun.

galeri f widayanto jakarta

Komposisi warna dan pilihan pakaian patung keramik karya Widayanto ini terlihat serasi dan anggun, memperlihatkan kekayaan imajinasi, jika bukan karena hasil riset yang mendalam. Tambahan pernik di luar keramik juga menambah keelokan patung ini.

galeri f widayanto jakarta

Keramik sitar lainnya dengan badan berbentuk agak buat sedikit lonjong. Musik adalah cara untuk memperhalus rasa, meskipun pemain dan pencipta lagu dan musik tak jarang memiliki kehidupan nyata yang jauh bertolak belakang dengan keluhuran dan keagungan musik dan syair yang dibuatnya.

galeri f widayanto jakarta

Pasangan keramik dari koleksi China Dream yang diberi judul "Way to the Top". Pernikahan antara pria dan wanita boleh jadi adalah puncak dari sebuah jalan yang panjang. Namun pernikahan juga bisa merupakan awal jalan menuju puncak karir dan kehidupan, sebelum datang waktunya untuk jatuh, karena hidup selalu berputar.

galeri f widayanto jakarta

Potongan-potongan bambu kuning kecil menjadi hiasan diantara patung-patung keramik koleksi China Dream karya Widayanto. Bambu memang lekat dengan Tiongkok, dan menjadi salah satu ciri khasnya.

galeri f widayanto jakarta

Seniman berbagi karya keindahan, dan dengan itu mereka mendapat penghargaan, dan penghidupan. Tak jarang langit menjadi batasnya ketika bicara harga pada karya seorang seniman, apalagi jika benda karyanya kemudian menjadi koleksi yang langka.

galeri f widayanto jakarta

Karya Widayanto berjudul "Peaceful", mungkin untuk menjaga kedamaian di rumah. Pada pakian bawah pria ada dua buah kura-kura yang dalam mitologi Hindu merupakan simbol umur panjang.

galeri f widayanto jakarta

"Inner Happines", nama yang diberikan pada sepasang patung keramik seri China Dream karya Widayanto ini. Batin yang bahagia sering memancar keluar lewat raut wajah yang tenang dan teduh, meskipun banyak orang yang pintar menyembunyikan suasana hatinya.

Info Tentang Jakarta

Hotel di Jakarta Selatan
Hotel Melati di Jakarta Selatan
Nomor Telepon Penting
Peta Wisata Jakarta
Peta Wisata Jakarta Selatan
Rute dan Jadwal Lengkap KRL Commuter Line Jabodetabek
Rute Lengkap TransJakarta
Tempat Wisata di Jakarta
Tempat Wisata di Jakarta Selatan
Trayek Bus Damri Bandara Soekarno - Hatta
Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Kembali ke atas ↑