Jakarta, Jakarta Selatan, Museum

Museum Korps Marinir Jakarta

Lokasi Museum Korps Marinir Jakarta berada di dalam kompleks Korps Marinir di Jl. Raya Cilandak KKO, Jakarta Selatan. Museum ini menyimpan dokumen, peralatan dan perlengkapan yang digunakan Korps Marinir serta dokumentasi foto tokoh dan foto kegiatan Marinir.

Keberadaan Museum Korps Marinir diawali dengan terbentuknya Dinas Sejarah dan Penerangan pada 14 Desember 1960, masih di jaman pemerintahan Presiden pertama RI Ir. Soekarno. Pada kurun waktu 1961-1963, museum dan perpustakaan merupakan bagian dari Sejarah Korps Komando (KKO) Angkatan Laut RI.

Dengan dibentuknya Biro Sejarah KKO AL pada 23 Maret 1964, maka museum dan perpustakaan melepaskan diri dari Biro Penerangan. Pada 17 Agustus 1976, Biro Sejarah/Dinas Sejarah Korps Marinir termasuk bagian dari eselon pelaksana pusat Mako Kormar.

Sampai 1980, museum dan perpustakaan menempati Gedung Markas Komando AL di Jalan Prapatan No. 40 Jakarta Pusat. Pada 1980-1990, museum dan perpustakaan dipindahkan ke Gedung Pamakenehe di Ksatrian Kwini, Jakarta Pusat. Pada 1991 museum dan perpustakaan dipindahkan ke Gedung Merdeka di Cilandak, dan pada 2003 museum dipindahkan lagi ke Gedung Kantin Prajurit di Kompleks Brigade Infanteri-2 Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, sampai sekarang.

Museum Korps Marinir menempati bangunan seluas 516 m2, yang dibangun di atas tanah seluas 2.925 m2. Koleksinya terbagi atas beberapa golongan. Golongan A adalah koleksi peralatan dan perlengkapan kapal, Golongan B perlengkapan kendaraan tempur serta pasukan, Golongan C senjata dan amonisi, Golongan D perlengkapan kaporlap, tanda jasa dan tanda kehormatan, Golongan E lambing-lambang bendera, Golongan F vandel, lukisan dan foto tokoh Marinir dan foto-foto warga kehormatan di luar korps, serta Golongan G dokumen dan arsip.

Untuk masuk ke Museum Korps Marinir Jakarta, pengunjung harus terlebih dahulu melapor ke petugas jaga di tempat.

Museum Korps Marinir Jakarta

Alamat : Jl. Raya Cilandak KKO / Kesatrian Marinir Cilandak, Jakarta Selatan. Lokasi GPS : -6.301889, 106.811517, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : 07:00 - 15:30, Senin s/d Jumat. Harga tiket masuk : Gratis. Rujukan : Hotel di Jakarta Selatan, Hotel Melati di Jakarta Selatan, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Selatan.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 03, 2018.