Museum Perjoangan Bogor

Museum Perjoangan Bogor merupakan sebuah museum yang menyimpan koleksi benda-benda bersejarah dan cerita perjuangan para pahlawan, khususnya di Bogor, yang berada di Jalan Merdeka No.56, Bogor. Koleksi museum ini terlihat mulai menua, dan disimpan di tempat-tempat pajangan yang juga sudah mulai kusam. Namun tampak depan museum terlihat masih cukup baik.

Monumen dan Museum PETA Bogor

Monumen dan Museum PETA Bogor menurut saya adalah salah satu museum terbaik yang ada di kota hujan ini. Museum ini menempati dua buah ruangan di sebuah gedung dan halaman di dalam Kompleks Pusdikzi TNI Angkatan Darat, berjarak sekitar 500 m arah dari Istana Bogor. Museum terbaik lainnya adalah Museum Zoologi yang masih berada di dalam kawasan Kebun Raya Bogor.

Museum Tanah Bogor

Museum Tanah Bogor menempati sebuah ruangan di lantai dasar yang relatif berukuran kecil di sebuah gedung di bagian belakang kompleks Balai Penelitian Tanah yang beralamat di Jl. Ir H. Juanda No. 98, Bogor. Jalan masuk ke kompleks gedung dimana museum ini berada letaknya berseberangan dengan lokasi Museum Zoologi Bogor.

Pabrik Gong Pancasan Bogor

Pabrik Gong Pancasan Bogor merupakan salah satu dari sedikit tempat yang tersisa di Bogor yang belum saya kunjungi sampai hari itu. Pabrik Gong Pancasan Bogor ini, mungkin karena sudah berdiri sejak jaman kolonial dan karena cara pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional, bisa ditemui di buku-buku perjalanan terkenal yang dibuat oleh pejalan asing.

Kelenteng Hok Tek Bio Bogor

Kelenteng Hok Tek Bio Bogor atau Vihara Dhanagun, baru saja saya kunjungi beberapa waktu berselang. Kunjungan yang sudah lama tertunda, lantaran tidak cukup yakin dengan informasi yang saya peroleh mengenai keberadaan salah satu kelenteng tertua di Kota Bogor ini. Padahal jalanan di depan kelenteng ini boleh dibilang sudah sangat sering saya lalui.

Kelenteng Pan Kho Bio Pulo Geulis

Ini adalah usaha kedua untuk ke Kelenteng Pan Kho Bio Pulo Geulis, di tengah Sungai Ciliwung, di belakang Terminal Baranangsiang, Kota Bogor. Usaha pertama saya lakukan beberapa minggu sebelumnya, yang gagal lantaran salah masuk ke terminal Baranangsiang dan terjebak macet sehingga memutuskan balik ke Jakarta.

Istana Bogor

Semula enggan ke Istana Bogor bersama Laskar 79 ITB karena pengunjung tak boleh memotret di dalam Istana dan terbayang prosedur kaku yang harus diikuti. Namun akhirnya pergi juga karena Dewi ikut, dan ada keingintahuan untuk melihat dalaman Istana Presiden elok itu.

Masjid Raya Bogor

Beberapa waktu lalu, saat hujan masih turun cukup deras, saya sempat singgah di beberapa jenak di Masjid Raya Bogor. Lokasi Masjid Raya Bogor ini berada di Jl Raya Pajajaran No 10, Kota Bogor, sekitar 400 meter dari Terminal Baranangsiang arah ke kiri di pertigaan jika keluar dari jalan tol Jagorawi.

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor

Nama Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng terdengar asing sampai saat hendak pergi berkunjung ke sana. Tidak pernah terlintas di pikir bahwa ada sumber air panas yang cukup baik, berjarak hanya sekitar 40 menit dengan berkendara dari tol keluar Serpong, Tangerang, sedikit ke luar Kota Jakarta.

Curug Ngumpet Bogor

Curug Ngumpet Bogor merupakan air terjun sedang di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor. Air terjun dan kawasan hutan lindung yang sangat luas ini barangkali belum seterkenal dan tidak semaju daerah Puncak yang sudah jauh lebih dulu populer.