May 25, 2019

Kolam Renang Buperta Cibubur Jakarta Timur

Lokasi Kolam Renang Buperta berada di dalam kompleks Buperta, Cibubur, yang tak sengaja terlewati dan iseng-iseng mampir sejenak untuk melihat dalamannya. Ini adalah penambah catatan tentang Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, karena memang kolam renang ini merupakan bagian dan fasilitas pelengkap yang berada di dalam area perkemahan yang sangat luas itu. Kawasan wisata keluarga ini menyediakan sejumlah fasilitas umum yang cukup baik.
May 25, 2019

Theater Imax Keong Emas TMII

Theater Imax Keong Emas TMII Jakarta merupakan salah satu tempat wisata paling awal yang saya kunjungi di Taman Mini Indonesia Indah. Setelah lebih dari sepuluh tahun tidak pernah lagi punya kesempatan untuk berkunjung ke tempat ini, bahkan mungkin lebih dari lima belas, akhirnya beberapa waktu lalu kami datang lagi ke sana. Kali ini untuk menonton lagi film dokumenter tentang ragam keindahan tanah air di negeri yang elok ini.

May 25, 2019

Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu TMII Jakarta

Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu TMII Jakarta kami kunjungi beberapa waktu lalu, dan meski sudah cukup sering datang bertandang ke Taman Mini Indonesia Indah, namun baru kali itulah saya masuk ke museum yang letaknya berada di sebelah Taman Akuarium Air Tawar. Hingga saat itu masih cukup banyak tempat lain di TMII yang belum juga saya kunjungi selain museum ini, namun ada pula tempat yang saya kunjungi lebih dari tiga kali.
May 25, 2019

Masjid Assalafiyah Jatinegara Kaum

Ini adalah kunjungan kedua ke Masjid Assalafiyah Jatinegara Kaum, Jakarta Timur. Kami mampir setelah dari Makam Pangeran Sanghyang yang letaknya bertetanggaan. Kali pertama adalah ketika berkunjung ke Makam Pangeran Jayakarta yang berada dalam satu kompleks, dan masuk dari pintu gerbang yang sama.

May 24, 2019

Kelenteng Kong Miao TMII Jakarta

Kelenteng Kong Miao TMII atau Litang Kong Miao TMII merupakan tempat ibadah penganut Konghucu yang bentuk bangunan dan ornamennya terlihat anggun. Lokasinya berada tepat di belakang Teater Imax Keong Mas, berseberangan dengan Masjid Pangeran Diponegoro, di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.
May 24, 2019

Museum Perangko Indonesia TMII Jakarta

Museum Perangko Indonesia TMII menempati bangunan besar di kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, dibuat menggunakan arsitektur bergaya Jawa Bali dengan gapura masuk candi bentar serta pendopo besar di bagian depan. Sepeda pos antik merk Falter buatan Jerman Barat tahun 1950 diletakkan di serambi museum. Sepeda ini lazim digunakan oleh jawatan pos di negara-negara Eropa dan Indonesia, sehingga dikenal sebagai sepeda pos. Populasi sepeda ini di Indonesia kurang dari 100 buah, sehingga banyak diburu orang.

May 24, 2019

Taman Burung TMII Jakarta

Taman Burung TMII Jakarta berada di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah, yang sudah saya kunjungi beberapa kali dalam rentang waktu yang panjang. Tidak banyak berubah di Taman Burung TMII ini hanya saja ada kesan bahwa koleksinya sepertinya tak banyak bertambah dan ada beberapa kandang yang saat itu terlihat kosong, mungkin sedang menunggu penghuni baru.
May 23, 2019

Pura Aditya Jaya Rawamangun Jakarta

Pura Aditya Jaya Rawamangun Jakarta ada di daerah Rawamangun, Jakarta Timur, yang saya kunjungi sebagai pemenuhan rasa penasaran. Rasa ingin tahu kadang membunuh, namun juga sering membawa pencerahan. Rasa ingin tahu yang mengganggu pikir setiap kali melewati ByPass, saat melihat bangunan dengan dinding bergaya Bali di pojok jalan.
May 23, 2019

Kitab Suci Amurva Bumi Hok Tek Ceng Sin

Buku kecil berwarna merah dengan kualitas cetakan sederhana berjudul Kitab Suci Amurva Bumi (Hok Tek Ceng Sin) ini, sependek ingatan yang tersisa, saya peroleh ketika berkunjung ke Kelenteng Hok Tek Ceng Sin atau Vihara Amurva Bhumi. Lama tersimpan di dalam rak lemari, akhirnya saya tulis ulang agar bisa dibaca oleh lebih banyak orang.
May 22, 2019

Monumen Lengkong Tangerang

Monumen Lengkong Tangerang adalah sebuah monumen yang dibangun pemerintah Kota Tangerang dan BSD pada 1993 untuk memperingati Peristiwa Lengkong yang terjadi setelah berakhirnya Perang Pasifik. Dalam peristiwa tragis yang tak terduga itu, seluruhnya ada 3 orang Perwira dari Resimen IV Tentara Republik Indonesia serta 34 Taruna Akademi Militer Tangerang yang tewas.
May 22, 2019

Situ Gede Tangerang

Situ Gede Tangerang merupakan sebuah danau berukuran relatif kecil yang berada di tepian jalan di kawasan perumahan Modernland, Tangerang, Banten. Di salah satu tepi Situ Gede ini berdiri sebuah restoran hidangan laut dengan suasana yang nyaman dan bersih, serta pemandangan yang luas ke arah danau.
May 22, 2019

Masjid Raya Al A’zhom Tangerang

Masjid Raya Al A'zhom Tangerang adalah sebuah masjid besar dan unik yang menjadi kebanggaan warga Kotamadya Tangerang, Banten. Salah satu keunikan Masjid Raya Al A’zhom yang sangat jarang dimiliki oleh masjid lainnya di tanah air adalah pada bentuk kubahnya, baik tampak luar maupun tampak dalam, serta tidak adanya pilar yang menopang kubah besarnya.
May 22, 2019

Kelenteng Boen Hay Bio Tangerang

Kelenteng Boen Hay Bio Tangerang adalah satu dari tiga kelenteng tua di Tangerang yang saya kunjungi beberapa tahun lalu. Berbekal koordinat GPS yang saya peroleh melalui Google, dan kemudian diperiksa ulang di Google Map, saya pun meluncur ke Kelenteng Boen Hay Bio mengandalkan perangkat navigasi GPS (Waze masih belum populer saat itu).
May 22, 2019

Pulau Cangkir Kronjo Tangerang

Lokasi Pulau Cangkir Kronjo Tangerang berada di Desa Kronjo, berjarak sekitar 30 km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang di Tiga Raksa. Sebelumnya Pulau Cangkir merupakan sebuah pulau kecil yang terpisah, namun sejak tahun 1995 pulau ini telah terhubung dengan daratan pesisir utara Pulau Jawa.
May 22, 2019

Kelenteng Sampo Tay Jin Tangerang

Kelenteng Sampo Tay Jin Tangerang 'ditemukan' secara tidak sengaja ketika mata nanar yang tengah mencari-cari lokasi Kelenteng Boen San Bio tiba-tiba tertumbuk pada sebuah papan nama sebuah Kelenteng. Karena rasa ingin tahu, saya pun masuk ke dalam gang yang berada di Jl. Otto Iskandar Dinata, Tangerang, Banten.
May 22, 2019

Tempat Pemancingan Kronjo Tangerang

Beberapa waktu lalu saya sempat mampir selama beberapa saat di Tempat Pemancingan Kronjo Tangerang dalam perjalanan pulang ke Jakarta selepas berkunjung ke Pulau Cangkir. Meskipun tak terlihat ada papan nama di sana, tempat pemancingan ini cukup besar dengan fasilitas yang lumayan memadai, dan bisa menjadi salah satu pilihan bagi pemancing ikan yang hendak mencoba suasana baru di daerah Kronjo.
May 22, 2019

Pantai Tanjung Pasir Tangerang

Pantai Tanjung Pasir Tangerang adalah satu dari tiga tanjung di wilayah Kota dan Kabupaten Tangerang. Satu tanjung diantaranya merupakan muara Sungai Cisadane yang hingga hari itu tampaknya belum ada akses memadai untuk menuju ke arah sana. Semoga saja sekarang sudah dibuat akses jalan yang baik.
May 21, 2019

Kelenteng Boen San Bio Tangerang

Kelenteng Boen San Bio, yang juga dikenal dengan nama Vihara Nimmala, adalah sebuah kelenteng unik megah berusia tua di Jl. Pasar Baru, Kelurahan Kranjaya, Karawaci, Tangerang. Kelenteng ini merupakan tempat ibadah Tri Dharma (sering disingkat TITD) yang dipergunakan sebagai tempat bersembahyang bagi para penganut agama Kong Hu Cu, Tao dan Buddha (Mahayana).
May 21, 2019

Kelenteng Tjo Soe Kong Tangerang

Kelenteng Tjo Soe Kong Tangerang, yang juga dikenal oleh penduduk setempat dengan sebutan Kelenteng Tanjung Kait dan Rong Jia Yi Da Bo Gong Miao, kami kunjungi setelah beberapa saat sebelumnya meninggalkan area Pantai Tanjung Kait. Kedua tempat itu jaraknya hanya sekitar 500 meter sehingga sayang jika tidak mampir. Kelenteng tua yang memiliki halaman luas itu berada sekitar 100 m dari tepi jalan utama.
May 18, 2019

Taman Buaya Tanjung Pasir Tangerang

Taman Buaya Tanjung Pasir Tangerang merupakan tempat penangkaran berskala besar yang berada di Jl Raya Tanjung Pasir. Jarak ke penangkaran ini dari Kelenteng Tjo Soe Kong yang saya kunjungi beberapa saat sebelumnya adalah 19,3 Km melewati jalan yang cukup baik. Setelah berkendara sejauh 14,3 Km dari kelenteng melewati Jl Raya Kali Baru, kami belok kiri di pertigaan Tanjung Pasir, masuk ke Jl. Raya Tanjung Pasir.
Kunjungi pula: