Authenticator App, Twitter

Cara Menggunakan Authenticator ke Akun Twitter

Mengamankan akun Twitter dengan Authenticator App, seperti Google Authenticator dan Microsoft Authenticator, menjadi pilihan sangat baik jika Anda tidak hendak memakai Twitter Blue dengan membayar satu koma sekian juta per tahun. Cara menggunakan Authenticator App ke Akun Twitter akan dijelaskan dalam tulisan ini .

Mungkin Anda baru saja mendapat notifikasi dari Twitter untuk segera menonaktifkan text message di 2 Factor Authentication (2FA) akun Twitter Anda, dan jika tidak melakukannya maka pada tanggal 20 Maret nanti akun Anda akan terkunci. Anda tidak bisa login lagi.

Untuk sebagian besar orang, 2FA Twitter dengan menggunakan Authenticator App menjadi pilihan yang lebih masuk akal oleh sebab centang biru bukan lagi simbol otoritas atau kredibilitas suatu akun, namun lebih sebagai indikator bahwa itu adalah sebuah akun berbayar.

you must remove text message two-factor authenticationPesan dari Twitter untuk "remove text message two-factor authentication"

SMS 2FA sesungguhnya bukan cara terbaik untuk mengamankan akun Twitter, karena rentan terhadap serangan SIM-swapping. Orang bisa menggunakan social engineering atau cara lain yang membuat operator seluler mengalihkan nomor ponsel Anda ke nomor ponsel mereka, yang membuat kode verifikasi dari Twitter akan terkirim ke ponsel mereka untuk login ke akun Anda.

Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa Twitter menyediakan SMS 2FA yang tidak sepenuhnya aman itu justru hanya bagi pengguna premiumnya? Ada yang menduga bahwa tindakan itu dilakukan untuk menghemat biaya yang harus dikeluarkan perusahaan ketika mereka harus mengirimkan jutaan notifikasi via SMS ke para penggunanya yang kini jumlahnya mencapai sekitar 395 juta.

Pilihan yang disediakan Twitter sebagai pengganti SMS 2FA adalah kunci keamanan fisik yang dicolok ke port USB atau menggunakan Authenticator App. Kunci keamanan fisik jelas merepotkan dan resiko hilang atau terselip juga besar selain harus mengeluarkan uang untuk membelinya. Oleh karena itu memakai Authenticator App menjadi pilihan terbaik, dan gratis pula.

Dua diantara Authenticator App terbaik adalah Google Authenticator, atau Pengesah Google jika Anda memakai bahasa Indonesia di Play Store, dan Microsoft Authenticator.

Kelebihan Microsoft Authenticator adalah ketersediaan pencadangan cloud via email yang membuat Anda bisa memindahkan aplikasi Authenticator ke ponsel baru, pun tidak perlu pusing jika ponsel Anda hilang. Kepusingan yang Anda akan alami jika menggunakan Google Authenticator.

Jika kode OTP (one-time password) untuk login ke Twitter dengan SMS 2FA biasanya Anda terima via SMS, maka kode OTP dengan Authenticator App akan Anda peroleh di aplikasinya. Kode ini berubah dalam waktu yang pendek yang memberi keamanan ekstra, namun cukup waktu buat Anda memasukkannya ke isian kode di Twitter. Anda bisa pula mengatur untuk pengisian kode otomatis di aplikasinya, meski akan memakan umur batere ponsel.

Cara Menambahkan Authenticator App ke Twitter

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan Microsoft Authenticator ke akun Twitter Anda. Jika Anda memakai Authenticator App lain maka langkahnya akan kurang lebih sama.

  1. Install Microsoft Authenticator di Play Store. Buat akun Microsoft jika belum memilikinya, atau login dengan akun Microsoft Anda. Ini juga memberi satu lapis keamanan akun.

    Untuk masuk, Anda akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang dikirim via email. Selanjutnya sejumlah penyesuaian pengaturan di Microsoft Authenticator bisa dilakukan belakangan.

  2. Buka akun Twitter di Desktop, baik di Macbook / notebook atau di Desktop PC / Mac, oleh sebab untuk menambahankan Authenticator App ke Twitter tidak bisa menggunakan aplikasi Twitter mobile.

  3. Klik tiga titik mendatar di kiri bawah layar, lalu klik Settings and Support > Settings and Privacy > Security and account access > Security > Two factor authentication.

  4. Pilih Authentication app dan masukkan password akun Twitter Anda untuk lanjut.

  5. Klik Get Started untuk ke proses berikutnya dimana Anda akan melihat munculnya kode QR di layar komputer.

  6. Buka Microsoft Authenticator di ponsel. Klik tanda + di bagian atas layar, lalu pilih Akun lainnya (Google, Facebook, dll).

  7. Arahkan scanner ponsel ke kode QR di layar komputer yang akan menautkan akun Twitter Anda ke Microsoft Authenticator.

  8. Selanjutnya kembali ke Twitter desktop, dan klik Next, lalu masukkan kode yang dibuat oleh aplikasi dengan meng-klik baris bertulis dan berlogo Twitter di Microsoft Authenticator.

  9. Di layar selanjutnya Anda akan melihat satu single-use backup code. Catat dan simpan di tempat aman karena mungkin suatu waktu Anda akan memerlukannya.

Demikian langkah-langkahp menggunakan Authenticator App ke akun Twitter, dalam hal ini menggunakan Microsoft Authenticator, untuk menggantikan SMS two-factor authentication yang dihentikan pelayanannya bagi bukan non Twitter Blue pada 20 Maret 2023.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Maret 24, 2023.