Jawa Tengah, Kuliner, Solo

Dimana Sarapan Pagi di Solo

Salah satu informasi yang paling sering dicari pewisata adalah rekomendasi dimana sarapan pagi di kota yang sedang mereka kunjungi. Rekomendasi dimana sarapan pagi di Solo ini dibuat untuk mereka yang hendak berkunjung atau sedang berada di Kota Solo.

Memang bisa dibilang rugi besar jika menginap lebih dari semalam namun sarapan pagi selalu di restoran hotel. Namun jika menginap hanya semalam di Solo, tak ada salahnya sarapan pagi di hotel, oleh karena menu sarapan khas lokal biasanya juga disediakan.

Baiknya sekali sarapan pagi di hotel dan sisanya berburu sarapan pagi khas Solo. Kalau pun tidak membawa kendaraan, sangat mudah untuk pesan ojol sepeda motor atau ojol mobil. Untuk diketahui, saat tulisan ini dibuat, layanan taksi BlueBird belum ada di Solo.

Dimana Sarapan Pagi di Solo

Menu pilihan sarapan pagi di Solo adalah gudeg khas Kota Solo yang berbeda dengan gudeg Jogja, pecel, soto, timlo.

Berikut rekomendasi tempat sarapan yang enak di Solo.


Soto Segeer Hj Fatimah

Lokasi Soto Segeer Hj Fatimah, yang sebelumnya bernama Soto Seger mBok Giyem, berada di Jl. Bhayangkara No.72a, Tipes, Solo.

Nama mBok Giyem, ibu kandung Hj Fatimah, mulai dipakai ketika Fatimah berjualan soto kaki lima yang didirikannya pada 1998. Penggantian nama terjadi pada tahun 2015. Dulu, ketika makan pertama kali di tempat ini namanya masih Soto Seger mBok Giyem.

Jam bukanya pukul 06.00-21.00, dengan menu utama soto ayam dan soto daging berkuah bening, serta makanan pendamping seperti tempe goreng khas Solo yang biji kedelainya timbul, juga tempe mendoan, sate paru, sate kikil, sate telur puyuh dan beberapa jenis sate lainnya, tahu goreng, sosis solo, dan banyak lagi.

Porsinya cukup memadai untuk sarapan, apalagi jika ditimpali makanan tambahan. Namun untuk makan siang mungkin perlu tambah setidaknya setengah porsi lagi. Wajib dicoba. Lihat video Soto Segeer Hj Fatimah.


Soto Gading 1

Soto ayam langganan Pak Jokowi ini buka mulai pukul 6 pagi, dan biasanya sangat ramai sekitar pukul 7, apalagi ketika akhir pekan. Alamat warung makannya berada di Jalan Brigjen Sudiarta No 75, Solo.

Kuah sotonya juga bening, tanpa rasa MSG namun gurih alami dari kaldu ayamnya. Sate-satean juga ada di sini seperti sate kikil, sate daging dan sate empal, juga ada tempe goreng, tahu isi, ati ampela, perkedel dll. Teh panasnya mantap diseruput sehabis makan soto.


Soto Gading 2

Silahkan datang ke Jl. Veteran No.285, untuk sarapan di salah satu tempat makan favorit Kota Solo ini. Menu makanannya kurang lebih sama dengan Soto Gading 1, yaitu soto bening ayam atau daging khas Solo dengan pelengkap sate-satean, gorengan, dan makanan pendamping lainnya.

Namun ada yang berpendapat bahwa menu dan lauk di Soto Gading 2 ini lebih variatif, dan jika hendak datang lagi, kami pun akan lebih memilih untuk datang ke Soto Gading 2 ini ketimbang ke yang 1. Hanya saja jika sedang ramai akan sedikit repot untuk mendapatkan tempat parkir kendaraan.


Soto Triwindu

Soto legendaris Kota Solo ini sudah berjualan sejak tahun 1970-an. Lokasinya masuk ke dalam gang di area Pasar Triwindu, Jl. Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari. Jam bukanya pukul 05.30 - 15.30

Selain harganya ramah, pelayanan cepat, praktis karena nasi dicampur ke sotonya, rasanya pun segar dengan daging yang banyak. Jika suka, tambahkan lidah, paru, babad, dan atau kikil. Jangan lupa jajal karaknya. Untuk minumannya boleh dicoba Es Beras Kencur dan Es Asem Jawa.


Bubur Ayam Sekawan

Lokasinya berada di sisi Barat Daya komples Stasion Manahan, Solo, tepatnya di Jl. Gremet, Manahan, Kecamatan Banjarsari. Anda bisa sarapan pagi di tempat ini mulai buka pukul 6 pagi, atau dibungkus yang melayani hingga tutup sekitar pukul 1 siang.

Selain bubur gurih ditimpali suwiran ayam, cakue, kacang tolo goreng, krupuk merah dadu, dan disiram kuah kuning, ada pula pilihan menu bubur ketan hitam dan bubur kacang hijau. Yang suka camilan bisa pilih sate-satean seperti sate telur puyuh, usus, dan hati, sosis, kroket, tahu isi, dan rambak. Jika senang berbagi, siapkan uang buat pengamen.


Tahu Kupat Sido Mampir

Warung makannya berada di Jl. Gajahmada No.95, Punggawan, Kecamatan Banjarsari, Solo, dengan jam buka pukul 06.00 - 18.00. Tempatnya bersih dengan pelayanan yang cukup satset.

Tahunya digoreng setengah matang sehingga teksturnya berasa lembut di dalam mulut. Yang suka pedas bisa minta ke masnya agar rasanya camkoha, mantap! Rasa tahu kupatnya sendiri asin asam manis, hanya saja manisnya buat beberapa orang agak terlalu kuat.


Timlo Sastro

Makanan khas Solo yang satu ini wajib dicoba. Bukan hanya karena merupakan salah satu langganan Pak Jokowi, namun menu sarapan ini memang lezat segar dan Timlo Sastro di Jl. Abdul Muis No.32A, Kepatihan Kulon, Kecamatan Jebres ini buka sejak jam 6.30 hingga tutup pukul 22.00.

Timlo dibuat dari soun dengan suwir ayam, sosis, ampela ati, wortel, telur, kecap dan disiram kuah bening. Bisa ditemani sepiring nasi hangat bertabur bawang goreng bisa pula tanpa nasi jika tak mau kekenyangan. Rasakan juga es beras kencurnya.


Roda Dim Sum

Bukan makanan khas Solo, namun boleh dicoba sebagai menu sarapan alternatif jika sudah pernah mencoba menu sarapan lainnya. Lokasinya berada di Jl. Menteri Supeno No.2, Manahan, Kecamatan Banjarsari, di depan patung Kuda Kereta Kencana Manahan, dengan jam buka pukul 5.30 - 23.00.

Meski rasa dimsumnya umumnya enak dan 100% halal, namun buat sementara orang harga makanan dan minuman di sini tidak murah. Diantara pilihan yang disediakan ada angsio kaki ayam saus tiram, bakso kulit tahu daging sapi, cumi-cumi spesial, hakau udang, iga sapi, khaicha, khaifun, lumpia basah, siomay jamur, udang paprika, udang spesial Roda, yang bisa disantap dengan bubur.


Demikian pilihan sarapan di Solo yang perlu dan wajib dicoba, daripada setiap hari sarapan di hotel dengan menu standar saja.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juli 25, 2023.