Leo Kristi, Musik

Album Lengkap Konser Rakyat Leo Kristi di YouTube

Setelah Radio LKers berhenti streaming oleh karena satu dan lain sebab, terbersit untuk membuat album lengkap Konser Rakyat Leo Kristi di YouTube, yang kemudian berhasil diterbitkan sekitar 3 bulan dari terbitnya tulisan ini.

Oleh karena jumlah keseluruhan lagu Leo Kristi yang melebihi seratusan, maka saya tidak menggunakan video sebagai latar lagu agar jumlah byte yang diunggah masih di bawah batas atas yang diperbolehkan YouTube.

Sebagai gantinya saya memasang sosok Leo Kristi dengan gaya tubuh dan ekspresi khasnya, yang saya ambil fotonya ketika ia sedang konser di Lavende, Tebet, pada Desember 2008. Di latarnya terlihat sosok muda Leo dengan gitar di bahu kirinya.

Album Lengkap Konser Rakyat Leo Kristi di YouTube

Saya merasa beruntung karena munculnya inspirasi untuk memasang visualisasi equalizer musik, dan berhasil menemukan cara menambahkannya ke dalam lini masa serta mengaturnya agar terlihat lebih artistik. Visualiasi equalizer musik album lengkap Konser Rakyat Leo Kristi itu membuat layar YouTube menjadi lebih hidup.

Pekerjaan selanjutnya adalah mencatat data jam, menit, hingga ke detik untuk setiap awal lagu dan menuliskan judul lagunya, agar penonton bisa memilih sendiri lagu yang hendak didengarnya. Berbeda dengan LKers Radio, pada Album Lengkap Konser Rakyat Leo Kristi di YouTube ini penonton bisa segera mendengar lagu yang dipilihnya.

Berikutnya adalah memasukkan lirik ke masing-masing lagu. Pekerjaan ini tidak sulit, hanya membutuhkan kesabaran tebal karena sangat memakan waktu. Tantangan lainnya adalah menuliskan lirik lagu yang sebelumnya belum ada datanya, karena apa yang didengar kadang tak begitu jelas, tersaru suara musik.

Setelah selesai menambahkan seluruh lirik lagu dan judul lagunya di subtitle, maka penonton pun akhirnya bisa ikut bernyanyi bersama KRLK dengan mengaktifkan CC (subtitle) saat menonton videonya. Tak perlu repot membuka buku contekan lirik lagu.

Demikian sekelumit kisah tentang dibuatnya Album Lengkap Konser Rakyat Leo Kristi di YouTube. Semoga saja bisa menggantikan keberadaan LKers Radio yang belum tahu kapan akan streaming lagi. Saran saja untuk pindah menonton di YouTube, bukan di halaman ini, agar lebih nyaman.

Jika menonton dari ponsel, coba proyeksikan ke TV Android di ruang keluarga atau ruang depan. Dengan cara ini maka Anda bisa nge-Leo bareng bersama teman-teman sambil ngopi-ngopi.

Selamat menikmati musik Konser Rakyat Leo Kristi!


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juli 27, 2023.