Al Quran

Surah Al-Fatihah

Surah Al-Fatihah tergolong surah Makkiyah oleh sebab diturunkan di Mekkah, yaitu pada era sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Kota Madinah. Meski bukan yang pertama turun, namun surah Al-Fatihah berada di urutan pertama di dalam Kitab Al-Quran.

Al-Fatihah sendiri artinya adalah 'pembukaan', karena menjadi pembuka kitab Al-Quran. Surah ini juga disebut sebagai Ummul Qur'an atau Ummul Kitab, dimana 'ummul' berarti induk oleh karena Al-Fatihah merupakan induk ajaran Islam.

Dalam setiap melaksanakan salat wajib maupun salat sunnah, orang Islam selalu membaca Surah Al-Fatihah sebagai salah satu bacaan wajib, sehingga disebut pula sebagai as Sab'ul matsaany (tujuh yang berulang) karena ayatnya berjumlah tujuh dan dibaca berulangkali ketika salat.

Diantara para ulama ada perbedaan pendapat tentang apakah bismillah merupakan ayat pertama Surah al-Fatihah atau merupakan ayat yang tidak bernomor.

Pendapat Mazhab Syafi'i adalah salat tidak sah jika basmalah tidak dibaca, sedangkan Mazhab Maliki berpendapat basmalah tidak diucapkan Allah dalam surah Al-Fatihah dan karenanya hukumnya makruh (tidak berdosa dan tidak berpahala).

Adapun pendapat Mazhab Hanafi dan Hanbali adalah mereka sepakat bahwa basmalah tidak pernah diucapkan Allah dalam surah Al-Fatihah, namun mengambil jalan tengah yaitu mengucap basmalah dengan suara pelan.

Surah Al-Fatihah

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ١
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ ٢ Segala puji bagi Allah, Tuhan1) semesta alam
1) Allah Swt disebut rabb (Tuhan) seluruh alam karena Dia-lah yang telah menciptakan, memelihara, mendidik, mengatur, mengurus, memberi rezeki, dan sebagainya kepada semua makhluk-Nya.

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ ٣
Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ ٤
Pemilik hari Pembalasan.2)
2) Yaumid-dīn (hari Pembalasan) adalah hari ketika kelak manusia menerima balasan atas amal-amalnya yang baik dan yang buruk. Hari itu disebut juga yaumul-qiyāmah (hari Kiamat), yaumul-ḥisāb (hari Penghitungan), dan sebagainya.

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ ٥
Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan.

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ ٦
Bimbinglah kami ke jalan yang lurus,3)
3) Jalan yang lurus adalah jalan hidup yang benar dan sesuai dengan ajaran Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an dan hadis.

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ࣖ ٧
(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) orang-orang yang sesat.


, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Januari 10, 2023.