Masjid di Jakarta

Ada banyak sekali Masjid di Jakarta yang bisa dikunjungi, dari mulai masjid tua sederhana namun sarat dengan sejarah sampai masjid besar dengan arsitektur modern yang tersebar di banyak tempat di ibukota. Selain untuk beribadah, di kompleks masjid besar sering terdapat tempat untuk resepsi.

Secara umum masjid adalah tempat terbuka untuk semua orang, namun masing-masing pengurus masjid bisa memiliki aturan yang berbeda, misalnya tidak memperbolehkan non-muslim untuk masuk ke dalam masjid. Namun banyak pula yang aturannya longgar, sepanjang tidak mengganggu mereka yang tengah beribadah dan tidak sedang haid.

Tulisan Masjid di Jakarta dan peta wisata Masjid di Jakarta ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Lihat pula Peta Wisata Jakarta Pusat.

masjid di jakartaMasjid Istiqlal Merupakan bangunan masjid terbesar di Indonesia, lokasinya di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Masjid di Jakarta Selengkapnya

Langgar Tinggi Pekojan, berjarak hanya sekitar 160 meter dari Masjid Jami AnNawier, arah ke Timur, memunggungi Kali Angke.

Masjid Agung Al-Azhar berada di sisi Timur Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, di wilayah Jakarta Selatan, sekitar 700 meter dari Bundaran Patung Pemuda Membangun Senayan.

Masjid Agung Sunda Kelapa sering disingkat MASK, berada di Menteng, Jakarta Pusat, berada beberapa puluh meter di sebelah Selatan Taman Suropati melewati Jalan Subang.

Masjid Al Alam Cilincing ada di kawasan Cilincing Lama RT 005/RW 05, Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Konon dibangun atas prakarsa Fatahillah ketika menyerang Bangsa Portugis di Sunda Kelapa pada 1527.

Masjid Al Alam Marunda berada di dekat pantai di Jl. Kampung Marunda Besar, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, merupakan salah satu masjid tertua di Jakarta.

Masjid Al Anshor disebut sebagai masjid tertua di seluruh Kota Jakarta, terjepit di sebuah gang kecil bernama Jl. Pengukiran II atau Gang Koja, tak jauh dari Jl. Pejagalan Raya, Jakarta Barat.

Masjid Al Atiq ada di Jalan Masjid I RT 003 RW 01, Kampung Melayu Besar, Jakarta Selatan, 50 meter dari pinggiran Kali Ciliwung.

Masjid Al Barkah
Di tusuk sate pertigaan Jalan Kemang Utara dan Jalan Kemang Timur, Jakarta Selatan, dengan atap limasan tumpang, didirikan pada 1818 oleh Guru Sinin asal Banten yang meninggal pada 1920.

Masjid Al Islam Petamburan
Jl. KS Tubun 61, Jakarta Barat, berseberangan dengan sisi Utara RS Pelni Petamburan, didirikan pada 1770 M oleh Sultan Burhanuddin Syeikh Al-Masri.

Masjid Al Makmur Raden Saleh
Jl Raden Saleh Nomor 30, di daerah Cikini, Jakarta Pusat, ada keterkaitan riwayat masjid ini dengan sosok Raden Saleh.

Masjid Al Makmur Tanah Abang
Jalan K.H. Mas Mansyur No.6, di wilayah Tanah Abang, Jakarta Pusat, dibangun pada 1915 oleh Sayid Abu Bakar bin Mohammad bin Abdurachman al Habsi.

Masjid Al Mansyur Sawah Lio
Didirikan pada 1717 M oleh Abdul Malik, putera Pangeran Cakrajaya dari Mataram

Masjid Angke
Di tengah permukiman padat Kota Jakarta, nama resminya Masjid Al-Anwar, lokasinya berada di Gg. Masjid No. 1, di selatan Jl Pangeran Tubagus, Kampung Rawa Bebek.

Masjid Annawier Pekojan
Sering disebut sebagai Masjid Pekojan, adalah salah satu masjid tertua di Jakarta.

Masjid Assalafiyah
Didirikan Pangeran Jayakarta (Akhmad Jaketra) pada 1620, setahun setelah ia dan pengikutnya menyingkir dari Pasar Ikan ke wilayah Jatinegara Kaum ini

Masjid At Taibin
Jalan Senen Raya 4 / Jalan Kalilio, terjepit diantara Menara Era dan Allson Residence di Segitiga Senen, Jakarta Pusat, dibangun oleh sekumpulan pedagang muslim Pasar Senen pada tahun 1815.

Masjid At Tin
Jl. Raya Taman Mini, di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Masjid Cut Meutia
Berada di Jl. Cut Meutia No.1, Menteng, Jakarta Pusat, dengan menggunakan bangunan tua peninggalan jaman Belanda.

Masjid Hidayatullah
Letaknya berada di sebelah Sampoerna Strategic Square, di Jl. Karet Depan, RT 07/04, Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Masjid Kampung Bandan
Disebut juga Masjid Al-Mukarromah, berada di sisi Utara Jalan Lodan Raya, Kampung Bandan, di wilayah Jakarta Utara, beberapa puluh meter dari Pabrik Soho.

Masjid Kampung Baru
Dikenal juga sebagai Masjid Bandengan, karena letaknya yang berada di Jl Bandengan Selatan No. 34, Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Masjid Kebon Jeruk
Berusia lebih dari dua abad yang menjadi pusat dakwah, berada di Jalan Hayam Wuruk No. 85, Kelurahan Maphar, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat.

Masjid Lau Tze
Jl. Lautze No. 87-89, Pasar Baru, dengan arsitektur bergaya oriental

Masjid Luar Batang
Didirikan oleh mujahid dari Hadhramaut, berada di Jln. Luar Batang V No. 1 Kelurahan Ancol, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Masjid Pangeran Diponegoro Di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, dan menjadi tempat ibadah untuk umum di kawasan wisata yang sangat luas dan lengkap ini.

Masjid Tambora Dibangun pada tahun 1761 (1181 H), hanya selang setahun setelah berdirinya Masjid Jami AnNawier Pekojan yang merupakan masjid tertua ke-enam di Jakarta.

Hotel di Jakarta Pusat, Hotel Melati di Jakarta Pusat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Pusat.
Label : . Updated : July 16, 2018.
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Youtube.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!