Masjid Kampung Baru Jakarta Barat

Masjid Kampung Baru Jakarta Barat dikenal juga dengan nama Masjid Bandengan, karena letaknya yang berada di Jl Bandengan Selatan No. 34, Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Nama resmi masjid ini adalah Masjid Jami Kampung Baru Inpak.

Masjid yang dikelola oleh Yayasan Masjid Jami Kampung Baru Inpak ini dibangun antara tahun 1748 –1817 oleh orang-orang Moor, imigran Islam yang berasal dari Timur Tengah dan Afrika.

Masjid Kampung Baru ini dibuat dengan arsitektur bergaya tradisional Jawa, yaitu dasar masjid berbentuk persegi dengan empat buah soko guru, beratap tumpang limasan.

Bangunan beratap tumpang limasan memiliki atap yang bersusun, dengan atap di atasnya berukuran lebih kecil dan atap paling atas bentuknya limasan. Jumlah tumpang sangat bervariasi, namun jumlahnya biasanya ganjil.

Oleh orang Belanda, Masjid Kampung Baru ini disebut sebagai Moorsche Tempel, karena dibangun oleh orang-orang Moor, dan merupakan merupakan masjid kedua yang mereka bangun di daerah Pekojan ini.

Pembantaian orang-orang Tionghoa di Batavia oleh Belanda pada 1740 membuat perdagangan orang-orang Moor berkembang pesat, dan jumlah mereka pun dengan cepat beranak pinak, itulah sebabnya mengapa mereka membangun masjid ini karena masjid pertama yang mereka bangun di Jl Pengukiran sudah dirasakan sempit.

Masjid Kampung Baru Jakarta Barat

Alamat : Jl Bandengan Selatan no. 34, Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Lokasi GPS : -6.136565,106.802729, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Jakarta Barat, Tempat Wisata di Jakarta Barat, Hotel Melati di Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta.

Author : . Updated :
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Subscribe aroengbinang's Youtube Channel.

.

Versi Mobile | Kembali ke atas