Gedung BBD / Bank Mandiri Jakarta

Bambang Aroengbinang. November 01, 2017
Gedung BBD / Bank Mandiri Jakarta yang lokasinya berada di Jl. Tiang Bendera V No. 5-7 dan 13-15 ini dibangun pada tahun 1890-an oleh N.V.H van Gimborn dengan gaya bangunan yang merupakan prototipe bangunan gudang dari abad ke-17.

N.V.H van Gimborn yang berdiri pada 1855 merupakan perusahaan pembuat tinta tertua di Belanda. Sejak tahun 1934 perusahaan ini membuka cabang di Batavia, Kota Jakarta sekarang ini.

Bentuk bangunan ini meniru bangunan yang ada di Belanda, dengan model atap pelana pada bagian depan gedung.

Meskipun sudah cukup sering saya berkunjung ke wilayah dimana gedung ini berada, namun hingga saat ini belum juga sempat berkunjung untuk melihat secara langsung bangunannya.

Boleh jadi pernah melewatinya juga, hanya saja tak begitu memperhatikan. Wisata gedung tua memang masih belum begitu diperhatikan di kota ini.

Gedung BBD / Bank Mandiri

Alamat : Jl. Tiang Bendera V No. 5-7 dan 13-15, Kel. Malaka Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.
Rujukan : Hotel di Jakarta Barat, Tempat Wisata di Jakarta Barat, Hotel Melati di Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta.
Label : .
Lahir dan sejak kelas 2 SD hingga lulus SMA tinggal di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah; pernah tinggal di rumah Camat Purwonegoro, rumah Camat Klampok, dan rumah Wedana Jatinom, Klaten; S1 di ITB Bandung dan S2 di IPMI Jakarta; sejak 1985 hingga sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman (jalannya musim2an, seringnya nggak). Senang mengunjungi kubur dan tempat bersejarah dan menikmati panorama elok.