4 Tempat Wisata di Belitung Yang Menarik

Tulisan ini adalah catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Belitung. Belitung masuk dalam wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan pulau utama Bangka, Belitung, serta pulau-pulau kecil seperti Lepar, Pongok, Mendanau dan Selat Nasik. Jumlah pulau yang telah bernama ada 470 buah, dengan 50 diantaranya yang berpenghuni.

Ada banyak pilihan hotel dan penginapan di Kota Tanjungpandan, mulai dari kelas Melati sampai hotel berbintang, dari yang di pinggiran pantai sampai yang di tengah kota. Daftar selengkapnya bisa dibaca di tulisan Hotel di Belitung.

Jika memiliki waktu cukup panjang, dan ingin mengeksplor juga Tempat Wisata di Belitung Timur, maka bisa pula mempertimbangkan untuk tinggal semalam atau dua di salah satu Hotel di Belitung Timur.

tempat wisata di belitung
Danau Kaolin
, Tempat Wisata di Belitung yang berada di Desa Perawas, Tanjungpandan, Belitung, dengan area luas, airnya jernih biru tosca, kontras dengan warna kaolin yang putih bersih.

Jernihnya air Danau Kaolin Belitung mungkin disebabkan sifat Kaolin serta proses produksinya karena hanya menggunakan air bersih untuk menambangnya, tanpa bahan kimia atau bahan lainnya.

tempat wisata di belitung
Mie Belitung Atep
, Tempat Wisata di Belitung untuk kuliner yang diakui sebagai pelopor Mie Belitung di Kota Tanjung Pandan, dan karenanya menjadi tempat paling ramai dikunjungi pejalan dari luar kota.

Selain mie kuning, Mie Belitung Atep berisikan irisan kentang, potongan tahu goreng, irisan timun segar, bakwan udang yang dipotong seperti dadu, udang rebus, emping mlinjo kecil, dan kuah kaldu kental.

tempat wisata di belitung
Museum Tanjungpandan
» Tempat Wisata di Belitung yang wajib dikunjungi, dibangun 1963 atas prakarsa DR. Osberger, ahli Geologi Belgia.

Semula museum ini bernama Museum Geologi, didirikan atas perintah Menteri Perindustrian Dasar dan Pertambangan RI Dr. Chaerul Saleh kepada perusahaan penambangan Timah di Belitung, Bangka dan Singkep untuk masing-masing mendirikan sebuah museum.

tempat wisata di belitung
Tugu Batu Satam
, Tempat Wisata di Belitung yang berada di tengah bundaran cukup besar di tengah Kota Tanjung Pandan, Belitung, lokasi yang cukup strategis untuk mempromosikan Batu Satam.

Batu Satam adalah pecahan meteor yang menubruk Bumi sekitar 780.000 tahun lalu. Dikenal di dunia sebagai tektites (Yunani tektos, leleh) dengan ukuran sebesar kerikil berujud gelas mengkilap alami.

Tempat Wisata di Belitung

Belitung ternyata bukan hanya pantai berbatu granit besar yang indah, mercu suar, atau wisata yang terkait dengan Laskar Pelangi. Belitung ternyata jauh lebih kaya dari itu, hanya saja masih banyak hal yang perlu diperbaiki, terutama terkait wisata sejarah yang selayaknya berada di baris depan Wisata Belitung.

Air Terjun Gurok Beraye » Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau, Belitung, di kawasan hutan lindung Gunung Tajam.

Batu Baginde » Kecamatan Membalong, sekitar 70 Km dari Tanjungpandan, batuan dengan tinggi ratusan meter, dikaitkan dengan legenda asal mula Pulau Belitung.

Batu Mentas » Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat, sekitar 25 menit dari Kota Tanjung Pandan

Gunung Tajam » Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kec Badau, Belitung, 32 km dari Tj Pandan, dengan obyek hutan lindung seluas 30 ha, makam Syech Abdullah Abu Bakar, Air Terjun Gurok Beraye.

Eks-Rumah Tuan Kuase, dekat dengan kawasan wisata Pantai Tanjung Pendam. Ujung halamannya berjarak hanya sekitar 150 m dari bibir pantai.

Kampung Nelayan Bugis Tanjung Binga »
Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Belitung, yang merupakan perkampungan nelayan suku Bugis.

Kampung Bali Giri Jati »
Kecamatan Sijuk yang merupakan desa transmigrasi orang Bali di Belitung, dihuni sekitar 600 KK orang Bali.

Kelenteng Hok Tek Che » Jalan Kelenteng, Tanjungpandan, dekat Pasar Tanjungpandan, sebuah kelenteng berumur tua.

Kelenteng Sijuk » Kelenteng tua di Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk, Belitung, berjarak 350 m dari Masjid Sijuk.

Masjid Al Ihram »
Jalan Melati, Tanjungpandan, hanya sekitar 150 m dari pinggir Pantai Tanjungpendam, dibangun oleh PT Timah saat tambang Timah masih berjaya.

Masjid Sijuk »
Masjid Sijuk atau Al Ikhlas Sijuk Belitung memiliki nilai sejarah dan menjadi cagar budaya, karena merupakan masjid tertua di Belitung yang masih berdiri

Museum Badau »
Desa Badau, Kecamatan Badau, Belitung, 20 km dari kota Tanjung Pandan, simpang empat kota Kec Badau.

Pantai Batu Lubang »
Kecamatan Membalong, 75 Km dari Tanjungpandan, dengan batuan granit, pasir putih, dan air laut jernih tenang, ada warung hidangan laut.

Pantai Bukit Berahu Belitung »
Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Belitung, yang berjarak 18 Km dari Kota Tj Pandan, di atas bukit.

Pantai Mabai Belitung »
Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, dengan obyek pantai landai berpasir putih halus, dan restoran seafood.

Pantai Penyaeran »
Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk sekitar 34 Km dari Kota Tanjungpandan, berpasir putih dengan garis pantai landai, bebatuan, dan perahu nelayan.

Pantai Tanjung Binga Belitung »
Desa Keciput, 18 km dari Tj Pandan; ada obyek dua dermaga kayu 100 m, tempat pendaratan ikan. Dermaga barat digunakan untuk obyek pemotretan sunrise, sunset.

Pantai Tanjung Kelayang Belitung »
Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Belitung, 27 Km dari Tanjung Pandan, dengan pasir putih, dan batu granit besar berbentuk Burung Kelayang.

Pantai Tanjung Kiras »
Desa Padang Kandis, Membalong, sekitar 70 km dari kota Tanjung Pandan, dengan obyek panorama bukit, pantai berbatu, pulau-pulau kecil yang terlihat jelas dari tepi pantai.

Pantai Tanjung Pendam »
Desa Tanjung Pendam, Tanjung Pandan, Belitung, di pusat Kota Tanjung Pandan, dengan obyek matahari tenggelam.

Pantai Tanjung Tinggi »
Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Belitung, yang berbentuk teluk kecil sepanjang 100 m, berpasir putih dengan serakan batu granit.

Pantai Teluk Gembira »
Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, 65 Km dari Tanjungpandan, berhadapan dengan Pulau Seliu dan ada dermaga penyeberangan ke pulau itu.

Pelabuhan Tanjungpandan »
Jl.Pelabuhan No. 1, Tanjungpandan, di muara Sungai Cerucuk.

Pulau Batu Berlayar »
Hanya ada pasir, batu granit yang menjulang seperti layar kapal. Di sekitarnya juga terdapat terumbu karang.

Pulau Burung »
Kecamatan Sijuk, dekat Pantai Tanjung Kelayang. Ada bongkahan batuan yang menyerupai paruh burung, obyek indah untuk dipotret saat matahari turun.

Pulau Lengkuas »
Kecamatan Sijuk, 30 menit dari Pantai Tanjung Kelayang dengan perahu motor. Pengunjung bisa naik ke obyek mercu suar setinggi 50 m, dengan 299 anak tangga.

Pulau Pasir Belitung »
dimana pengunjung bisa melihat bintang laut besar berwarna merah, pulau ini muncul saat air luat surut, dikelilingi Pulau Kelayang, Pegadoran, Batu Berlayar, Babi.

RM Bunda Mui Hyiong, menyediakan masakan khas Belitung yang dikenal dengan nama Gangan.

Rumah Adat Belitung »
Sekitar 100 m dari Kantor Bupati Belitung, berupa rumah panggung khas Belitung terbuat dari kayu, dengan ornamen ukir Melayu.

Situs Kota Tanah Cerucuk »
Desa Cerucuk, Kecamatan Badau, Belitung, yang merupakan kubur Raja Balok KA Hatam (Depati Tjakraninggrat VII) dan KA Mohammad Saleh

Tirta Merundang »
Desa Air Seru, Kecamatan Sijuk, yang merupakan pemandian alam yang memiliki tiga kolam besar dengan kedalaman 1,5 meter, dikelilingi pepohonan asli Belitung.

Toapekong Kapten Cina »
Kompleks Hotel Billiton, Jl. Depati Gegedek No. 50, Tanjung Pandan, Belitung, peninggalan Kapten Cina pertama di Belitung.

Warung Kopi Ake »
Warung Kopi Ake Tanjung Pandan, Belitung, berada di dalam gang di area Kafe Senang. Selain kopi pengunjung bisa memesan teh tarik dan telur setengah matang.

Silahkan berbagi jika memiliki informasi tentang Tempat Wisata di Belitung
Label : . Updated : February 09, 2018.
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Follow : Twitter, Facebook, Subscribe, Youtube.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!