4 Tempat Wisata di Demak Yang Menarik

Di bawah ini adalah catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Demak. Peta Wisata Demak dari Google dengan penanda oleh The Aroengbinang Project, berisi lokasi tempat wisata, tempat menarik, obyek wisata, dan tempat lainnya di Demak akan ditambahkan kemudian.

Tempat Wisata di Demak dan Peta Wisata Demak akan diperbarui ketika informasi baru tersedia, dan posisi koordinat GPS diperoleh. Demak sangat terkenal dengan masjid peninggalan wali yang menjadi ikon bersejarah bagi kota yang pernah menjadi pusat kerajaan Islam yang disegani ini.

Demak terkenal sejak lama karena di sana pernah berdiri sebuah kesultanan yang berdiri di akhir masa Kerajaan Majapahit, meski tak berumur lama dan digantikan oleh Kesultanan Pajang. Sayangnya bekas keraton Demak tak diketahui dimana berada, meski biasanya tak jauh lokasinya dari masjid agung.

tempat wisata di demak
Makam Raja-Raja Demak
, Tempat wisata di Demak untuk ziarah yang berada di sebelah utara Masjid Agung Demak di Desa Kauman, Demak. Ada makam Raden Patah, Pangeran Trenggono, Arya Penangsang dan Syekh Maulana Maghribi.

Untuk menuju makam kami berjalan arah ke utara dari serambi masjid, melewati situs kolam wudlu yang ada di sisi kanan halaman. Di ujung halaman itu ada serambi dengan lorong penghubung.

tempat wisata di demak
Makam Sunan Kalijaga Kadilangu
, Tempat Wisata di Demak di Jl. R. Sahid, Kadilangu, Demak, sekitar 1,5 km sebelah timur Kota Demak.

Lorong beratap rapi yang menuju ke makam berada persis di samping masjid. Lorong ini kemudian bertemu dengan lorong dari selatan yang panjangnya 160 meter dan kiri-kanannya dipenuhi kios pedagang.

tempat wisata di demak
Masjid Agung Demak
, tempat wisata Demak yang ada di Desa Kauman, yang merupakan masjid tertua di Pulau Jawa dengan bentuk atap limasan. Masjid Agung Demak dibangun oleh Wali Songo pada tahun 1466.

Prasasti pada dinding dalam mihrab bergambar bulus berbunyi "Sariro Sunyi Kiblating Gusti", dibaca sebagai 1401 Saka (1479 M), yaitu tahun ketika Raden Patah naik tahta menjadi Sultan Demak.

tempat wisata di demak
Museum Masjid Agung Demak
, tempat wisata di Demak berada di sisi sebelah kanan Masjid Agung Demak dalam gedung yang terpisah, menyimpan peninggalan lama masjid, termasuk tiang-tiang sokoguru asli.

Ada koleksi Kayu Tiang Tatal buatan Sunan Kalijaga, Kap Lampu peninggalan Paku Buwono ke I tahun 1710 M, dan sejumlah gentong dari jaman Dinasti Ming hadiah Putri Campa abad XIV.

Tempat Wisata di Demak

Brown Canyon »
Berada di Desa Pucang Gading, Mranggen, Demak, yang berbatasan dengan Desa Rowosari, Tembalang, Semarang, berjarak 2 km dari TVRI Jawa Tengah.

Kelenteng Hok Tek Bio »
Kelenteng Tri Dharma yang lokasinya berada di Jl. Siwalan No.3, Demak, dengan Kong Co atau tuan rumah utama Thian Sang Seng Bo.

Kelenteng Poo An Bio
Berada di sekitaran alun-alun, tepatnya di sisi sebelah timur. Nama lokal kelenteng ini adalah Vihara Budhi Luhur.

Masjid Sunan Kalijaga Kadilangu »
Berada di salah satu pintu masuk menuju ke Makam Sunan Kalijaga. Kendaraan pribadi bisa parkir di halaman masjid, dengan jarak lebih dekat ke makam.

Pantai Morodemak »
Berada di Kecamatan Bonang, berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Demak.

Pantai Surodadi »
Kawasan pantai yang ada di daerah Surodadi

Stasiun Demak »
Stasiun lama Kota Demak di Bintoro yang sudah tak lagi digunakan, namun kabarnya akan diaktifkan kembali.

Taman Mangrove Morosari
Jalan masuk terdekat jika dari Demak adalah belok ke kiri di Alfamart setelah Jembatan Morosari, lewat jalan kecil lalu belok kiri menyeberang di bawah jalan besar.

Warung Pesisir Wisata Bahari
Berada di ujung area Pantai Morosari yang belakangan dikenal sebagai Wisata Bahari Morosari, dengan dermaga perahu untuk menikmati wisata mangrove dari jalur laut.

Wisata Bahari Morosari
Muara Sungai Sayung, Desa Bedono, Sayung, 3,5 km dari jalan raya Semarang - Demak, dengan hutan mangrove habitat ratusan bangau, ada jet ski, perahu naga, sepeda air, dll.