Tempat Wisata di Padang

Bambang Aroengbinang. September 12, 2017
Tulisan ini merupakan catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Padang, sedangkan Peta Wisata Padang dibuat secara terpisah. Hari jadi Kota Padang adalah 7 Agustus 1669, hari dimana terjadi penyerbuan heroik para pejuang ke Loji Belanda di Muara Padang.

Sebelum abad ke-17, Padang dihuni oleh nelayan, petani garam, dan para pedagang. Suku Aceh adalah yang pertama datang ke daerah ini setelah Malaka direbut Portugis pada akhir abad ke-16. Sejak itu pantai-pantai Sumatera Barat menjadi pelabuhan penting karena posisinya dekat dengan pusat penghasil lada, cengkeh, buah pala, dan emas.

Untuk menambahkan informasi baru tentang tempat wisata di Padang, atau memperbarui informasi yang telah ada, silahkan menggunakan formulir yang ada di sini.

tempat wisata di padang
Pantai Padang
, tempat wisata di Padang bagi penggemar aroma laut yang berada di pinggir kota, dengan panorama matahari senja indah, warung, penjual telur penyu, dan cafe.

Arak-arakan awan di langit sering menjadi penguat suasana alam menjelang tenggelamnya matahari di bawah garis pandang. Buih ombak berkejaran di tepian Pantai Padang, yang debur suaranya menjadi musik latar yang indah bagi para pengunjung.

tempat wisata di padang
Gedung Bank Indonesia
tempat wisata di Padang untuk heritage yang berada di tepi Jembatan Siti Nurbaya, dengan gaya bangunan kolonial yang telah direnovasi ke bentuk aslinya.


Batik Tanah Liek Padang
, Tempat Wisata di Padang untuk belanja yang berada di Jalan Sawahan Dalam 33 berupa kerajinan batik Padang dengan pewarna tanah liat unik.

tempat wisata di padang
Jembatan Siti Nurbaya
, berupa jembatan membentang 60 m atas Batang Arau, menghubungkan Tempat Wisata di Padang di wilayah Kota Tua Padang dengan Gunung Padang.

Tempat Wisata di Padang

Air Terjun Sarasah Banyak Gariang, berada di Ulu Gadut, Desa Koto Baru, Limau Manis Selatan, Kec Pauh, di kaki Bukit Sarasah, dengan ketinggian 60 m. Jaraknya 2 km dari LIK Gadut, dan medannya tidak begitu sulit.

Air Terjun Sikayan Balumuik, ada di Bukit Sarasah, Desa Koto Baru, Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kec Pauh, di punggung Bukit Barisan, 17 Km arah ke timur dari Kota Padang, dengan ketinggian 90 m.

Air Terjun Tiga Tingkat, berada di Desa Koto Lubuak Hitam, Cindakia, di kaki Bukit Barisan, di kawasan Bungus Teluk Kabung, sekitar 25 Km di Selatan Kota Padang.

Batu Malin Kundang Pantai Air Manis Padang, ada di ujung kiri Pantai Air Manis, di tengah susunan batu menyerupai kapal.

Bunker Jepang Gunung, peninggalan perang di kaki Gunung Padang, yang saya jumpai dalam perjalanan mendaki bukit ke Makam Siti Nurbaya.

Gunung Meru, ada di pinggir jalan setelah melewati Pelabuhan Teluk Bayur, 12 km dari kota Padang. Monyet-monyet berjalan berseliweran di pinggir jalan, atau bergelantungan pada pohon.

Kelenteng See Hien Kiong Padang, Tempat Wisata di Padang spiritual di Kota Tua, didirikan 1905. Sebelumnya bernama kelenteng Kwan Im, berdiri 1841, namun terbakar.

Makam Siti Nurbaya
Gunung Padang, yang membuat saya menapaki undakan Gunung Padang agar bisa melihatnya.

Masjid Raya Ganting
Jalan Ganting yang merupakan masjid tertua di Kota Padang, dibangun pada 1810.

Museum Adityawarman
Jl Diponegoro 10, merupakan tempat terakhir yang saya kunjungi saat berada di kota itu.

Pantai Carolina
Tempat Wisata di Padang dalam kawasan Teluk Bungus dengan pasir putih, dan tikar di bawah pohon menunggu pengunjung.

Pantai Nirwana
Tempat Wisata di Padang dengan pantai pasir putih, diteduhi pohon kelapa, dengan pemandangan kapal tradisional.

Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus
Berada diantara Pantai Nirwana dan Pantai Carolina. Suasana sangat sepi ketika saya di sana.

Pulau Sikuai
Kec. Bungus Teluk Kabung yang merupakan pulau terbesar di pesisir barat Sumatera Barat, salah satu dari 19 pulau yang masuk wilayah Kota Padang.

Pantai Sungai Pisang
Nerupakan daerah perlindungan laut dan kampung nelayan, dengan pantai pasir putih dan tebing, 30 menit dari Pelabuhan Bungus. Ke Pulau Sikuai hanya 10 menit.

Taman Hutan Raya Bung Hatta
Berada di daerah perbukitan, 23 Km arah ke Solok, dengan pemandangan berbagai jenis flora dan fauana, serta pemandangan ke arah laut.
Label : .

Matched content:

Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.