Pantai Nirwana Padang

March 08, 2020. Label:
Perjalanan ke Pantai Nirwana Padang kami tempuh dengan mengarah ke selatan dari Kota Padang, melewati Jl. Sutan Syahrir, lalu Jalan Padang - Bengkulu yang padat dilalui oleh truk-truk angkutan barang. Tidak begitu lama kemudian Pelabuhan Teluk Bayur yang terkenal sudah terlihat dari kejauhan, di sebelah kanan jalan yang kami lalui.


Perjalanan ke Pantai Nirwana dilanjutkan dengan melewati jalan Padang - Muko-muko yang aspalnya cukup mulus, membujur di sepanjang tepian laut, berkelok di sebuah semenanjung, dan lalu masuk ke pinggiran sebuah ceruk yang merupakan bagian dari Teluk Bungus. Di beberapa titik kami berhenti melihat pemandangan laut dari atas tebing.

Di tepian jalan, pada sebuah titik pemberhentian dalam perjalanan menuju Pantai Nirwana Padang, kami melihat sekawanan monyet ekor panjang yang berjalan berlalu lalang di atas batuan padas besar dan duduk di dahan-dahan pepohonan. Mereka sepertinya telah terbiasa menunggu jatah upeti dari para pejalan yang lewat di daerah kekuasaannya.

pantai nirwana padang

Sebuah perahu motor kecil dengan tiga orang di dalamnya terlihat melintas membelah permukaan air laut Pantai Nirwana Padang yang tenang dan jernih. Di latar belakang tampak deretan pohon nyiur di sepanjang tepian pantai yang langsung berbatasan dengan kaki bukit dengan pepohonan yang lebat, memberikan pemandangan yang sejuk dan menyegarkan.

Setelah menyusur jalan Padang - Bengkulu dengan jarak tempuh cukup jauh akhirnya kami berbelok ke kanan di untuk masuk ke kawasan Pantai Nirwana. Saat itu tidak banyak pengunjung yang tengah berada di pantai, karena memang bukan akhir pekan. Namun jika melihat keindahan panorama di sana, saya kira kawasan pantai ini akan ramai pelancong di saat hari libur.

Kebanyakan orang senang pergi ke pantai untuk menikmati panorama birunya air laut dengan silir anginnya yang sepoi atau mendengarkan suara debur ombak dan buih air yang pecah ketika menumbuk batu karang. Pemandangan perahu nelayan yang hilir mudik datang pergi, serta kesibukan nelayan menisik jala juga menjadi pemandangan yang menghibur.

pantai nirwana padang

Deretan kapal motor di tepian Pantai Nirwana Padang dan lalu-lalangnya perahu nelayan lainnya yang keluar masuk area pantai merupakan hiburan tersendiri bagi para pejalan. Perahu motor nelayan itu bisa disewa oleh pengunjung untuk berperahu menikmati pemandangan dari tengah laut, serta merasakan segarnya angin laut saat perahu melaju.

Di bagian lain ada beberapa kapal penangkap ikan berukuran cukup besar tengah berlabuh beberapa puluh meter dari tepian Pantai Nirwana Padang. Kapal-kapal itu memiliki banyak lampu sorot dengan cadik yang lebar. Kapal yang biasanya digunakan untuk menangkap cumi-cumi karena cumi-cumi datang mendekat ketika melihat sorot lampu yang terang.

Sore hari ketika matahari mendekati garis cakrawala dengan pendar cahayanya yang lemah kemerahan akan terlihat sangat indah jika ada siluet kapal di latar depannya, dekat posisinya dengan bola matahari yang bulat besar di latar belakangnya. Menikmati panorama senja di pantai adalah salah satu alasan kenapa orang senang untuk datang ke tepi laut.

pantai nirwana padang

Pemandangan laut yang indah pada area teluk dimana Pantai Nirwana berada dilihat dari sebuah perbukitan di tepi jalan. Titik dimana saya mengambil foto ini berada pada lokasi perbukitan di pinggir jalan beberapa ratus meter setelah dari Pantai Nirwana. Ada cukup banyak titik pandang bagus, baik sebelum maupun sesudah Pantai Nirwana.

Dari titik pandang yang elok ini saya bisa melihat sebuah kapal cepat yang sedang berbalik arah membentuk lintasan berbentuk busur yang indah di atas permukaan air laut. Beberapa kapal yang sarat penumpang juga terlihat mengapung di atas permukaan laut yang terlihat tenang. Beberapa tempat memiliki pemandangan bebas yang luas ke arah laut.

Pantai Nirwana Padang merupakan sebuah pantai landai, dengan air jernih, ombak laut yang tidak begitu besar sehingga permukaan air lautnya relatif tenang. Pantai yang elok ini cocok untuk bersantai menikmati panorama laut dengan semua kesibukannya, menyewa perahu untuk berkeliling, dan ada juga tempat yang bisa digunakan sebagai area berkemah.


Pantai Nirwana Padang

Alamat: Jl. Raya Padang - Painan, Teluk Bayur, Kecamatan Padang Selatan, Padang, Sumatera Barat. Lokasi GPS: Google Maps, Waze. Jam buka : 06.00 - 18.00. Info Padang : Wisata Padang lainnya, Peta Wisata Padang, Hotel Padang.

: Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Follow aroengBinang ! Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

Refresh (ctrl-r atau command-r) jika link tak bisa diklik.