Padang, Pantai, Sumatera Barat

Batu Malin Kundang Pantai Air Manis Padang

Batu Malin Kundang berada di ujung sebelah kiri Pantai Air Manis Padang, di tengah susunan onggokan batu yang bentuknya menyerupai sebuah kapal. Batu yang mirip sosok seorang pria dalam posisi bersujud ini menyegarkan ingatan saya akan Legenda Malin Kundang yang mengajarkan agar manusia jangan pernah mengabaikan ibu yang melahirkannya.

Sebuah legenda bisa lahir karena imajinasi pencerita sebuah komunitas masyarakat, namun bisa juga lahir dari kisah nyata dengan merubah alur ceritanya agar lebih mudah dicerna dan diterima, terutama oleh anak-anak. Banyak legenda masih bisa bertahan dari generasi ke generasi karena pesan yang dikandungnya tetap dirasakan relevan.

Batu Malin Kundang Pantai Air Manis Padang menjadi tempat ke sekian yang pernah saya kunjungi, yang berhubungan dengan cerita masa kecil yang sebelumnya hanya saya baca lewat buku sastra, fiksi roman sejarah dan komik silat. Makam Siti Nurbaya, Rumah Si Pitung, Makam Ki Ageng Pengging Sepuh adalah diantara tempat itu.

batu malin kundang pantai air manis padang

Penanda arah dari jalan beraspal ke area Pantai Air Manis dimana Batu Malin Kundang berada. Sebelumnya kami belok kanan dari jalan besar pada di GPS -0.97532, 100.37790. Dari belokan itu masih menempuh sekitar 6 km lagi sebelum sampai ke lokasi dimana Batu Malin Kundang Pantai Air Manis berada, melewati jalan dengan sejumlah kelokan tajam.

Lokasi Batu Malin Kundang Pantai Air Manus Padang ini berada di dekat muara sungai yang tak begitu besar, dengan jembatan kecil melintang di atasnya yang harus dilalui orang untuk sampai ke sana. Di sebelah kiri area dimana batu legenda itu berada terdapat sejumlah warung makanan, yang juga menawarkan kelapa muda yang segar.

Seorang kenalan di Facebook memberi informasi bahwa yang disebut sebagai Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang itu sebenarnya adalah relief atau instalasi seni. Instalasi itu dibuat oleh Pemkot Padang atau Pemprov Sumbar pada tahun 90-an untuk tujuan wisata, bersamaan dengan Makam Siti Nurbaya di Gunung Padang itu.

batu malin kundang pantai air manis padang

Susunan batu beton dengan bentuk menyerupai lambung sebuah kapal yang bagian atasnya telah tak utuh lagi ini berada di ujung sebelah kiri Pantai Air Manis. Tepian pantai Air Manis Padang yang tertutup pasir kecoklatan ini terlihat sangat luas, tampaknya karena permukaan air laut tengah surut ketika kami berada di sana pada siang itu.

Diantara susunan batu yang terserak di ujung kiri Pantai Air Manis ini terdapat benda-benda yang biasa dijumpai di geladak sebuah kapal, seperti lilitan tali pada pangkal tiang kapal, tong kayu, dan sejumlah benda lainnya.

Adanya Batu Malin Kundang ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai yang saat itu masih minim fasilitas hiburannya. Namun karena kunjungan saya ke Pantai Air Manis itu sudah berlangsung lumayan lama, maka kemungkinan besar fasilitas pendukung wisata di tempat ini mestinya sudah jauh lebih baik.

batu malin kundang pantai air manis padang

Batu Malin Kundang Pantai Air Manis Padang itu berbentuk seperti seorang pria yang tengah bersujud. Konon Malin Kundang yang telah kaya raya dan beristeri cantik berlaku durhaka kepada ibunya yang miskin dan tidak mau mengakuinya. Malin termakan kutukan ibunya dan menjadi batu setelah kapalnya pecah oleh gelombang laut yang mengamuk.

Kisah Malin Kundang menyebar ke seantero negeri melalui buku-buku cerita yang ditulis dengan beragam versi. Cukup banyak pula cerita bergambar atau komik yang mengadaptasi kisah ini, juga drama dan sinetron di televisi ikut mengangkat ceritanya. Cerita Malin Kundang terus bertahan karena pesan moral yang relevan di setiap jaman.

Disamping sebelah kiri Batu Malin Kundang terdapat relief berwarna keemasan yang menceritakan legenda Malin Kundang, serta deretan warung. Permukaan pasir Pantai Air Manis ini tak terlalu padat, namun juga tak begitu lunak sehingga masih asik untuk bermain bola dan volley. Sebuah pulau tampak berada di kejauhan, tidak jauh dari pantai.

Di tepian Pantai Air Manis, di bawah rimbun pohon-pohon peneduh, terdapat deretan rumah panggung kecil serta warung-warung makanan. Saya berjalan menyusur pinggiran pantai ke arah ujung, dimana pantai ini berbelok ke arah kanan. Ada beberapa perahu nelayan yang terlihat mulai melaut saat saya berjalan menyusuri tepian pantai.



Pemandangan dari ujung Pantai Air Manis ke sisi pantai sebelah kanannya cukup elok, dengan garis-garis pasir yang terlihat indah. Batu Malin Kundang Pantai Air Manis Padang serta pulau di depannya, bisa dikembangkan lagi menjadi kawasan wisata pantai yang lebih nyaman bagi para pejalan yang ingin bersantai sambil menikmati suasana.


Batu Malin Kundang Pantai Air Manis Padang

Alamat: Kecamatan Padang Selatan, Padang, Sumatera Barat. Lokasi GPS : Google Maps, Waze. Tempat Wisata di Padang, Peta Wisata Padang, Hotel Padang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Agustus 23, 2020.