Jakarta, Jakarta Pusat

Kereta Wisata Monumen Nasional Jakarta

Jika pernah ke Monumen Nasional maka tentu pernah melihat bentuk Kereta Wisata Monumen Nasional. Hanya saja, saya kira masih sangat banyak pengunjung yang belum pernah mencoba naik kereta wisata ini. Meski gratis, namun karena jumlahnya yang terbatas maka orang harus menunggu cukup lama.

Rute Kereta Wisata Monumen Nasional Jakarta berawal dari sebelah Lapangan Parkir IRTI hingga ke dekat pintu lorong bawah tanah jalan masuk ke Tugu Monumen Nasional, dan hanya menaikkan dan menurunkan penumpang di kedua titik itu. Penggunaan kereta wisata ini diresmikan pada 9 Maret 2008 oleh Fauzi Bowo.

Munurut jadwal resminya, jam operasional Kereta Wisata Monas adalah pukul 08.15 - 17.30 setiap harinya. Keberadaan kereta wisata ini sebenarnya sangat membantu, terutama bagi orang tua, anak kecil, dan penyandang cacat, oleh karena jarak dari area parkir ke Tugu Monas memang cukup jauh jika harus berjalan kaki, yaitu sekitar 700-an meter.

Namun karena kereta yang tersedia hanya 2 buah, masing-masing berkapasitas 36 orang, maka bisa membuat orang tak sabar untuk menunggu antrian dan akhirnya memilih untuk berjalan kaki. Jika di area tunggu kereta di dekat terowongan sudah disediakan tenda pelindung, saya tak melihat ada tenda di area tunggu yang di dekat area parkir IRTI. Itu pula yang membuat orang malas antri karena kepanasan.

Satu hal yang juga perlu dipertimbangkan adalah pengguna tak bisa naik di tengah jalan, sehingga meski saat kereta lewat masih ada tempat duduk kosong, orang tetap tak bisa memberhentikan kereta untuk ikut naik. Demikian pula, orang tak bisa turun di tengah jalan, padahal ingin melihat sesuatu yang menarik perhatian ketika tengah lewat.

Begitu pun, berkunjung ke Tugu Monumen Nasional memang butuh dua hal, kesabaran untuk mengantri, dan kemauan berjalan kaki untuk jarak yang cukup panjang. Pasalnya, untuk naik ke pelataran puncak Monas orang juga harus sabar menunggu di antrian yang mengular, bahkan sebelum masuk ke lorong bawah tanah.

Di sekitar Taman Medan Merdeka juga ada sejumlah patung, kolam cantik, dan prasasti yang sayang jika tidak dikunjungi, dan itu perlu semangat untuk berjalan kaki, kadang saat matahari tengah terik-teriknya memancarkan sinar. Kabar bagusnya adalah, Taman Medan Merdeka sangatlah rindang dan nyaman untuk berjalan kaki, dan untuk sejenak beristirahat jika kaki sudah terasa pegal.

kereta wisata monumen nasional

Kereta Wisata Monumen Nasional ada di Taman Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Lokasi GPS : -6.1790409, 106.8245316, Waze. Jam buka : 08.15 - 17.30. Senin pekan terakhir tutup. Harga tiket : Gratis.
Nomor Telepon Penting, Hotel di Jakarta Pusat, Hotel Melati di Jakarta Pusat, Peta Wisata Jakarta Pusat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Pusat.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang lahir di Desa Mersi - Purwokerto, dan sekarang tinggal di Jakarta. Diperbarui: Maret 01, 2020.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".

« Tulisan Baru©2021 IkutiTulisan Lama »

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.