Jawa Barat, Purwakarta, Waduk

Waduk Jatiluhur

Diperlukan percik pikir dan sedikit dorongan di hati untuk meminta supir keluar di pintu tol Purwakarta yang membuat saya akhirnya mengunjungi Waduk Jatiluhur Purwakarta. Waduk Ir.H. Juanda, nama resmi bendungan ini, adalah waduk PLTA terbesar dan tertua di wilayah Indonesia yang dibangun mulai 1957 semasa pemerintahan Presidan Soekarno.

Barangkali telah lebih dari ratusan kali saya melewati Jalan Tol Cipularang Purwakarta setelah tidak lagi memakai jalan provinsi selepas tol Cikampek. Namun baru kali ini saya tergerak mengunjungi Waduk Jatiluhur yang hanya beberapa kilometer dari pintu tol keluar Purwakarta.

Saya rasa banyak yang belum terpikir untuk melakukan hal yang sama. Setelah keluar dari pintu tol Purwakarta, jalan aspal menuju ke arah Waduk Jatiluhur masih terpelihara dengan baik, dan tidak ada kesulitan mencapai bibir waduk yang sangat luas ini. Selama beberapa waktu, kami berkendara menelusuri jalan sepanjang tepian waduk yang airnya terlihat cukup jernih, hingga di ujung jalan buntu. Kami pun balik arah dan mencari warung untuk mengisi perut.

Dengan menyewa perahu motor dengan ongkos Rp.130.000 kami menyusuri Waduk Jatiluhur Purwakarta yang sangat luas ini dari sudut ke sudut, yang memakan waktu sekitar satu jam. Perahu berukuran sedang yang mampu mebawa sekitar 50 orang juga tersedia, dengan tiket seharga Rp.10.000 per orang untuk sekitar setengah jam berkeliling.

Ketinggian air di Waduk Jatiluhur ketika saya kunjungi itu masih pada tingkat yang maksimum karena curah hujan masih cukup tinggi di ujung musim penghujan yang memanjang. Pepohonan di tepi waduk yang biasanya berada di tempat yang kering agak jauh dari batas bibir waduk, saat itu terbenam di dalam air waduk yang cukup dalam.

Tampaknya perbukitan di sekeliling Waduk Jatiluhur telah secara efektif melindungi waduk dari terpaan angin kencang. Menjelang akhir perjalanan kami melipir bendungan memanjang tinggi yang membendung aliran Sungai Citarum dan menciptakan waduk ini. Anak-anak tampak bermain layangan di jalan yang berada di atas bendungan Waduk Jatiluhur itu. Di tengah Waduk Jatiluhur terdapat rumah-rumah apung yang disebut Kampung Air, dengan patok dan jaring untuk pembudidayaan ikan.

Jajaran gunung dan bukit yang mengelilingi Waduk Jatiluhur menyajikan panorama yang indah bagi para pengunjung yang berperahu di waduk yang elok ini. Di tengah waduk terdapat 'pulau-pulau' yang tersebar di beberapa tempat, dimana pengunjung bisa berhenti sejenak untuk menikmati makanan minuman dan pemandangan seputar Waduk Jatiluhur.

Bersilangan dengan perahu yang saya tumpangi, seorang kakek tua meluncur dengan nyaman di atas perahu dayung sederhana. Waduk Jatiluhur terbentang pada daerah seluas 8.300 ha yang mampu menampung 12,9 miliar m3 air dalam setahunnya, menghasilkan rerata 1 juta KWh listrik per tahun yang dihasilkan dari 6 unit turbin raksasa.

Beberapa rumah apung terlihat memakai sel-sel matahari sebagai sumber tenaga untuk menyalakan lampu dan pesawat televisi. Maklum di tengah danau tentu tidak akan pernah ada sambungan listrik dari PLN. Ketika melewati Kampung Air, seorang pria bertopi tampak tengah memberi makan ratusan ikan yang saling berebut menangkap pakan sehingga menimbulkan bunyi kecipak air yang cukup keras. Para peternakan ikan tawar ini memakan tempat yang cukup luas di tengah Waduk Jatiluhur, dan oleh karenanya memang layak disebut sebagai kampung air.

Sayang, kami tidak diijinkan untuk pergi ke atas bendungan itu, sehingga tidak bisa melihat bagian belakang bendungan, sebagaimana yang bisa saya lakukan di Waduk Cirata. Penjaga mengatakan bahwa saat itu Waduk Jatiluhur tengah berada dalam kondisi perbaikan, dan pengunjung memerlukan ijin khusus untuk bisa masuk ke sana.

Ada cukup banyak warung sederhana di tepian Waduk Jatiluhur yang menawarkan ikan air tawar bakar atau goreng sebagai menu utama. Saya mampir ke sebuah warung yang masakannya cukup lezat, dan harganya pun wajar, tidak ngemplang seperti yang saya alami di Pantai Karang Bolong.

waduk jatiluhur purwakarta waduk jatiluhur purwakarta waduk jatiluhur purwakarta waduk jatiluhur purwakarta waduk jatiluhur purwakarta waduk jatiluhur purwakarta waduk jatiluhur purwakarta waduk jatiluhur purwakarta waduk jatiluhur purwakarta waduk jatiluhur purwakarta waduk jatiluhur purwakarta waduk jatiluhur purwakarta waduk jatiluhur purwakarta waduk jatiluhur purwakarta

Pada perjalanan berikutnya melalui tol Cipularang, coba keluar di pintu tol Purwakarta, dan luangkan waktu sekitar 2 jam di Waduk Jatilihur untuk mencicipi hidangan ikan air tawar, lalu berkeliling waduk menumpang perahu untuk menikmati pemandangan perbukitan yang indah, serta melihat suasana Kampung Air yang berada di tengah waduk.

Lokasi Waduk Jatiluhur berada di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Lokasi GPS : -6.5415328, 107.3914433, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Tempat Wisata di Purwakarta, Peta Wisata Purwakarta, Hotel di Purwakarta.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! April 01, 2021.