Jalan Tol, Jawa Barat, Purwakarta

Jalan Tol Cipularang

Sudah sejak lama ingin memotret pemandangan sepanjang Jalan Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta-Padalarang), karena ada ruas jalan yang terlihat indah. Masalahnya kendaraan tidak boleh berhenti di jalan tol kecuali darurat dan biasanya saya di belakang setir.

Hingga pada suatu hari ada kesempatan duduk di bangku penumpang di kursi depan saat perjalanan menuju ke Bandung dari Jakarta, dan kesempatan ini tentu tak saya sia-siakan. Kendaraan yang melaju dalam kecepatan lumayan tinggi tak menyurutkan niat saya untuk mengambil beberapa buah foto di sepanjang Jalan Tol Cipularang Purwakarta.

Beruntung cuaca di luar cukup cerah, sehingga kecepatan shutter kamera bisa cukup tinggi untuk mendapatkan foto yang lumayan baik saat memotret. Kontur jalan bervariasi, blok sawah di sejumlah tempat, jembatan panjang, juga jembatan kereta api, serta perbukitan elok menjadi hiburan bagi pemobil yang melintas Jalan Tol Cipularang.

Ruas Jalan Tol Cipularang yang panjang dan jauh juga menjadi pemandangan tersendiri, seperti badan ular naga yang meliuk mengikuti naik turunnya kontur tanah. Jalan ke arah Bandung bisa dikatakan lebih enak dilalui dibanding arah sebaliknya, oleh sebab jalannya yang menanjak dengan tikungan yang lebih mudah dilewati.

Sebuah gundukan bukit terlihat di tepi sebelah kiri Jalan Tol Cipularang. Bentuk bukit yang teronggok seperti ini merupakan satu-satunya di sepanjang Jalan Tol Cipularang. Tak jelas apakah sudah pernah ada orang yang mendaki sampai di puncaknya, namun dugaan saya sudah ada, karena di sekelilingnya sudah dijamah orang.

Jalan Tol Cipularang membelah perbukitan di sejumlah tempat, memberi pemandangan yang tak membosankan. Kontur Jalan Tol Cipularang naik turun dan berkelok, namun tidak terlalu ekstrem. Hanya saja jalan tola arah ke Jakarta lebih memerlukan kehati-hatian dalam berkendara, oleh sebab jalannya yang menurun panjang dengan tikungan cukup tajam.

Setidaknya ada satu tempat peristirahatan yang besar pada arah ke Bandung maupun arah ke Jakarta, keduanya berada di perbukitan. Ada cukup banyak warung dan restoran di sana yang bisa dipilih sesuai selera, baik yang tradisional maupun makanan cepat saji.

Perbukitan di sepanjang Jalan Tol Cipularang yang konturnya bermacam-macam merupakan pemandangan yang indah, dan membuat perjalanan di jalan tol menyajikan panorama yang cukup bervariasi. Ada sejumlah jembatan panjang di jalan tol ini, namun konstruksinya hanya bisa dilihat dengan jelas jika naik kereta Argo Parahyangan.

Saya cukup beruntung, karena beberapa saat setelah memotret sebuah perkampungan di tepian Jalan Tol Cipularang Purwakarta dan berbalik badan, sebuah kereta api dari Bandung melaju ke Jakarta melewati sebuah jembatan yang cukup panjang dan tinggi. Setidaknya ada dua jembatan kereta api panjang dan satu jembatan kereta api pendek yang bisa dilihat orang saat melintas di jalan tol.

jalan tol cipularang purwakarta jalan tol cipularang purwakarta jalan tol cipularang purwakarta jalan tol cipularang purwakarta jalan tol cipularang purwakarta jalan tol cipularang purwakarta jalan tol cipularang purwakarta jalan tol cipularang purwakarta jalan tol cipularang purwakarta jalan tol cipularang purwakarta jalan tol cipularang purwakarta jalan tol cipularang purwakarta jalan tol cipularang purwakarta jalan tol cipularang purwakarta

Sesaat sebelumnya saya berhenti sejenak karena melihat perkampungan di sisi kiri Jalan Tol Cipularang, arah ke Jakarta, dengan sawah dan perbukitan yang menghijau. Demikianlah, jika naik kereta maka orang tak bisa melihat jembatan kereta api yang dilalui, namun bisa melihat jembatan Jalan Tol Cipularang, sebaliknya jika lewat jalan tol maka orang tak bisa melihat struktur jembatan jalan yang panjang, namun bisa melihat jembatan kereta api. Kedua jalan punya daya tariknya masing-masing.

Lokasi Jalan Tol Cipularang berada di jalur Cikampek - Purwakarta - Padalarang - Bandung. Lokasi GPS : -6.4662001, 107.4440306, Waze. Tempat Wisata di Purwakarta, Peta Wisata Purwakarta, Hotel di Purwakarta


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 28, 2021.