Foto Waduk Jatiluhur 1

aroengbinang.com - Pemandangan yang terlihat saat kami mendekati kembali tempat dari mana sebelumnya kami berangkat naik perahu, untuk mengakhiri perjalanan. Air mengalun tenang saat perahu melaju di sepanjang perjalanan kami berkeliling Waduk Jatiluhur. Tidak ada angin atau pun gelombang air kuat yang mengganggu jalannya perahu yang kami tumpangi.

waduk jatiluhur purwakarta

Ketinggian air di Waduk Jatiluhur ketika saya kunjungi itu masih pada tingkat yang maksimum karena curah hujan masih cukup tinggi di ujung musim penghujan yang memanjang. Pepohonan di tepi waduk yang biasanya berada di tempat yang kering agak jauh dari batas bibir waduk, saat itu terbenam di dalam air waduk yang cukup dalam.

waduk jatiluhur purwakarta

Perbukitan yang silang susun dengan lembah diantaranya memberi latar yang indah bagi Waduk Jatiluhur. Suasana sekitaran masih cukup alami dengan sedikit permukiman yang mestinya harus terus dijaga sebagai tangkapan air. Sejumlah tempat pembudidayaan ikan tampak menghiasi permukaan waduk.

waduk jatiluhur purwakarta

Sejumlah perahu angsa tampak sandar di tepian danau yang menjadi tempat keberangkatan dan kepulangan perahu yang kami tumpangi. Akan jauh lebih murah jika naik perahu bersama pengunjung lainnya, namun itu hanya mungkin terjadi di akhir pekan atau hari libur nasional.

waduk jatiluhur purwakarta

Bersilangan dengan perahu yang saya tumpangi, seorang kakek tua meluncur dengan nyaman di atas perahu dayung sederhana. Waduk Jatiluhur terbentang pada daerah seluas 8.300 ha yang mampu menampung 12,9 miliar m3 air dalam setahunnya, menghasilkan rerata 1 juta KWh listrik per tahun yang dihasilkan dari 6 unit turbin raksasa.

waduk jatiluhur purwakarta