Tempat Wisata di Purbalingga

Tulisan ini merupakan catatan Tempat Wisata di Purbalingga. Purbalingga adalah bagian dari Provinsi Jawa Tengah, yang berbatasan dengan Pemalang di Utara, Banjarnegara di Timur dan Selatan, dan Kabupaten Banyumas di Barat. Purbalingga, yang ibukotanya berada sekitar 21 km dari Purwokerto, berada pada lembah yang diapit rangkaian pegunungan Slamet dan Dataran Tinggi Dieng.

Tulisan Tempat Wisata di Purbalingga dan peta wisata Purbalingga ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Lihat juga Peta Wisata Purbalingga, dan Hotel di Purbalingga

tempat wisata di purbalingga
Masjid Agung Purbalingga
, lokasinya berada di seberang alun-alun di pusat Kota Purbalingga dengan bentuk bangunan bagian depannya menyerupai Masjid Nabawi di Kota Madinah.

Bagusnya, bagian belakang dimana terdapat ruang utama masjid, masih mempertahankan arsitektur tradisional Jawa berupa atap tajug. Satu hal yang patut dihargai oleh sebab mempertahankan ciri arsitektur tradisional yang melekat pada masjid di Jawa.

tempat wisata di purbalingga
Masjid Cheng Hoo
, merupakan bangunan masjid berarsitektur khas Cina kedua di Indonesia yang pernah saya kunjungi. Masjid pertama adalah Masjid Cheng Hoo Surabaya yang berada di Jl. Gading, Surabaya.

Bentuk luar keduanya nyaris sama dengan atap tumpang tiga, hanya berbeda pada pilar dan ornamen lubang hawa pada dindingnya. Sebagaimana yang di Surabaya, masjid ini juga tak terlalu besar ukurannya.

Tempat Wisata di Purbalingga

Bumi Perkemahan Munjulluhur, Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, sekitar 5 km dari pusat Kota Purbalingga, yang kabarnya merupakan kawasan bumi perkemahan terbaik di Jawa Tengah.

Congot, Desa Kedungbendo, Kecamatan Kemangkon yang merupakan daerah pertemuan Sungai Klawing dan Sungai Serayu, tempat dilangsungkannya pesta rakyat pada waktu-waktu tertentu.

Curug Silintang dan Silawang
Berupa air terjun yang lokasinya berada di Desa Tlahab, Kecamatan Karangreja, Purbalingga.

Gua Lawa
Gua sepanjang 1,3 km di Desa Siwarak, Karangreja, 27 km dari Kota Purbalingga, ada batu Semar, relief Waringin Seto, Gua Dada Lawa, Pancuran Slamet, dll.

Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin
Kelenteng Tri Dharma yang berada di Jalan Gunung Kelir, Kelurahan Purbalingga Kulon, Kecamatan Kota, yang berdiri sejak 1972.

Kolam Pemandian Walik
Desa Walik, Kecamatan Kutasari, merupakan salah satu yang tertua di Purbalingga.

Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman
Dibangun pada 1976 di Dukuh Rembang, Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Purbalingga, yang menjadi tengara tempat lahirnya Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Sanggaluri Park
Jalan Raya Kutasari, Purbalingga, yang di dalamnya terdapat Museum Uang, Museum Wayang dan Artefak, Reptile & Insect Fun Park, Rumah Boneka Lintang, dll.

Soto Bu Hj Misdar
Soto Bu Hj Misdar Purbalingga rupanya sudah sedemikian terkenalnya sehingga orang Purwokerto pun menyarankan saya untuk mampir mencicipi masakan sotonya.

Taman Wisata Pancuran Mas
Desa Purbayasa, Padamara, dengan Taman Aquarium Air Tawar, Kolam Renang, Water Boom, Taman Burung Air Telaga Fulus, koleksi ikan dari berbagai benua, dll.

Wana Wisata Serang
Lokasinya berada sekitar 5 km dari Gua Lawa, yang bisa dimasuki melalui Baturaden di Kabupaten Banyumas, atau melalui Desa Serang di Kabupaten Purbalingga.

Wisata Air Bojongsari
Desa Bojongsari (Owabong), dengan mata air pegunungan, Water Boom, terapi ikan, Pantai Bebas Tsunami, Ember Tumpah, gokart, Fun Rafting, dll.
Label : . Updated : April 18, 2018.
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Follow.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!