Bantul, Candi, Yogyakarta

Candi Mantup

Dinamakan Candi Mantup atau Situs Mantup oleh karena situs peninggalan ini berada di Dusun Mantup, Baturetno, Banguntapan, Bantul. Candi ini ditemukan pada sekitar bulan Juli 1991 oleh penduduk ketika mereka sedang melakukan kegiatan penurunan permukaan tanah sawah untuk memperbaiki pengairan.

Candi Mantup tampaknya runtuh dan terbenam oleh lahar Gunung Merapi, oleh karena stratigrafi tanah di lingkungan candi menunjukkan adanya lapisan vulkanik. Karena itulah Candi Mantup ditemukan berada pada kedalaman sekitar 1,4 m dari permukaan tanah.

Bangunannya terdiri dari tiga candi berukuran kecil berjajar dari Utara ke Selatan, menghadap ke Barat. Candi pertama di sebelah Utara berukuran 2,5 x 2,5 m terbuat dari bata. Candi kedua yang berada di tengah berukuran 2,16 x 2,16 m terbuat dari batu putih, sama bahannya dengan candi ketiga yang memiliki ukuran 2,28 x 2,28 m dan berada di sisi sebelah Selatan.

Di candi kedua ditemukan Arca Kalyanasundaramurti, terbuat dari batu andesit berukuran 70 x 35 x 20 cm, berupa arca pria dan wanita berdiri berdampingan dan berpegangan tangan, yang diduga menggambarkan perkawinan Syiwa dan Parwati, sehingga kompleks candi ini diduga merupakan Candi Hindu untuk pemujaan Dewa Siwa.

Selain arca, juga ditemukan fragmen kendi, kuali, mangkuk dan tempayan di sekitar lokasi candi. Selain itu, di sisi sebelah Utara. Berdasarkan pengamatan pada sisa bagian kaki candi dan batu-batu lainnya yang polos, Candi Mantup diduga tidak memiliki ornamen atau seni hias.

Pada jarak sekitar 15 meter di sebelah utara candi terdapat sisa struktur lantai bangunan berukuran lebih besar yang dibuat dari batu andesit. Letaknya lebih tinggi dari ketiga candi dan strukturnya diperkuat dengan talud dan batu putih.

Candi Mantup Bantul

Alamat : Dusun Sampangan Mantup, Baturetno, Banguntapan, Bantul. Lokasi GPS : -7.8157074, 110.4176912, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Bantul, Peta Wisata Bantul, Hotel di Yogyakarta.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang tinggal di Jakarta, lahir di Mersi - Purwokerto, sekolah di SDN Jatinom - Klaten dan SDN II Mersi - Purwokerto, SMPN1 - SMAN1 Purwokerto, S1 Farmasi ITB, dan S2/MBA IPMI/Monash University. Diperbarui: April 19, 2018.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".

Scan untuk traktir saya secangkir kopi, atau kirim doa kebahagiaan untuk orang tua Anda.

aroengbinang  aroengbinang  aroengbinang  aroengbinang

« Baru©2021 Ikuti SayaLama »