Jawa Tengah, Kuliner, Purbalingga

Soto Bu Hj Misdar Purbalingga

Nama Soto Bu Hj Misdar Purbalingga rupanya sudah sedemikian terkenalnya sehingga orang Purwokerto pun menyarankan saya untuk mampir mencicipi masakan sotonya. Jam makan siang sudah lewat saat kami tiba sehingga tidak susah untuk menemukan tempat parkir di depan warungnya serta untuk mendapatkan tempat duduk nyaman.

Lokasi Warung Soto Bu Hj Misdar berada di Jl. Letnan Ahmadi, depan Kantor Pengadilan Negeri, dekat perempatan Bancar, Kota Purbalingga. Warungnya sederhana namun bersih. Yang penting lagi orangnya ramah, pelayanannya cepat, tentu saja sotonya enak, dan harga terjangkau.

Seperti Soto Sokaraja, soto Bancar Bu Hj Misdar Purbalingga juga menggunakan kecap dan bumbu kacang yang ditumbuk agak kasar dan membuat kuahnya terlihat keruh. Bumbu kacang khas inilah yang terutama membedakan soto di Purbalingga, Sokaraja dan Purwokerto dengan soto dari daerah lain.

warung soto bu hj misdar purbalingga

Tampak muka Warung Soto Bu Hj Misdar Purbalingga dengan spanduk nama dan sekaligus pesan promosi berhuruf besar mencolok yang menarik pejalan untuk mampir. Warung ini berada tepat di pinggir jalan, dengan jalur pedestrian sempit yang sebagian tersita untuk parkir serta papan promosi.

Spanduk itu menyebutkan bahwa Warung Soto Lama & Nasi Rames Bu Hj Misdar ini sudah terkenal sebagai soto asli Bancar sejak tahun 1982, dan tidak membuka cabang di tempat lain. Kata-kata promosi yang ditawarkan oleh warung soto bu haji ini adalah "Asli, Puas, Nikmat, Mantap".

Nyi Wartini, 53, pemilik warung yang wajahnya sumringah itu rupanya sudah biasa bergaya di depan kamera serta diwawancarai oleh wartawan dan blogger yang datang ke warung untuk mencicipi sotonya yang nikmat ini.

Adalah ayah Nyi Wartini, Ki Rasmudi, yang memulai usaha keluarga soto Bancar yang kini sudah melewati tahun ke-30 ini. Misdar adalah suami Wartini yang namanya digunakan sebagai merk warung, untuk membedakan dengan warung soto Bancar lainnya. Maklum usaha yang maju biasanya melahirkan pesaing.

warung soto bu hj misdar purbalingga

Penampakan semangkuk Soto Bu Hj Misdar yang sedemikian royalnya hingga terlihat menggunung, berisikan irisan daun bawang, bawang goreng, ketupat, tauge, wortel, kerupuk, dan potongan daging sapi atau ayam, atau campur daging ayam sapi, dan ada pula pilihan jeroan. Sebagai teman makan ada mendoan yang nikmat, serta bakwan dan tahu.

Untuk minumannya, ada pilihan es durian, es jeruk, es campur, aneka jus buah, es teh, es soda, dan teh hangat. Kopi hitam dan kopi susu juga ada. Sejauh mempertahankan keramahan dan keaslian resep masakannya yang diturunkan kepada penerusnya nanti, warung Soto Bu Hj Misdar Purbalingga ini bisa bertahan lama.

Ada cukup banyak warung yang berhasil semacam ini hanya mampu bertahan selama dua atau tiga generasi, umumnya karena rasa masakan yang dirasa berubah, selera pelanggan yang berubah, atau karena suasana warung yang berubah menjadi hampa dibanding sebelumnya. Bagaimana pun setiap generasi memiliki tantangannya sendiri-sendiri yang perlu disikapi dengan cara kreatif.


Warung Soto Bu Hj Misdar Purbalingga

Alamat : Jl. Letnan Ahmadi, Bancar, Purbalingga, Jawa Tengah. Lokasi GPS : -7.39083, 109.37499, Waze. Jam Buka : 09.00 - 19.00. Tempat Wisata di Purbalingga, Peta Wisata Purbalingga, Hotel di Purbalingga.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Desember 27, 2019.