4 Tempat Wisata di Probolinggo Yang Menarik

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Probolinggo. Probolinggo dikelilingi oleh Gunung Semeru, Gunung Argopuro, dan Pegunungan Tengger, berbatasan dengan Selat Madura di Utara, Lumajang dan Malang di Selatan, Pasuruan di Barat, serta Situbondo dan Jember di Timur.

Tulisan Tempat Wisata di Probolinggo dan Peta Wisata Probolinggo ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Tempat Wisata yang paling terkenal di Probolinggo tentu saja adalah kawasan wisata di sekitar Kaldera Bromo Tengger, yang tak hanya diburu panorama matahari terbitnya oleh para wisatawan lokal, namun juga oleh wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Terima kasih kepada para penghobi foto, baik profesional maupun amatiran, yang membuat keindahan Bromo bisa dinikmati oleh banyak orang.

tempat wisata di probolinggo
Gunung Bromo
, tempat wisata di Probolinggo yang keelokannya mendunia ini berada di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, yang memerlukan pengalaman dan keterampilan yang baik untuk mengendarai mobil di sana, terutama di pagi buta.

Bagi Suku Tengger, Gunung Bromo adalah tempat suci tempat bermukimnya para dewa. Suku Tengger menyelenggarakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo setiap tahunnya bertempat di Pura Luhur Poten yang berada di kaki Bromo dan dilanjutkan ritual di puncak Gunung Bromo.

tempat wisata di probolinggo
Gunung Penanjakan
, adalah tempat wisata di Probolinggo di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura yang merupakan tempat terbaik untuk menikmati keajaiban keindahan pemandangan alam Bromo saat matahari terbit hingga menjelang siang hari.

tempat wisata di probolinggo
Lautan Pasir Bromo
, tempat wisata di Probolinggo Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, yang merupakan sebuah lautan pasir luas indah yang berada di sekitar Gunung Bromo. Karang yang elok pada foto saya sebut sebagai Karang Garuda karena kemiripannya dengan kepala burung legendaris itu.

tempat wisata di probolinggo
Padang Savana Gunung Bromo
, tempat wisata di Probolinggo berupa lembah luas yang diapit dua perbukitan tinggi dengan hamparan padang rumput sejauh mata memandang. Di sana juga ada Bukit Teletubbies yang bentuknya mirip dengan bukit dalam film televisi terkenal di kalangan anak-anak.

Tempat Wisata Probolinggo

Air Panas Tiris
Desa Segaran, Kecamatan Tiris, yang letaknya tidak jauh dari Ranu Segaran dengan keadaan yang masih alami dan letaknya tepat di tepi sebuah sungai.

Air Terjun Madakaripura
Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, berupa deretan air terjun berketinggian 200 m, yang konon merupakan tempat bertapa Mapatih Gajah Mada sebelum muksa.

Arung Jeram Songa
Dusun Angin-angin, Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, di atas Sungai Pekalen dengan lebar 5 - 20 meter, kedalaman 1 - 3 meter, yang masuk grade II - III.

C Two Six Jazz Gunung
Penampilan grup jazz anak muda Surabaya di acara Festival Jazz Gunung Bromo yang pertama.

Candi Jabung
Desa Jabung Candi, Kecamatan Paiton, berupa candi Buddha yang dibuat dari batu bata merah berukuran 3,1 x 9,9 m, dengan tinggi 15,6 m.

Gili Ketapang
Di lepas pantai utara Probolinggo, dengan taman laut, Goa Kucing, dan pasir putih di pesisir selatan, 30 menit dengan perahu motor dari Pelabuhan Ujung Tembaga.

Kua Etnika Jazz Gunung
Penampilan kelompok musik hybrid Kua Etnika di Festival Jazz Gunung Bromo yang pertama

Pantai Bentar
Kecamatan Gending, di tepi Jl. Raya Surabaya –Banyuwangi, 7 kilometer dari Kota Probolinggo.

Ranu Segaran
Desa Segaran, Kecamatan Tiris, 60 km dari Probolinggo, dengan pintu masuk di pertigaan sebelum Koramil Tiris, berupa danau alam yang menyediakan sepeda air dan perahu.

Wisata Kuliner Probolinggo.
Catatan tentang tempat wisata kuliner di Probolinggo yang perlu dicoba.

Disarankan untuk Anda