C TwoSix Jazz Gunung Bromo Probolinggo

Penampilan C TwoSix di Jazz Gunung Bromo kami saksikan di sebuah akhir pada perhelatan musik langsung Jazz Gunung yang pertama. Konsernya diselenggarakan di Java Banana Bromo, yang menyebut diri sebagai penginapan tropis dengan panorama terbaik ke Pegunungan Tengger. Lokasi hotelnya berada di Desa Wonotoro, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur.

Pada ketinggian 2000 mdpl, tempat ini memberi udara sejuk segar dengan suhu antara 14–18°C di siang hari dan 6–10°C pada malam hari. Menyatu dengan pemandangan elok pegunungan di sekelilingnya, ditambah lagi dengan perjalanan mistis Bromo - Batok - Semeru setelahnya, Jazz Gunung jelas memberi pengalaman unik bagi pecinta Jazz dan penikmat keindahan alam.

Free pass sebagai "photographer" saya peroleh dari Apey, seorang teman yang waktu luangnya dimanfaatkan sebagai freelancer dari sebuah jurnal Jazz dan penyiar radio internet jazz. Sebuah pin juga saya peroleh dengan label "press". Mantap. Kemudian saya membeli sepotong T-shirt hitam, warna kesukaan saya, dan sebuah topi tampan di lapak Warta Jazz.

c twosix jazz gunung bromo probolinggo
Sebuah pertunjukan seni tradisional yang disebut Jathilan tampaknya menjadi pembuka perhelatan Jazz Gunung Bromo Probolinggo yang pertama ini. Jathilan adalah sebuah tari bebas dimana penari, biasanya pria, menunggang kuda lumping dan pada suatu waktu pemainnya akan kesurupan dan bisa makan apa yang orang normal tak bisa melakukannya.

Namun foto di atas adalah pertunjukan Reog Ponorogo yang dipertontonkan tepat setelah Jathilan selesai oleh sebab saya tak sempat mengambil fotonya. Saya kira mereka dari kelompok kesenian yang sama, tapi bisa juga tidak dan hanya faktor kebetulan saja mereka bermain di Jazz Gunung beberapa saat sebelum C TwoSix tampil di panggung terbuka.

c twosix jazz gunung bromo probolinggo
Pandangan dari tempat duduk penonton ke arah panggung terbuka di ujung sana saat C TwoSix mulai bersiap membawakan komposisi musik yang telah mereka persiapkan. Jika biasanya latar panggung berupa tembok gedung kain lebar dengan tulisan besar, maka latar panggung Jazz Gunung ini adalah panorama alam pegunungan yang elok.

Penyelenggara menyediakan tempat duduk berupa bangku kayu tanpa ornamen yang sepertinya belum lama dibuat, namun cukup nyaman bagi para penonton Jazz Gunung yang datang dari berbagai kota di tanah air. Jika saja rumputnya cukup tebal dan tidak basah karena hujan dan embun, tak ada bangku pun saya kira akan nyaman saja dengan duduk di atas reumputan.

c twosix jazz gunung bromo probolinggo
C TwoSix, sebuah kelompok komunitas Jazz dari Surabaya, naik panggung setelah diperkenalkan oleh Butet Kertaredjasa, MC di perhelatan ini. Sepertinya ia dan kelompok musik yang dimandori Jaduk, adiknya, memiliki hubungan baik dengan sponsor utama Jazz Gunung ini, sehingga bisa menjadi semacam koordinator dan penampil utamanya.

Sebelumnya cukup sering saya menikmati pertunjukan musik jazz dari berbagai grup lokal dan manca negara di dalam ruangan tertutup atau di panggung luar namun dengan penutup di bagian atasnya dan berlangsung di kota. Jadi memang aru kali inilah saya bisa melihat pertunjukan di ruang yang sepenuhnya terbuka, di ketinggian pegunungan yang dingin dan asri.

c twosix jazz gunung bromo probolinggo
Rumput yang sepertinya baru berusia dua bulan di atas panggung alam itu mampu memberi ruang yang cukup bagi para musisi untuk memainkan komposisi musik mereka dengan nyaman. Tak jelas apakah gundukan panggung itu juga baru dibuat khusus untuk perhelatan ini.

Sebagai grup pembuka mereka tampil cukup baik dan tak mengecewakan penonton yang menyaksikannya. Sebagai grup yang relatif baru tentu memerlukan jam panggung yang panjang, oleh sebab berlatih di studio dan bermain di panggung memiliki nuansa yang berbeda.

c twosix jazz gunung bromo probolinggo
Penonton yang tengah menikmati penampilan C TwoSix di Jazz Gunung Bromo Probolinggo yang sabagian kursinya tampak masih kosong. C TwoSix saat itu memainkan lagu-lagu standar yang tak asing di telinga, seperti In the Stone dari Earth Wind & Fire's, Smooth Operator, Just The Two of Us, dan I Shot the Sheriff.

Personel C TwoSix yang bermain pada hari itu mungkin belum lagi berada pada tingkatan yang setara diantara pemain Jazz kelas atas, namun mereka jelas pantas mendapat pujian, khususnya pemain saksofon, drummer, dan pemain bass. Sayangnya, saya tak mencatat nama-nama mereka.

Lebih banyak berlatih dan lebih banyak bermain di pertunjukan langsung diperlukan bagi kelompok ini untuk terus meningkatkan penampilan mereka yang cukup menjanjikan itu. Namun saya juga berharap agar mereka membawakan komposisi ciptaan mereka sendiri saat saya melihat mereka bermain lagi.

C TwoSix Jazz Gunung

Alamat : Jazz Gunung, Bromo, Probolinggo, Jawa Timur. Lokasi GPS : -7.9167891, 112.9852492, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Probolinggo, Peta Wisata Probolinggo, Hotel di Bromo . Hotel di Probolinggo.

Disarankan untuk Anda