Jawa Tengah, Karanganyar, Tempat Wisata

Tempat Wisata di Karanganyar

Di bawah ini adalah catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Karanganyar, Jawa Tengah. Wilayah Karanganyar, dengan kode area telepon 0271, berbatasan dengan Sragen di Utara, Ngawi dan Magetan di Timur, Wonogiri di Selatan, serta dengan Boyolali, Kota Surakarta, dan Sukoharjo di Barat.

Tulisan Tempat Wisata di Karanganyar dan Peta Wisata Karanganyar ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Meskipun banyak orang dari luar Karanganyar yang mungkin hanya mengenal Grojogan Sewu oleh sebab sudah sangat terkenal sejak jaman dahulu, namun ternyata ada cukup banyak tempat menarik dan tempat bersejarah lainnya yang ada di wilayah kabupaten ini yang kayak untuk dikunjungi.

tempat wisata di karanganyar
Air Terjun Jumog
, Tempat Wisata di Karanganyar yang ada di Dusun Jumok, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, dekat Candi Sukuh, dengan air terjun setinggi 60 m, perkemahan, dilengkapi kolam renang dan warung makan.

Secara umum kawasan air terjun ini telah dikembangkan dan dikelola dengan sangat baik. Aksesnya mudah, seluruh area terlihat rapi, dan resik. Warung-warungnya meski sederhana namun bersih dan tertata baik.

tempat wisata di karanganyar
Air Terjun Parangijo
, Tempat Wisata di Karanganyar di Ngargoyoso, tidak jauh dari Candi Cetho, dengan tebing-tebing menarik, berada dalam sebuah taman.

Ada sepasang arca Dwarapala, patung Saraswati yang elok, situs Lingga Yoni yang masih sangat baik, Gardu Pandang di atas bukit, Flying Fox, Tempat Bermain, kolam renang, dan Tempat Santai.

tempat wisata di karanganyar
Candi Cetho
, Tempat Wisata di Karanganyar yang berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kec Jenawi, berupa candi Hindu peninggalan Majapahit. Ada petilasan Ki Ageng Krincingwesi, leluhur Dusun Cetho.

Dari seluruhnya 14 teras berundak, membujur dari Barat di bagian bawah sampai ke Timur di bagian atas sepanjang 190 m dan lebar 30 m, tinggal 13 teras yang masih ada dan pekerjaan pemugaran baru dilakukan pada 9 teras.

tempat wisata di karanganyar
Candi Sukuh
, Tempat Wisata di Karanganyar ini berada Dukuh Berjo, Desa Sukuh, Kec Ngargoyoso, 20 km dari Kota Karanganyar, di kaki Lawu, berbentuk trapesium, dibangun pada abad ke-XV.

Ada tiga teras dengan sebuah teras awal relatif sempit. Pada teras awal yang tingginya sekitar dua meter dari jalan ada undakan memasuki gerbang utama candi. Ada pula papan pajang berisi poster tentang sejarah candi.

Tempat Wisata di Karanganyar

Agrowisata Sondokoro »
Area Pabrik Gula Tasikmadu PTPN IX, yang mengoperasikan Spoor Teboe, kereta api uap pengangkut tebu berbahan bakar kayu itu.

Astana Giribangun »
Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, merupakan makam keluarga mantan Presiden Suharto, di atas sebuah bukit, di bawah Astana Mangadeg.

Astana Mangadeg »
Desa Karang Bangun, Kec. Matesih, di lereng Lawu, merupakan kompleks pemakaman penguasa Pura Mangkunegaran, yaitu Mangkunegara I, II, III.

Astana Randusongo »
Makam Ronggo Panambang, senapati Pangeran Sambernyowo

Candi Kethek »
Punden berundak yang diakses dari kompleks Candi Cethos, selewat Taman Puri Saraswati

Grojogan Sewu Tawangmangu »
Lokasinya sekitar 27 km dari Kota Karanganyar, di kawasan hutan yang dihuni sekelompok kera jinak, dengan ketinggian air terjun 81 m.

Pemandian Air Hangat Cumpleng »
Desa Plumbon, Tawangmangu, merupakan sumber air panas berbelerang, dengan pemandian terbuka dan tertutup, serta arena bermain anak.

Pemandian Sapta Tirta Pablengan »
Desa Pablengan, Kec Matesih, merupan peninggalan Mangkunegara VI, memiliki Pemandian Kaputren, dan tujuh sumber air alam yang berbeda.

Perkebunan Teh Kemuning »
Yang dilewati dalam perjalanan dari candi Sukuh ke candi Cetho, dengan hawa pegunungan yang sejuk.

Pura Kalisodo »
Pura kecil di lereng Gunung Lawu menghadap ke lembah dan kebun tembakau dengan hawa yang dingin.

Puri Taman Saraswati »
Kec. Jenawi, di Kompleks Candi Ceto, diresmikan pada 2004, dengan Arca Dewi Saraswati bantuan Bupati Gianyar.

Rumah Makan Tegal Ayem »
Rumah makan sederhana di pinggir jalan utama Sukoharjo dengan menu utama soto ayam.

Situs Krendhowahono »
Peninggalan dari jaman PB V, PB VI dan perundingannya dengan Pangeran Diponegoro, serta punden Bethari Kalayuwati.

Taman Ria Balekambang
Kawasan Wisata Tawangmangu, 100 m dari Hutan Wisata Grojogan Sewu, dengan Kolam Renang, Lapangan Tenis, Sanggar Lukis, dll.

Wana Wisata Gunung Bromo
Ruas Jalan Raya Karanganyar - Mojogedang, terdapat pohon Cendana, Jati Kurung (dikelilingi Beringin), dan petilasan Nyai Ageng Serang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Maret 14, 2018.