Candi Ceto Karanganyar

September 29, 2019. Label:
Kunjungan ke Candi Ceto Karanganyar di Provinsi Jawa Tengah ini saya tuntaskan setelah sempat mengambil sebuah jalan simpang ke kiri di dalam kompleks Candi Ceto (Candi Cetho). Itu saya lakukan untuk berkunjung terlebih dahulu ke Puri Taman Saraswati yang elok serta Candi Kethek yang juga berpotensi menjadi candi yang hebat. Agar tidak lupa.

Meskipun berjalan cukup jauh dan memakan tenaga lumayan banyak sejak kunjungan pertama ke Air Terjun Jumog hingga ke Candi Kethek, namun semangat masih tinggi untuk melanjutkan jalan kaki meniti setiap undakan yang memisahkan trap-trap bertingkat di Candi Ceto. Dari seluruhnya 14 teras berundak yang ada di Candi Ceto, membujur dari Barat di bagian bawah sampai ke Timur di bagian atas sepanjang 190 m dan lebar 30 m, tinggal 13 teras yang masih ada dan pekerjaan pemugaran baru dilakukan pada 9 teras.

Lokasi Candi Ceto ini berada di lereng Barat Gunung Lawu pada ketinggian 1496 mdpl. Pada teras I tidak ditemukan bekas-bekas gapura pada pintu masuknya, dan dicapai dengan menaiki undakan cukup tinggi yang merupakan kelanjutan jalan menanjak tajam tanpa undakan dari area parkir kendaraan. Di tengah halaman teras ada tiga arca dan sebuah batu umpak yang susunannya tidak teratur.

candi ceto karanganyar

Di latar belakang atas terlihat gapura candi bentar pertama Candi Ceto Karanganyar yang dicapai dengan melewati trap undakan dengan sekitar 25 anak tangga menuju teras II, melewati beberapa anak tangga ke teras III, dan lanjut naik melewati candi bentar itu dan masuk ke teras IV.

Candi Ceto diperkirakan berdiri sekitar abad XV, berdasar sengkalan angka tahun yang terpahat pada gapura teras VII yang berbunyi "goh wiku hanahut iku" atau 1397 Saka (1475 M). Namun ada pula yang memperkirakan bahwa usia Candi Ceto jauh lebih tua dari itu melihat jenis dan pahatan pada sejumlah arca yang diduga bukan berasal dari era Majapahit.

Di bagian depan pada teras I ada arca setengah badan yang sudah tak utuh serta sebuah arca berjenggot, berkumis, mengenakan anting, yang menurut sementara orang potongan rambutnya menyerupai orang Romawi, Sumeria, Viking atau Yunani.

Bentuk mata arca itu juga dianggap sangat mirip dengan posisi mata pada patung Sumeria. Gelang pada tangan kanan dan kiri patung mirip jam tangan, yang konon juga merupakan ciri khas kebudayaan Sumeria (sekitar 3.500 - 2.300 tahun SM)

Di tengah teras II Candi Ceto Karanganyar terdapat arca batu lagi dengan kedua tangan bertangkup di depan dada. Di sebelah kanan patung pria itu terdapat papan pamer yang berisi informasi tentang sejarah Candi Ceto, kegiatan penelitian, serta pemugaran yang pernah dilakukan sebelum catatan itu dibuat.

Gapura candi bentar dengan arsitektur bergaya Bali di teras IV itu merupakan bangunan baru yang didirikan pada saat renovasi yang dilakukan Soedjono Hoemardani pada 1978. Renovasi itu mendapat kecaman dari para arkeolog karena tidak dilakukan dengan memakai kaidah yang benar. Pada teras IV ini terdapat dinding talud yang tersusun dari batu andesit, namun tidak terdapat artefak.

Teras V hampir sama tingginya dengan teras IV, dan ada bekas gapura pada pintu masuk berupa gundukan tanah. Jalan tanah rata mulus diperkeras membelah area di teras IV sepanjang sekitar 30 meter, dengan lapangan rumput di kiri-kanannya. Di sisi depan kanan terdapat umpak batu, dan di sisi belakang kanan pintu masuk terdapat arca menghadap ke belakang.

Teras VI Candi Ceto Karanganyar juga hampir setinggi teras V dan tanpa gapura. Pada sisi kiri ada cungkup beratap ijuk tumpang dua tanpa kemuncak disangga 15 tiang kayu, dengan tempat persembahan berbentuk bujur sangkar di tengah cungkup. Ada pahatan berbentuk burung garuda di empat sudut atas cungkup. Ada undakan batu untuk naik ke lantai altar dengan dua arca kura- kura di undakan teratas. Cungkup ini disebut petilasan Kyai Krincing Wesi oleh penduduk setempat.

Teras VII Candi Ceto Karanganyar dicapai setelah melewati gapura candi bentar setinggi 3,5 meter dengan bagian atas menyerupai mahkota. Di bagian bawah pipi kanan gapura terdapat pahatan prasasti. Susunan batu elok terlihat berada di tengah area yang datar. Jika dilihat dari atas maka susunan batu itu berwujud burung garuda dengan sayap membentang dan badan berupa kura-kura.

Adanya arca kura-kura dan garuda ini memberi petunjuk bahwa Candi Ceto merupakan candi Hindu yang digunakan untuk melakukan ritual ruwatan, terkait dengan kisah Samudramanthana dan cerita Garudeya. Samudramanthana menceritakan taruhan antara Kadru dan Winata, keduanya istri Begawan Kasyapa, tentang warna kuda Ucchaisrawa pembawa Tirta Amrta (air kehidupan) yang akan keluar dari dalam laut karena diaduk para dewa dan raksasa. Mandaragiri digunakan sebagai pengaduk, ditopang oleh kura-kura jelmaan Dewa Wisnu.

Winata menebak warna kuda putih semua, sedangkan Kadru menebak warna kuda putih namun ekornya hitam. Kadru berlaku curang dalam pertaruhan itu dengan menyuruh anak-anaknya yang berbentuk ular naga untuk menyemprotkan bisa ke ekor kuda sehingga warnanya berubah dari putih menjadi hitam. Winata pun kalah taruhan dan menjadi budak Kadru. Selanjutnya kisah Garudeya bisa dibaca di tulisan Candi Sukuh.

Di atas kepala garuda melintang sebaris terdapat tiga batu tunggal bulat gepeng yang di atasnya terdapat relief lambang Surya Majapahit berbentuk bola bersinar. Pada batu di tengah yang berdiameter 74 cm terdapat tujuh garis sinar, dan pada dua batu bulat lain yang berdiameter 85 cm terdapat sembilan garis sinar. Di atasnya lagi ada segitiga sama kaki, menggambarkan vagina yang bertemu dengan susunan batu sepanjang 1,85 meter yang menggambarkan penis (phalus, lingga, atau kalacakra), dan ditafsirkan sebagai lambang kelahiran kembali dan dibebaskan dari dosa sesudah menjalani ruwatan.

Pada pangkal phalus (penis) susunan batu itu ada tiga bulatan batu, satu diantaranya menempel di atas batang phalus. Di sebelahnya, masih pada permukaan batang phalus di batu berbeda ada pahatan cicak dan belut berhadapan. Bagian ujung phalus yang menempel ke segitiga, bentuknya melebar layaknya kelamin pria.

Alas segitiga memiliki panjang 3,14 cm dengan panjang sisi 3,05 meter. Di tengah dasar segitiga terdapat relief tiga ekor katak dalam posisi berpunggungan menghadap ke setiap sudut. Di sebelah kiri katak terdapat relief ketam, di depan relief belut, dan di kiri relief mimi, semuanya menghadap ke arah katak. Kempers menafsirkan sengkalan itu sebagai welut (3) wiku (7) anahut (3) iku = mimi (1), dan dibaca terbalik menjadi 1373 Saka, atau 1451 M, yang diduga merupakan tahun pemugaran candi.

Melangkah ke teras VIII, di sebelah kiri ada bekas pondasi berbentuk bujursangkar dengan batu-batu berelief disusun di pinggiran pondasi. Di dalamnya ada arca kura-kura yang kepalanya sudah hilang. Di bawah tangga masuk ke teras IX dimana terdapat candi bentar terdapat sepasang arca penjaga pintu gapura.

Bangunan induk Candi Ceto Karanganyar yang berbentuk trapesium berada di teras paling atas, mirip bangunan di Candi Sukuh. Di atas bangunan induk terdapat altar berbentuk kubus. Meskipun bangunan ini baru, dan dikritik karena tidak dibuat berdasarkan kaidah arkeologis, saya kira langkah itu masih lebih baik ketimbang membiarkan peninggalan kuno dalam posisi runtuh dan berantakan dalam waktu yang sangat lama.

Di teras IX ada pendopo di kiri kanan jalan masuk dimana masing-masing terdapat arca Sabdapalon di sisi utara dan arca Nayagenggong di sisi selatan. Keduanya diyakini sebagai abdi dan penasihat spiritual Sang Prabu Brawijaya V, dan juga dianggap sebagai leluhur masyarakat di desa-desa sekitar. Di kaki anak tangga ke teras X terdapat tiga buah arca lagi.

Sedangkan di teras X ada dua pendopo di kiri dan kanan jalan. Lalu di teras XI ada empat bangunan baru sebagai tempat arca dan dua balai- balai untuk tempat istirahat pengunjung. Bangunan yang berada di tengah merupakan bangunan tidak berpintu, sedangkan dua bangunan lainnya merupakan bangunan tertutup berisi sekumpulan arca. Di teras ini terdapat arca Brawijaya V serta arca Phallus. Pada teras XII juga terdapat empat bangunan tempat arca tidak berpintu dan dua balai- balai.

Keunikan Candi Ceto terlihat dari bentuk seni bangunan yang berteras seperti punden berundak, dan juga bentuk arca-arcanya yang masih sangat sederhana, belum menunjukkan ciri kedewaan. Candi Ceto pada jaman itu digunakan untuk ruwatan atau pembebasan, dikaitkan dengan cerita Sudamala yang ada pada Candi sukuh.

Candi Ceto Karanganyar

Alamat : Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasi GPS : -7.59536, 111.15672, Waze.

Galeri Foto Candi Ceto Karanganyar

Pemandangan pada teras VII Candi Ceto Karanganyar setelah melewati gapura candi bentar setinggi 3,5 meter dengan bagian atas menyerupai mahkota. Di bagian bawah pipi kanan gapura terdapat pahatan prasasti. Susunan batu elok terlihat berada di tengah area yang datar. Jika dilihat dari atas maka susunan batu itu berwujud burung garuda dengan sayap membentang dan badan berupa kura-kura.

candi ceto karanganyar

Pandangan dekat kura-kura Candi Ceto Karanganyar pada susunan batu foto sebelumnya, dengan sejumlah patung di belakang sana. Pada pangkal phalus (penis) susunan batu itu ada tiga bulatan batu, satu diantaranya menempel di atas batang phalus. Di sebelahnya, masih pada permukaan batang phalus di batu berbeda ada pahatan cicak dan belut berhadapan. Bagian ujung phalus yang menempel ke segitiga, bentuknya melebar layaknya kelamin pria.

candi ceto karanganyar

Bangunan induk Candi Ceto Karanganyar yang berbentuk trapesium berada di teras paling atas, mirip bangunan di Candi Sukuh. Di atas bangunan induk terdapat altar berbentuk kubus. Meskipun bangunan ini baru, dan dikritik karena tidak dibuat berdasarkan kaidah arkeologis, saya kira langkah itu masih lebih baik ketimbang membiarkan peninggalan kuno dalam posisi runtuh dan berantakan dalam waktu yang sangat lama.

candi ceto karanganyar

Tanjakan tanpa undakan yang berada di jalan setelah area parkir. Di latar belakang adalah undakan menuju teras I Candi Ceto.

candi ceto karanganyar

Pandangan dari undakan menuju teras II ke arah teras pertama dimana terdapat patung yang oleh sementara orang dianggap menyerupai patung dari kebudayaan Sumeria.

candi ceto karanganyar

Berpapasan dengan sejumlah pengunjung di teras V yang hampir sama tingginya dengan teras IV, dan ada bekas gapura pada pintu masuk berupa gundukan tanah. Jalan tanah rata mulus diperkeras membelah area di teras IV sepanjang sekitar 30 meter ini dengan lapangan rumput di kiri-kanannya. Di sisi depan kanan terdapat umpak batu, dan di sisi belakang kanan pintu masuk terdapat arca menghadap ke belakang.

candi ceto karanganyar

Undakan batu untuk naik ke lantai altar petilasan Kyai Krincing Wesi dengan dua arca kura- kura di undakan teratas. Cungkup ini berada di teras VI yang hampir setinggi teras V dan tanpa gapura.

candi ceto karanganyar

Pemandangan dari arah atas pada teras VII Candi Ceto setelah melewati gapura candi bentar dengan bagian atas menyerupai mahkota. Di bagian bawah pipi kanan gapura terdapat pahatan prasasti.

candi ceto karanganyar

Deretan relief di teras VIII yang disusun mendatar di atas batu-batu yang dipasang mengelilingi bekas pondasi berbentuk bujursangkar.

candi ceto karanganyar

Arca kura-kura yang berada di dalam tatanan batu bekas pondasi, dengan batu berelief berwujud manusia, tumbuhan dan binatang.

candi ceto karanganyar

Relief pada sisi berbeda, masih pada tatanan batu di bekas pondasi yang berbentuk bujur sangkar di teras VIII.

candi ceto karanganyar

Sepasang arca penjaga yang berada di bahu kiri kanan anak tangga terbawah yang menuju ke teras IX dimana terlihat ada dua buah pendopo. Arca itu tidak kembar, dan kepala salah satu arca sudah hilang.

candi ceto karanganyar

Undakan, tiga buah patung tak utuh serta gapura Candi Bentar yang merupakan gerbang masuk ke teras IX Candi Ceto.

candi ceto karanganyar

Arca kura-kura di depan anak tangga terbawah yang menuju ke teras IX Candi Ceto.

candi ceto karanganyar

Arca Sabdapalon di sisi utara dan arca Nayagenggong pada cungkup di sebelah kanan. Keduanya diyakini sebagai abdi dan penasihat spiritual Brawijaya V, dan juga dianggap sebagai leluhur masyarakat di desa-desa sekitar. Di kaki anak tangga ke teras X terdapat tiga buah arca lagi.

candi ceto karanganyar

Pandangan dekat pada arca Sabdopalon di kompleks Candi Ceto Karanganyar. Nama ini sangat lekat dengan kisah klasik Jawa dan ada disebut dalam dalam Serat Darmagandhul. Ia dipercayai sebagai pandita dan penasehat Brawijaya V, raja terakhir Majapahit yang beragama Buddha seiring dengan munculnya kerajaan Islam pertama di Jawa, yaitu Kasultanan Demak Bintoro.

candi ceto karanganyar

Patung Sang Prabu Brawijaya V yang ada di teras XI, dimana terdapat juga dua balai- balai untuk tempat istirahat pengunjung. Raja terkahir Majapahit yang juga dijuluki sebagai Raja Brawijaya Pamungkas ini konon memilih menyingkir dari keraton untuk menyepi, meninggalkan segala kekisruhan kota raja yang lemah akibat terjadinya perebutan kekuasaan dan intrik-intrik.

candi ceto karanganyar

Arca phallus atau lingga di teras XI berbentuk nyaris menyerupai aslinya. Arca Phallus ini merupakan lambang kemaluan Dewa Siwa, dan menjadi lambang kesuburan.

candi ceto karanganyar

Bagian depan bangunan utama Candi Ceto di teras XIII, atau teras paling atas yang ada saat ini. Candi ini dibangun oleh Soedjono Hoemardani, salah satu asisten pribadi Presiden Soeharto pada jaman Orde Baru.

candi ceto karanganyar

Pandangan pada lorong jalan, undakan, dan deretan candi bentar yang diambil dari undakan candi bentar yang posisinya paling atas.

candi ceto karanganyar

Surya Majapahit berbentuk bulat gepeng dengan relief matahari bersinar. Pada batu di tengah yang berdiameter 74 cm terdapat tujuh garis sinar, dan pada dua batu bundar lain yang berdiameter 85 cm terdapat sembilan garis sinar.

candi ceto karanganyar

Di bagian depan pada teras I ada arca setengah badan yang sudah tak utuh serta sebuah arca berjenggot, berkumis, mengenakan anting, yang menurut sementara orang potongan rambutnya menyerupai orang Romawi, Sumeria, Viking atau Yunani. Bentuk mata arca itu juga dianggap sangat mirip dengan posisi mata pada patung Sumeria. Gelang pada tangan kanan dan kiri patung mirip jam tangan, yang konon juga merupakan ciri khas kebudayaan Sumeria (sekitar 3.500 - 2.300 tahun SM)

candi ceto karanganyar

Sadar atau tidak, anak muda berbaju merah itu sedang menginjak arca kura-kura di dasar undakan. Keberadaan arca kura-kura di sana seolah melambangkan Kurma awatara yaitu kura-kura raksasa jelmaan Dewa Wisnu untuk menopang Gunung Meru yang telah dipindahkan ke laut oleh Naga Basuki agar tidak sampai tenggelam.

candi ceto karanganyar

Papan berisi informasi seputar Candi Ceto yang dibuat oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. Papan itu menyebut bahwa masa pendirian Candi Cetho diperkirakan sekitar abad XV, berdasar sengkalan angka tahun pada gapura teras VII yang berbunyi “goh wiku hanahut iku” atau 1397 Saka / 1475 Masehi.

candi ceto karanganyar

Keunikan Candi Ceto terlihat dari bentuk seni bangunan yang berteras seperti punden berundak, dan juga bentuk arca-arcanya yang masih sangat sederhana, belum menunjukkan ciri kedewaan. Candi Ceto pada jaman itu digunakan untuk ruwatan atau pembebasan, dikaitkan dengan cerita Sudamala yang ada pada Candi sukuh.

candi ceto karanganyar

Info Karanganyar

Peta Wisata Karanganyar, Tempat Wisata di Karanganyar, Hotel di Tawangmangu.

: Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Follow aroengbinang ! Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.