Foto Candi Ceto 1

Pandangan dekat kura-kura Candi Ceto Karanganyar pada susunan batu foto sebelumnya, dengan sejumlah patung di belakang sana. Pada pangkal phalus (penis) susunan batu itu ada tiga bulatan batu, satu diantaranya menempel di atas batang phalus. Di sebelahnya, masih pada permukaan batang phalus di batu berbeda ada pahatan cicak dan belut berhadapan. Bagian ujung phalus yang menempel ke segitiga, bentuknya melebar layaknya kelamin pria.

candi ceto karanganyar

Bangunan induk Candi Ceto Karanganyar yang berbentuk trapesium berada di teras paling atas, mirip bangunan di Candi Sukuh. Di atas bangunan induk terdapat altar berbentuk kubus. Meskipun bangunan ini baru, dan dikritik karena tidak dibuat berdasarkan kaidah arkeologis, saya kira langkah itu masih lebih baik ketimbang membiarkan peninggalan kuno dalam posisi runtuh dan berantakan dalam waktu yang sangat lama.

candi ceto karanganyar

Tanjakan tanpa undakan yang berada di jalan setelah area parkir. Di latar belakang adalah undakan menuju teras I Candi Ceto.

candi ceto karanganyar

Pandangan dari undakan menuju teras II ke arah teras pertama dimana terdapat patung yang oleh sementara orang dianggap menyerupai patung dari kebudayaan Sumeria.

candi ceto karanganyar

Berpapasan dengan sejumlah pengunjung di teras V yang hampir sama tingginya dengan teras IV, dan ada bekas gapura pada pintu masuk berupa gundukan tanah. Jalan tanah rata mulus diperkeras membelah area di teras IV sepanjang sekitar 30 meter ini dengan lapangan rumput di kiri-kanannya. Di sisi depan kanan terdapat umpak batu, dan di sisi belakang kanan pintu masuk terdapat arca menghadap ke belakang.

candi ceto karanganyar

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.