Tempat Kuliner Di Solo

Di bawah ini adalah catatan tentang beberapa tempat Tempat Kuliner di Solo. Informasi kuliner di Solo atau Surakarta ini akan diperbarui ketika informasi baru tersedia. Silahkan berbagi informasi jika ada tempat kuliner Solo asik yang anda ketahui agar pejalan lain bisa ikut menikmatinya.

Lihat juga tulisan tentang Tempat Wisata di Solo untuk melihat tempat kuliner yang sudah dibuat catatan perjalanannya, juga Peta Wisata Solo, serta Hotel di Solo.

Sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa, yang diantaranya tentu saja terkait makanan, Solo memiliki sejumlah tempat kuliner nikmat yang wajib dicoba. Pertimbangkan untuk menginap di Solo tanpa termasuk sarapan pagi, agar bisa mencoba kuliner sarapan Solo yang biasanya tak jauh lokasinya dari hotel.

tempat kuliner di solo
Cafe Tiga Tjeret
, tempat kuliner di Solo yang ada di Jl. Ronggowarsito no. 97, Ngarsopuro. Secara umum makanan Cafe Tiga Tjeret yang saya pilih itu lumayan enak. Tak terlalu istimewa, namun lidah menyambutnya dengan baik.

Pengunjung mengantri untuk memilih dan mengambil makanan sendiri. Dimulai deret pilihan nasi yang telah dibungkus dalam daun pisang dengan berbagai judul, seperti Nasi Oseng Kikil, Nasi Oseng Tempe, Nasi Teri, dll. Saya pilih Nasi Terik Daging. Tak ada pilihan nasi putih.

tempat kuliner di solo
Nasi Liwet Bu Wongso Lemu
, tempat kuliner di Solo dengan menu utama nasi liwet, sayur labu siam, telur pindang rebus, daging ayam, kumut (kuah santan kental). Keprabon, Solo. Buka 18.00

Pengunjung yang tak biasa dan kerepotan jika memakai pincuk, bisa meminta alas piring rotan seperti terlihat pada foto. Rasanya sebenarnya biasa. Biasa seperti masakan Jawa pada umumnya. Biasa enak maksudnya, bagi yang suka. Wedang ronde-nya pun rasanya pas.

tempat kuliner di solo
Soga Resto Danar Hadi
, tempat kuliner di Solo yang letaknya bersebelahan dengan Toko Batik Danar Hadi dan Museum Danar Hadi. Semuanya dalam satu kompleks House of Danarhadi yang luas di Jl Slamet Riyadi 261 Solo, nama populer untuk Surakarta.

Suasananya nyaman dan relatif hening karena agak jauh dari tepi jalan, lantaran halaman House of Danarhadi yang lumayan luas. Soga Resto menawarkan menu masakan Jawa dan Barat, demikian pula minumannya.

tempat kuliner di solo
Soto Seger Mbok Giyem
, tempat kuliner di Solo yang lokasinya berada di Jl Bhayangkara, wilayah Tipes. Halaman parkirnya dipadati dengan deretan sepeda motor, sedangkan mobil berderet parkir di tepian jalan, di kedua sisi.

Selain soto, ada makanan tambahan telur dadar yang dibentuk kotak memanjang, perkedel, sate babat, telur puyuh tusuk, tempe goreng kering, sosis solo goreng yang berminyak, karak, dan beberapa makanan lagi.

Tempat Kuliner Di Solo

Ayam Penyet Suroboyo, Jl. Honggowongso

Bakmi Toprak, terdiri dari mi kuning, irisan kol, tahu tempe goreng, telur, sosis, disiram kuah kaldu bening berisi tetelan daging sapi, bawang goreng dan seledri, ditambah karak. Ada di Warung Mie Thoprak Yu Nani, Kartopuran. Buka 11.00.

Cabuk Rambak, ketupat / gendar Janur, bumbu Cabuk Rambak memakai wijen goreng dengan santan kelapa, cabai, bawang putih, kemiri, dan gula merah, dan Karak(kerupuk beras). Dijajakan keliling di Solo

Dawet Ayu Pasar Gede, berisi cendol tepung beras atau onggok, ketan hitam, selasih, disiram sirup gula kelapa. Ada di dalam Pasar Gede. Buka pagi.

Double Decker, Favehotel Jl. Ir. Soekarno, Solo Baru

Gempol Pleret, terdiri dari bulatan beras kasar berdiameter sekitar 1,5 cm, disiram kuah santan dan gula kelapa. Ada di depan toko Abon Varia, Coyudan di pagi hari.

Gudeg Ceker Bu Kusno, Gudeg, ceker empuk, sambal goreng krecek. Jl Wolter Mongunsidi, Solo. Buka 02.00

Gudeg Muntilan Mbok Jayus, Jl. Dr Wahidin No 53

Gule Goreng
Gulai kambing berkuah santan kental dimasak diatas anglo sampai kering. Ada di Jl. Diponegoro depan RS. Kustati Pasar Kliwon.

Hachi
Hartono Mall

Intip
Kerak nasi yang dijemur kering, digoreng, ditaburi garam dan gula merah cair. Ada di Pasar Klewer, Pasar Jongke, Pasar Singosaren, depan Toko Orion, dan di sebelah utara Mangkunegaran.

Kali Milk
Jl Dr. Radjiman No. 353

Katsu – katsu
Food Court Solo Grand Mall, Jl. Slamet Riyadi

Oishi Bar
Jl.Veteran No.276

Panties Pizza
Jl. Kebangkitan Nasional No. 63

Pecel nDeso
Nasi merah, pecel, sambal wijen putih atau hitam, belut goreng, wader pari goreng, telur ceplok, sosis solo, bongko (kacang merah dan kelapa), gembrot (kelapa dan daun simbukan), otak, iso goreng. Jl Dr. Supomo 55, Solo

PING!!! Cafe Solo
Jl. Teuku Umar No. 27

Resto Balekambang
Jl. Balekambang No. 7 Manahan

RM Adem Ayem
Rumah makan ini letaknya di sisi sebelah kiri Jl Slamet Riyadi, jalan yang sepanjang pengamatan saya paling bergengsi di kota ini.

RM Pondok Jowi
Jl Kasuari II No 1 Manahan

Sambel Tumpang
Nasi putih ditumpangi rebusan bayam, taoge, kacang panjang dan disiram kuah kental campuran santan dan tempe semangit yang biasanya ada tahu putih, telur dan krecek. Ada di Seputaran Stadion Manahan mulai pagi.

Sate Buntel
Sate yang dibuat dari daging kambing yang di cincang. Jl Sutan Syahrir 39, Solo

Sate Kere Yu Rebi
Sate Tempe Gembus, sate paru, limpa, hati, iso, torpedo, ginjal, babat, disajikan dengan bumbu kacang. Sebelah Stadion Sriwedari, Solo

Serabi Solo
Terbuat dari adonan tepung beras, gula pasir, santan, dengan toping polos, coklat, nangka, atau irisan pisang. Ada di Serabi Notosuman di Jl. Moh Yamin Notosuman dan warung-warung di Jl. Slamet Riyadi. Buka sore hari.

Selat Segar Mbak Lies
Salad yang terdiri dari daging iris tipis, rebusan buncis, kentang, wortel, telur pindang, mayonaise, dan disiram kuah kecap encer. Ada di Serengan. Buka pukul 09.00.

Selat Segar RM Kusuma Sari
Di Perempatan Nonongan. Buka jam 09.00.

Soto Gading
Disajikan bersama nasi putih dalam satu mangkuk. Jl. Brigjen Sudiarjo Gading. Buka 09.00.

Soto & Wedangan Ngarsopuro Solo Asri
Bangunan yang ditempati Soto & Wedangan Ngarsopuro Solo Asri menyerupai sebuah pendopo besar, dengan puluhan meja, dan di ujung pendopo terdapat deretan makanan dan minuman yang bisa dipilih sesuai selera.

Soto Ayam Gading 2
Lokasi Rumah Makan Soto Ayam Gading 2 berada di Jalan Veteran No 285 Solo, dan memang suasananya tidak begitu ramai. Bangku-bangku kayu panjang masih cukup banyak terlihat kosong. Belakangan baru muncul beberapa orang yang datang untuk sarapan.

Tahok
Terbuat dari ampas kedelai yang dibuat menggumpal seperti agar-agar, disiram kuah gula dan jahe. Ada di sebelah utara Kretek Gantung, Lodji Wetan dan di selatan Pasar Gedhe.

Tahu Kupat Pak Gombloh
Berada di Jl Perintis Kemerdekaan, tak jauh dari Pasar Kabangan, karena kebetulan dilewati, perut sudah lapar, dan namanya cukup menarik untuk dijajal.

Tengkleng
Semacam gulai kambing namun tidak memakai santan, berisi tulang-tulang kambing dengan sedikit daging, sate usus, sate jeroan, dan otak. Samping Gapura Pasar Klewer, Solo. Buka dari pagi

Timlo Pasar Gede
Makanan berkuah bening berisi sosis ayam yang di potong-potong, telur ayam pindang, irisan hati dan ampela ayam. Buka 07.00

Timlo Urip Suomoharjo
Makanan berkuah bening berisi sosis ayam yang di potong-potong, telur ayam pindang, irisan hati dan ampela ayam. Buka 09.00 – 21.00.

Vin’s Pancake
Jl Pattimura no.65 Dawung

Warung Degan Ijo
Berada di Jl Samanhudi, Kota Solo. Itu lantaran ekor mata sempat menangkap papan namanya saat perut lapar. Sebagai penggemar kelapa muda, nama degan itu yang menarik minat saya.

Warung Makan Lele Gombel
Jl. Abdul Muis No. 128

Warung Sop Ayam Pak No
Berada di Jalan Ahmad Yani, Kota Solo. Tak ada permintaan khusus untuk tempat makan siang, hanya saja waktu sudah jam 3 sore dan barangkali Warung Sop Ayam Pak No Solo adalah warung terdekat yang terlewati.

Wedangan Cangkir Blirik
Warung wedangan dengan menu nasi kucing, nasi teri, nasi oseng, dengan sambel, sate kikil, kerang, wader, jadah bakar, Teh Cabli (Cangkir Blirik), JKJ (jahe kencur jeruk), dll. Ada di Jl. Banyuanyar Selatan No. 22B Solo. Buka 17.00.

Wedang Dongo
Minuman hangat terdiri dari bulatan tepung ketan berisi kacang tumbuk dan irisan kolang kaling, disiram air jahe manis. Ada di Warung Klengkeng, Keprabon. Buka sore hari.

Silahkan berbagai untuk melengkap data tempat wisata kuliner di Solo ini.
Label : . Updated : March 01, 2018.
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Follow.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!