Soto Ayam Gading 2 Solo

Memulai pagi di hari itu adalah dengan sarapan di Rumah Makan Soto Ayam Gading 2 pilihan Pak Jum yang menemani berkeliling selama saya berada di kota Solo. Saya sengaja hanya menginap di Amarelo tanpa sarapan, selain lebih murah juga agar setiap pagi bisa merasakan kuliner khas Kota Solo di tempat yang berbeda-beda.

Kendaraan sempat melewati Soto Ayam mBok Giyem di Jalan Bhayangkara yang sangat ramai, namun pak Jum melewatinya. Ia memilih rumah makan yang tidak seramai itu. Namun esok harinya saya minta pak Jum membawa kami ke sana, karena ramainya pengunjung adalah petunjuk yang baik untuk enak tidaknya sebuah rumah makan.

Lokasi Rumah Makan Soto Ayam Gading 2 berada di Jalan Veteran No 285 Solo, dan memang suasananya tidak begitu ramai dibanding mbok Giyem. Bangku-bangku kayu panjang masih cukup banyak yang terlihat kosong. Belakangan baru muncul beberapa orang yang datang untuk sarapan.

soto ayam gading 2 solo
Tampak muka Rumah Makan Soto Ayam Gading 2 yang menempati gedung relatif besar dengan halaman parkir lumayan luas dan pohon besar rindang yang memberi keteduhan. Pada spanduk yang menggantung di bawah balkon tertulis menu pilihan selain soto ayam, yaitu soto daging, nasi rames dan nasi langgi.

Kami memesan Soto Ayam, dengan nasi terpisah, dan teh panas tawar. Niatnya agar jumlah nasi yang dimakan bisa diatur sendiri. Namun sebenarnya dengan dicampur ke soto ayam pun jumlah nasinya sudah akan lebih sedikit. Tak pula ada piring yang harus dicuci.

soto ayam gading 2 solo
Suasana di rumah makan Soto Ayam Gading 2 Solo pada pagi hari itu. Meski belum ramai namun beberapa pelanggan yang datang untuk sarapan pagi di sana sudah mulai muncul satu per satu. Cara agar bisa menikmati kuliner lokal adalah memang menginap di hotel tanpa termasuk sarapan pagi, jika saja ada waktu. Sarapan di luar hotel selain lebih ekonomis juga membawa pengalaman wisata kuliner.

Tak menunggu lama, soto ayam pesanan pun sudah terhidang. Kuahnya bening, ada soun, daging ayam yang telah disuwir, goreng bawang merah dan potongan daun seledri. Rasa Soto Ayam-nya biasa saja ketika sendok pertama menggelontorkannya ke dalam mulut. Mungkin karena lupa menambahkan kecap, perahan jeruk nipis, atau penambah pedas.

soto ayam gading 2 solo
Soto Ayam Gading 2 campur nasi yang siap dihidangkan ini saya foto belakangan. Soto Ayam yang terhidang di meja saya sudah keburu ludas sebelum sempat diambil fotonya. Lupa. Kebiasan mengambil foto sebelum makan sudah menjadi kebiasan 'buruk' tidak hanya di negeri ini saja, yang kebanyakan untuk dibagi di sosial media.

Jika rasa soto ayamnya terasa biasa saja di lidah saya, tidak demikian dengan tempe gorengnya. Seingat saya tempe goreng Soto Ayam Gading 2 ini memiliki rasa terbaik diantara rumah makan yang lain. Namun, tak ada tempe goreng yang tak enak selama saya berada di Solo.

soto ayam gading 2 solo
Tempe goreng Soto Ayam Gading 2 yang nikmat itu. Bisa jadi tempenya masih hangat karena datang pagi-pagi, sehingga rasa tempe goreng itu begitu nikmat dan meninggalkan kesan mendalam. Selain itu, tekstur tempe-nya "bergerunjul" yang memberi kesan berbeda ketika masuk ke dalam mulut.

Makanan tambahan selain tempe ada pula tahu, perkedel, telur, empal, sate uritan, sate kerang, dan beberap jenis makanan lainnya. Hanya saja tak ada yang saya cicipi. Ketika membayar, harganya cukup murah, Rp.12.000 saja untuk soto ayam dan nasi. Kabarnya sih Soto Ayam Gading 1 di Jalan Brig Jend Sudiarta No 75 yang menjadi salah satu rumah makan kegemaran Jokowi ketika masih di Solo.

Rumah Makan Soto Ayam Gading 2

Alamat : Jl Veteran No 285 Solo. Telp 0271-7247008. Lokasi GPS : -7.58019, 110.81380, Waze. Jam Buka : 06.00 - 15.30. Rujukan : Hotel di Solo, Tempat Wisata di Solo, Peta Wisata Solo.

Author : . Updated :
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Subscribe aroengbinang's Youtube Channel.

Kirim ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Email. Subscribe. .

Versi Mobile | Kembali ke atas