Dendeng, Kuliner, Muara Kalaban, Sawahlunto, Sumatera Barat

Dendeng Batokok Muara Kalaban

Lokasi rumah makan yang menyediakan menu khas Dendeng Batokok Muara Kalaban berada di Jalan Lintas Sumatera seksi Muara Kalaban, Kecamatan Silungkang, Sawahlunto, Sumatera Barat, sekitar 5 km dari Pusat Kota Sawahlunto. Rumah makan Minang ini sempat kami kunjungi untuk mencicipi dendeng batokok di tempat aslinya.

Dendeng Batokok Muara Kalaban adalah makanan khas setempat yang selalu dicari ketika pejalan mengunjungi Sawahlunto, baik untuk dimakan di tempat maupun untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Meski dendeng batokok bisa pula dijumpai di sejumlah tempat di Jakarta, namun selalu ada rasa istimewa jika datang sendiri ke tempat asalnya.

Saat itu kami sempat bertemu dan berbincang dengan Ermis, ibu pemilik Dendeng Batokok Muara Kalaban, yang mewarisi ketrampilan dan resep pembuatan dendeng batokok dari kakeknya yang bernama Sailun dan juga dari pamannya. Kakeknya sudah membuka kedai nasi yang menjual dendeng batokok di depan Stasiun Muara Kalaban pada sekitar tahun 1945.

dendeng batokok muara kalaban
Papan nama Dendeng Batokok Muara Kalaban dengan latar belakang perbukitan hijau yang cukup tinggi. Rumah makan dengan menu Dendeng Batokok Muara Kalaban ini kami kunjungi dalam perjalanan menuju ke tempat pengrajin Kain Tenun Silungkang yang tulisannya telah diterbitkan lebih dahulu.

Selama puluhan tahun resep dan cara pembuatan Dendeng Batokok Muara Kalaban ini masih menggunakan cara tradisional yang sama, yang diwariskan secara turun temurun itu. Karena selera manusia bisa berubah, dan kadang ada keingingan untuk mencoba rasa yang baru, boleh jadi ada varian rasa yang telah atau akan diperkenalkan suatu saat nanti.

dendeng batokok muara kalaban
Bangunan gonjong bergaya khas Minangkabau dari restoran Dendeng Batokok Muara Kalaban Sawahlunto. Suasana di rumah makan Dendeng Batokok Muara Kalaban pada siang hari itu tidak begitu ramai, dengan hanya dua kendaraan berasal dari wilayah Riau dan dua lagi dari Padang.

Tempat makan seperti ini akan ramai jika ada rombongan datang menggunakan bis besar atau pada akhir pekan dan musim liburan. Ruang makan di restoran ini terbagi dua, dengan salah satunya berada di ruangan tertutup berdinding kaca lebar yang berada di sebelah kanan ruang terbuka yang kami duduki.

dendeng batokok muara kalaban
Beginilah penampakan menu utama Dendeng Batokok Muara Kalaban yang dihidangkan di meja selagi masih hangat, berupa irisan daging sapi tanpa lemak yang telah diberi bumbu, diasap dan ditumbuk. Seni menyiapkan masakan daging dendeng batokok seperti ini adalah pada rasa dan kelembutan dagingnya ketika digigit.

Jika dendeng balado umumnya menggunakan cabai merah, maka dendeng batokok umumnya menggunakan cabai hijau untuk membuatnya. Setelah selesai menyantap Dendeng Batokok Muara Kalaban, beserta sayur dan lauk lain yang terhidang, saya pergi ke bagian belakang dimana terdapat dapur, ingin melihat bagaimana proses pembuatan dendengnya.

dendeng batokok muara kalaban
Seorang ibu tampak menumbuk dendeng dengan batu hitam sebesar genggaman tangan pada permukaan batu hitam besar yang bersih mengkilat. Dengan ditumbuk, dendeng menjadi padat, tipis dan lunak. Suasana tradisional terlihat sangat kental di bagian dapur restoran Dendeng Batokok Muara Kalaban ini, dengan deretan pawon tua berbahan bakar kayu, bahan bakar yang nampaknya masih bisa ditemukan berlimpah di daerah ini.

Pengasapan dendeng batakok dilakukan dengan meletakkan daging di atas anyaman bambu setinggi 1 meter dari pawon, yang dilakukan sampai 10 jam, dengan asap yang dihasilkan ketika memasak masakan lain. Siang itu memang tidak sedang dalam proses pembuatan dendeng batokok, sehingga anyaman bilah bambunya terlihat kosong.

Sebelum diasap, daging tanpa lemak diiris tipis-tipis terlebih dahulu, lalu direndam di dalam campuran bumbu selama sekitar lima jam agar bumbu bisa meresap dengan baik. Sebelum dihidangkan, dendeng batokok dibakar lagi sebentar supaya hangat dengan dilumuri minyak kelapa Talawi, sehingga terasa gurih dan renyah ketika digigit.

Dendeng Batokok Muara Kalaban

Alamat : Jalan Lintas Sumatera Muara Kalaban, Kec Silungkang, Sawahlunto. Lokasi GPS : -0.70700, 100.79234, Waze. Rujukan : Hotel di Sawahlunto, Peta Wisata Sawahlunto, Tempat Wisata di Sawahlunto.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Maret 01, 2018.