Soga Resto Danar Hadi Solo

Sekalian berkunjung ke toko Batik Danar Hadi, siang itu kami juga mampir dan makan di Soga Resto Danar Hadi Solo yang letaknya bersebelahan dengan Toko Batik Danar Hadi dan Museum Danar Hadi. Semuanya dalam satu kompleks House of Danarhadi yang luas di Jl Slamet Riyadi 261 Solo, nama populer untuk Surakarta.

Seorang pelayan wanita ramah datang menyapa dan mempersilahkan kami duduk, serta memberi daftar menu. Satu meja yang terisi selain meja kami. Belakangan ada wanita bule datang dan menikmati makan siangnya sendirian di meja sebelah. Beberapa tamu datang belakangan.

Suasana Soga Resto ini nyaman dan relatif hening karena agak jauh dari tepi jalan, lantaran halaman House of Danarhadi yang lumayan luas. Soga Resto menawarkan menu masakan Jawa dan Barat, demikian pula minumannya. Kami memilih menu makanan lokal. Untuk minum saya memesan jamu beras kencur, pilihan minum selama di Solo, jika ada dan ingat.

soga resto danar hadi solo
Meja di pojok ruangan dijadikan sebagai tempat pembayaran setelah tamu selesai makan. Sebuah nampan rotan berisi berbagai pilihan makanan ringan diletakkan di pojok meja. Ada pula cawan gelas untuk meletakkan kartu nama para tamu. Pada dinding kanan menempel lukisan batik bermotif keraton, dan patung bergaya kolonial diletakkan pada dinding sebelah kiri.

Pada dinding di belakang kasir, menempel piagam tengara peresmian Soga Resto yang ditandatangani oleh Ir.H. Joko Widodo atau Jokowi, saat ia masih menjabat sebagai Walikota Solo. Ketika memotret pojok ruangan ini, saya memunggungi ruang tunggu tamu dengan tiga buah sofa dengan masing-masing tiga tempat duduk yang nyaman.

soga resto danar hadi solo
Pandangan pada ruang utama yang memanjang dari Soga Resto Danar Hadi dengan meja kursi kayu yang ditata dengan apik dan berselera. Meski rasa lapar dan rasa masakan adalah faktor penting pertama dan kedua dari nikmat tidaknya makanan, namun ada segmen penikmat kuliner yang menuntut suasana restoran yang baik untuk menghidupkan waktu.

Faktor lainnya tentunya adalah adalah pelayanan, baik kecepatan dalam mencatat pesanan maupun seberapa cepat pesanan terhidang di meja tamu. Selanjutnya adalah cara penyajian, baik pemilihan wadah maupun penataan makanan yang bisa memberi kesan khusus bagi yang melihat atau memegangnya. Terakhir tentu saja adalah harga yang pantas serta kemudahan dalam melakukan pembayaran.

soga resto danar hadi solo
Minuman yang kami pesan datang tak terlalu lama. Jamu beras kencurnya enak. Seperti makanan Padang di Jakarta yang telah disesuaikan rasanya, begitu pun rasa jamu beras kencur di Soga Resto ini sudah disesuaikan dengan lidah kebanyakan orang Jawa, yang rata-rata sudah tak terbiasa minum jamu. Agar rasanya lebih bisa diterima.

Minuman satu lagi bernama Kawista Banjar Balong, dibuat dari sirup khas buah segar Kawista, disajikan dengan air soda, sirup leci, sari kelapa dan strawberry segar. Untuk makanannya agak lama datangnya, meskipun tak banyak tamu yang dilayani. Bisa jadi karena semuanya disiapkan secara segar, lagipula yang saya pilih adalah ayam bakar, yang tentu saja perlu waktu untuk menyiapkannya.

soga resto danar hadi solosoga resto danar hadi solo
Makanan yang kami pesan akhirnya datang juga dan penyajiannya cukup menerbitkan selera. Yang di atas adalah Nasi Bakar Mbak Ninil isi sambal terasi, teri medan, daun kemangi, disajikan disajikan dengan empal daging, tahu & tempe bacem dilengkapi dengan sayur asem. Yang di bawah adalah ayam panggang dua potong disajikan dengan urapan, sambal, nasi putih dan kerupuk.

Meski ada sebagian kulit ayam yang terbakar hangus yang mesti saya buang karena tak pernah suka dengan arang daging, namun dagingnya empuk dan bumbunya masuk. Adalah dosen Kimia Bahan Makanan yang mengajarkan bahwa daging hangus akan melepaskan benzopyrene, sebuah zat kimia karsinogenik alias memicu timbulnya sel kanker.

Secara keseluruhan pengalaman makan siang di Soga Resto ini cukup menyenangkan, baik suasananya, minuman maupun makanannya yang rasanya enak dan disajikan dengan cara yang sangat baik. Harga tak terlalu mahal, namun juga tak murah. Pas saja. Hanya saja kecepatan penyajian makanannya masih perlu ditingkatkan.

Soga Resto Danar Hadi Solo

Alamat : House of Danarhadi, Jalan Slamet Riyadi 261. Solo 57141. Telp 0271-727020, 722084. Fax 0271-722042. Lokasi GPS : -7.5689215, 110.8161467, Waze. Rujukan : Hotel di Solo, Tempat Wisata di Solo, Peta Wisata Solo.

Author : . Updated :
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.

.