Monumen Soekarno – Hatta Jakarta Pusat

aroengbinang.com -
Monumen Soekarno-Hatta Jakarta terletak di Jl Proklamasi, Menteng, Jakarta, beberapa puluh meter sebelum sampai di pertigaan Megaria. Meskipun sering melewati jalan itu, hampir setiap hari selama beberapa tahun saat masih bekerja di daerah Cikini, namun jauh setelah itu saya baru benar-benar menghentikan mobil dan parkir di pinggir jalan di depan monumen yang bersejarah ini.

Soekarno dan Mohammad Hatta, yang sempat terkenal dengan sebutan Dwitunggal Soekarno - Hatta, membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 di rumah Soekarno yang lokasinya ada di dalam kompleks monumen. Soekarno kemudian diangkat menjadi Presiden pertama Republik Indonesia dan Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden pertama.

Kompleks dimana Monumen Soekarno – Hatta ini merupakan tempat yang sangat terbuka, dengan akses masuk lebar yang dilapisi keramik, tanpa pagar penutup sama sekali, saat itu. Dari tepi jalan hingga ke pinggiran area tengah jaraknya sekitar 25 meter, dan dari pinggir area hingga sampai ke depan patung Soekarno - Hatta jaraknya sekitar 25 meter lagi.

monumen soekarno-hatta menteng jakarta

Jalan masuk ke Monumen Soekarno – Hatta Jakarta Pusat ini cukup lega dan lebar, selebar 5 meter dengan keramik membentuk panah. Kondisinya masih dalam keadaan cukup baik. Tidak ada penjaga, dan tidak dipungut biaya untuk masuk ke dalam kompleks Monumen Soekarno – Hatta ini. Dari tempat saya berdiri sampai di patung itu jaraknya sekitar 50 meter.

Area sekitar Monumen Soekarno – Hatta Jakarta ini memang dibuat seperti layaknya taman kota atau ruang terbuka hijau yang rimbun dengan pepohonan dan tanaman bunga. Di pusat area taman kota inilah terdapat patung Soekarno – Hatta berdiri bersisian, sedikit berjauhan, dipisahkan oleh tengara peresmian dan tengara teks proklamasi.

Di kompleks Monumen Soekarno – Hatta Jakarta ini, di sebelah kanan patung proklamator, ada sebuah tugu peringatan berukuran kecil yang didirikan setahun setelah kemerdekaan untuk menghargai peran dari para pejuang wanita. Sayang karena areanya yang begitu terbuka, area terbuka di depan kedua patung sering menjadi ajang bermain anak-anak.

Bangunan utama Monumen Soekarno – Hatta Jakarta adalah patung Soekarno yang berada di sebelah kiri memegang naskah proklamasi, dan patung Hatta di sebelah kanannya dengan kedua tangan melipat di balik punggung. Di belakang kedua patung terdapat pilar berjumlah 17 yang melambangkan tanggal dibacakannya naskah proklamasi.

Prasasti yang terbuat dari bahan tembaga berisi teks proklamasi di Monumen Soekarno - Hatta Jakarta menggunakan sistem tahun kalender Jepang, yang sama dengan tahun Masehi 1945. Bentuk prasasti ini meniru kertas yang telah diremas hingga agak kusut. Di belakang kanan tampak sebagian anak yang tengah bermain-main di sekitar monumen

Prasasti yang berada diantara kedua patung dibuat untuk menandai peresmian Monumen Soekarno - Hatta yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada 16 Agustus 1980. Meskipun Soeharto yang menyingkirkan Soekarno dari kekuasaan, namun tampaknya ia masih berusaha menghormatinya, termasuk memberi nama Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Di dalam kompleks Monumen Soekarno - Hatta Jakarta juga Tugu Petir atau Tugu Proklamasi di tempat dimana teks proklamasi dibacakan, yang diresmikan pada 17 Agustus 1972. Pada Tugu Petir ada tengara yang berisi teks soal itu. Lokasi dimana Tugu Petir berada sebelumnya merupakan rumah Bung Karno, yang dihancurkan atas perintahnya sendiri.

Tulisan pada Tugu Petir di Monumen Soekarno - Hatta yang memakai ejaan lama, berbunyi "Disinilah dibatjakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 djam 10.00 pagi oleh Bung Karno dan Bung Hatta". Pembacaan teks proklamasi tentu saja hanya dibacakan oleh Soekarno, dan Hatta berdiri menyaksikan di sebelahnya.

Di sebelah kanan jalan masuk terdapat rumah jaga yang semula saya kira adalah sebuah museum di area Monumen Soekarno - Hatta. Akan lebih elok jika rumah ini digunakan sebagai museum dan cafe kecil dengan dek pandang ke arah monumen. Terakhir saya ke monumen ini adalah ketika ada bazaar makanan dan kami berjalan ke sana setelah menonton di bioskop Megaria.

Monumen Soekarno-Hatta Jakarta

Alamat : Jalan Proklamasi, Menteng-Cikini, Jakarta Pusat. Lokasi GPS : -6.202677, 106.846333, Waze ( smartphone Android dan iOS ).

Galeri Foto Monumen Soekarno-Hatta

Bangunan utama Monumen Soekarno – Hatta Jakarta adalah patung Soekarno yang berada di sebelah kiri memegang naskah proklamasi, dan patung Mohammad Hatta di sebelah kanannya dengan kedua tangan melipat di balik punggung. Di belakang kedua patung terdapat pilar berjumlah 17 yang melambangkan tanggal dibacakannya naskah proklamasi.

monumen soekarno-hatta menteng jakarta

Tengara terbuat dari bahan tembaga berisi teks proklamasi di Monumen Soekarno - Hatta Jakarta dengan menggunakan sistem tahun kalender Jepang, yang sama dengan tahun Masehi 1945. Bentuk tengara ini meniru kertas yang telah diremas hingga agak kusut. Di belakang kanan tampak sebagian anak yang tengah bermain-main di sekitar monumen

monumen soekarno-hatta menteng jakarta

Di dalam kompleks Monumen Soekarno - Hatta Jakarta juga Tugu Petir atau Tugu Proklamasi di tempat dimana teks proklamasi dibacakan, yang diresmikan pada 17 Agustus 1972. Pada Tugu Petir ada tengara yang berisi teks soal itu. Lokasi dimana Tugu Petir berada sebelumnya merupakan rumah Bung Karno, yang dihancurkan atas perintahnya sendiri.

monumen soekarno-hatta menteng jakarta

Bangunan utama Monumen Soekarno – Hatta adalah patung Soekarno yang berada di sebelah kiri memegang naskah proklamasi, dan patung Mohammad Hatta di sebelah kanannya dengan kedua tangan melipat di balik punggung.

monumen soekarno-hatta menteng jakarta

Patung Bung Karno yang sedang memegang teks proklamasi di Monumen Soekarno - Hatta. Secara ekspresi, Patung Bung Hatta dibuat dengan lebih baik dibandingkan dengan patung Soekarno ini. Kurang hidup dan tidak mencerminkan karakter Soekarno.

monumen soekarno-hatta menteng jakarta

Patung Bung Hatta di Monumen Soekarno - Hatta dilihat dari jarak lebih dekat. Patung yang sangat hidup memperlihatkan ekspresi Bung Hatta yang tenang dan berpendidikan.

monumen soekarno-hatta menteng jakarta

Prasasti yang menandai peresmian Monumen Soekarno - Hatta oleh Presiden Soeharto pada 16 Agustus 1980. Soeharto tampak masih berusaha menghormati para proklamator, setidaknya dengan memberi nama bandara internasional Cengkareng dengan nama Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

monumen soekarno-hatta menteng jakarta

Tulisan pada Tugu Petir di Monumen Soekarno - Hatta yang memakai ejaan lama, berbunyi "Disinilah dibatjakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 djam 10.00 pagi oleh Bung Karno dan Bung Hatta".

monumen soekarno-hatta menteng jakarta

Sebuah tugu peringatan berukuran kecil di dalam kompleks Monumen Soekarno – Hatta yang didirikan setahun setelah proklamasi kemerdekaan untuk menghargai peran dari para pejuang wanita.

monumen soekarno-hatta menteng jakarta

Tengara yang berisi teks peringatan pada badan Tugu Peringatan Pejuang, yang berbunyi "Peringatan Satoe Tahoen Repoeblik Indonesia. Atas oesaha Kaoem Wanita Djakarta".

monumen soekarno-hatta menteng jakarta

Rumah jaga yang semula saya kira adalah sebuah museum. Rumah ini ada di bagian depan area Monumen Soekarno - Hatta, di sebelah kanan jalan masuk. Akan lebih elok jika rumah ini digunakan sebagai museum dan cafe kecil dengan dek pandang ke arah monumen.

monumen soekarno-hatta menteng jakarta

Monumen Soekarno - Hatta diperlihatkan dengan posisi Tugu Petir berada di sebelah kanan depannya, dipisahkan oleh halaman cukup luas yang biasa digunakan untuk upacara peringatan atau pun untuk menyuarakan berbagai pendapat masyarakat.

monumen soekarno-hatta menteng jakarta

Info Jakarta

Nomor Telepon Penting, Hotel di Jakarta Pusat, Hotel Melati di Jakarta Pusat, Peta Wisata Jakarta Pusat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Pusat.
Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac.