Bumi Perkemahan, Jakarta, Jakarta Timur

Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur

Berjarak 14 km dari Cawang, dan akses mudah lewat Jl Tol Jagorawi, Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur [Scout Guesthouse and Campground Cibubur] memberi alternatif yang sangat baik bagi warga Jabodetabek yang ingin menikmati suasana alam dengan tidur di kemah dan merasakan hangatnya api unggun.

Setelah keluar dari gerbang tol Cibubur sejauh 500 m, saya membawa kendaraan untuk berbelok arah ke kiri, dan sesaat kemudian terlihat loket pembayaran karcis masuk ke Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, yang lebih dikenal masyarakat umum dengan nama sebutan pendek Buperta Cibubur. Akses masuknya berdekatan dengan Taman Wisata Lebah.

Beberapa meter setelah melewati pintu gerbang Buperta, di sebelah kanan terlihat gedung kantor pemasaran, tempat dimana pengunjung bertemu dengan petugas jika ingin memesan tempat untuk berkemah, baik perorangan atau pun rombongan besar. Di tempat ini pengunjung juga bisa menanyakan segala sesuatu terkait fasilitas yang tersedia bagi pengunjung. Meski ada pesawat telepon, namun petugas lebih senang jika orang datang langsung ke sana untuk mengatur segala sesuatunya.

Lapangan bola Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka terletak di seberang kantor pemasaran dengan panjang lapangan lebih dari 200 m. Lapangan ini juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya sepanjang tidak sedang digunakan. Setidaknya jogging bisa dilakukan di sini.

Selain area perkemahan yang sangat luas dan kolam renang yang cukup besar, juga terdapat sebuah masjid, pura dan gereja, yang letaknya semuanya berdekatan dalam satu area, berjarak sekitar 750 meter dari ujung lapangan bola, arah ke Utara. Ada pula di sana bangunan kapel, dan vihara. Kedekatan tempat ibadah menjadi simbol kerukunan dan toleransi antar penganutnya, yang memang mestinya seperti itu.

Ke arah Barat Laut terdapat Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara yang luasnya mencapai 4800 m2, dimana saya melihat serombongan anak-anak TK tengah dipandu petugas didampingi guru-guru mereka untuk mengenal dan belajar tanda-tanda lalu lintas serta marka jalan dalam ukuran yang sebenarnya.

Saat itu ada tenda-tenda yang telah terpasang di salah satu lokasi tapak kemah Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka yang sepertinya telah disiapkan untuk sebuah rombongan yang cukup besar. Pengunjung Buperta bisa menyewa tenda dari mulai kapasitas untuk 6 orang sampai 300 orang, dengan harga mulai Rp.50.000 sampai Rp. 300.000 per malam.

Semua perlengkapan dan kebutuhan berkemah bisa disewa pengunjung di Buperta, dari mulai alas plastik, velbed, kayu bakar, podium, mimbar untuk irup, panggung, gong, kentongan, sistem suara, megafon, lampu tambahan, pendopo, tenda cafe, kursi, meja, hingga tiang bendera. Jika dikehendaki, alas plastik bisa disewa secara terpisah.

Outbound

Di tempat ini ada outbound, paintball, dan mountaineering. Area Kampung Maen berada di ujung utara, dan di sisi Timur terdapat Hutan Arboretum, Pemancingan Telaga Cibubur, dan Danau Situ Baru.

Deretan warung maka sederhana membentuk tapal kuda berada di dekat lokasi gereja, atau di sebelah Utara masjid. Jika saja dibuat desain warung yang baik dan lebih nyaman, dengan biaya yang hampir sama, akan bisa jauh berbeda hasilnya. Ketimbang melihat rumput gundul mungkin akan lebih baik dipasang paving blok yang bisa meneruskan resapan air untuk lintasan sepeda motor.

Di sebuah area lainnya tampak tenda siap pakai, lengkap dengan alas plastik yang mencegah rembesan air. Tapak kemah terbagi atas Kelurahan Putra dan Putri yang luasnya masing-masing 40 ha, terbagi lagi jadi 5 kelurahan. Pendopo Kelurahan berukuran 9x18 m untuk 100 orang. Di setiap Pendopo ada lapangan 100x100 m untuk kegiatan kelompok. Fasilitas MCK di Buperta ada 66 unit.

Jenderal Besar Soedirman

Patung Jenderal Besar Soedirman yang tengah duduk di atas seekor kuda terlihat ditempatkan tidak jauh dari lokasi kolam renang Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur. Sekelompok tenda berukuran besar saya lihat dipasang di lokasi tapak kemah lainnya yang bisa menampung sampai 30 orang per tenda. Ada pula tenda pembina yang berkapasitas 10 orang. Jika dikehendaki, alas plastik bisa disewa secara terpisah.

Selain tapak kemah dengan beragam pilihan ukuran, Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata Cibubur juga menyediakan penginapan standar berupa kamar AC maupun Non AC, dengan kapasitas 230 bed. Cukup banyak. Selain itu ada juga wisma yang lokasinya ada di area perkemahan, yang menyediakan kamar AC maupun yang non-AC. Pengelola menyediakan hampir semua yang dibutuhkan orang untuk bersahabat dengan alam, teman dan keluarga.

bumi perkemahan dan graha wisata pramuka cibubur bumi perkemahan dan graha wisata pramuka cibubur bumi perkemahan dan graha wisata pramuka cibubur bumi perkemahan dan graha wisata pramuka cibubur bumi perkemahan dan graha wisata pramuka cibubur bumi perkemahan dan graha wisata pramuka cibubur bumi perkemahan dan graha wisata pramuka cibubur bumi perkemahan dan graha wisata pramuka cibubur bumi perkemahan dan graha wisata pramuka cibubur bumi perkemahan dan graha wisata pramuka cibubur

Area bumi perkemahan ini sungguh luas, bisa memakan waktu setengah hari untuk melihat sepintas semua fasilitasnya, dan tentu lebih lama lagi jika ingin menikmati semuanya. Maklum area yang sebelumnya adalah perkebunan karet dan kini banyak diteduhi bermacam pepohonan itu luasnya mencapai 210 ha.

Alamat Bumi Perkemahan Dan Graha Wisata Pramuka berada di Buperta Cibubur, Jakarta Timur. Nomor Telepon 021-8444948, 844 5449, 844 5850. Reservasi: 0813 5000 9803. E-mail. info@buperta.co.id. Lokasi GPS : -6.366642, 106.901178, Waze. Jam buka : pukul 06.00 - 22.00. Harga tiket masuk Buperta Cibubur 2020 : Rp10.000, pramuka Rp5.000, mobil Rp15.000, motor Rp10.000, sepeda Rp5.000, bus Rp20.000, anak-anak gratis. Khusus Sabtu - Minggu Rp5.000 jika datang jam 6.00 - 8.00 pagi. Hotel di Jakarta Timur, Hotel Melati di Jakarta Timur, Peta Wisata Jakarta Timur, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Timur, Nomor Telepon Penting.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Januari 13, 2021.