Buperta, Cibubur, Jakarta, Jakarta Timur, Kolam Renang

Kolam Renang Buperta Cibubur

Lokasi Kolam Renang Buperta berada di dalam kompleks Buperta, Cibubur, yang tak sengaja terlewati dan iseng-iseng mampir sejenak untuk melihat dalamannya. Ini adalah penambah catatan tentang Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, karena memang kolam renang ini merupakan bagian dan fasilitas pelengkap yang berada di dalam area perkemahan yang sangat luas itu. Kawasan wisata keluarga ini menyediakan sejumlah fasilitas umum yang cukup baik.

Sebenarnya tak ada yang terlalu istimewa pada Kolam Renang Buperta Cibubur ini, standar saja, namun lingkungannya asri, bersih, dan terawat baik, seperti terlihat pada beberapa foto di bawah ini. Walau demikian beberapa bagian bangunannya sudah perlu mendapat penyegaran.

Meski sejak kecil sudah diperkenalkan dengan kolam renang, terutama ketika masih tinggal di Jatinom, Klaten, namun saya tak pernah serius belajar berenang. Karenanya wisata air tak pernah menjadi kegemaran saya, kalau perlu dihindari. Ada banyak umbul dengan sumber air yang sangat jernih di sekitar Jatinom yang dulu sering kami kunjungi, diantaranya Umbul Jolotundo.

Area dimana kolam renang berada dibuat lebih tinggi dari area lainnya sehingga memberi kesan tersendiri. Airnya jernih dan areanya cukup lega untuk menampung banyak orang. Kolam ini khusus untuk dewasa, dan untuk anak ada kolam renang dangkalnya sendiri. Yang istimewa di sini adalah pada ibu petugasnya, yang meski sebagian rambutnya sudah terlihat memutih namun ia masih tampak bertenaga, bersemangat, dan trengginas.

Ibu yang bernama Neni itu mengijinkan saya untuk melongok ke dalam dan mengambil beberapa foto di dalam area Kolam Renang Buperta Jakarta Timur yang cukup luas itu. Namun ia menolak mengijinkan masuk dua pemuda lain, meski beralasan ingin menemui teman mereka yang tengah berenang.

Keasrian lingkungan kolam ini mungkin tak lepas dari sentuhan tangan Neni yang sudah bertugas di tempat ini selama 32 tahun. Selama itu pula ia selalu berjalan kaki dari rumahnya ke tempat ini yang jaraknya cukup jauh. Tak heran jika ia terlihat sangat sehat.

Area di sebelah kiri kolam renang ada meja kursi berpeneduh memanjang yang meskipun sudah menua namun terlihat bersih. Tak terlihat pula sampah di sepanjang permukaan konblok sampai ke ujung sana. Neni terlihat merawat Kolam Renang Buperta ini dengan sangat baik.

Walau ada pula tempat duduk di sisi lain kolam renang, namun jika mempertimbangkan area perkemahan Buperta yang bisa menampung ribuan orang, mungkin Neni sudah akan kerepotan untuk menyediakan tempat duduk jika 10% saja dari mereka datang berenang di tempat ini.

Kolam Arus

Sudut pandang lain pada kolam memperlihatkan tempat duduk berpayung besar di sisi kolam sana, serta gazebo di beberapa tempat. Kolam renang Buperta memiliki kedalaman bervariasi, yaitu 155 cm, 105 cm, dan 85 cm. Ada pula kolam arus dengan kedalaman 80 cm, serta kolam anak berkedalaman 60 cm yang terletak di sisi pojok kanan area.

Di ujung sanalah letak kolam renang yang diperuntukkan bagi anak-anak, dengan lintasan kolam arus tampak mengular di latar tengah. Lingkungan asri dan bersih juga terlihat di area itu. Melihat tata letaknya, anak-anak tampaknya akan senang jika diajak berenang di tempat ini setelah berkunjung ke Taman Lalu Lintas Buperta.

Selain perorangan, Kolam Renang Buperta juga menerima rombongan dalam jumlah 50 orang atau lebih, dengan memberi fleksibilitas pada jam buka pelayanan yang normalnya dibuka jam 08.00 dan tutup pada jam 15.00. Sempat ngobrol dengan Neni soal perawatan kolam. Orangnya sangat ramah, tak hemat bicara, sehingga menyenangkan untuk diajak bicara.

kolam renang buperta kolam renang buperta kolam renang buperta kolam renang buperta kolam renang buperta kolam renang buperta kolam renang buperta kolam renang buperta

Air kolam yang berasal dari danau itu menurutnya tak memakai khlorin. Neni menggunakan tawas dan kaporit (yang sebenarnya mengandung Chlor juga) dengan perbandingan tertentu untuk menjaga kejernihan dan tingkat keasaman air. Satu hal yang sempat membuatnya pusing, sebelum akhirnya ia menemukan kadar campuran yang tepat.

Alamat Kolam Renang Buperta berada di dalam kompleks Buperta Cibubur, Jakarta Timur. Telp 021-8444948, 844 5449, 844 5850. Fax 021-845 5282, 844 5731. Lokasi GPS : -6.365314,106.897509, Waze. Jam buka : 08.00 - 15.00. Hotel di Jakarta Timur, Hotel Melati di Jakarta Timur, Peta Wisata Jakarta Timur, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Timur, Nomor Telepon Penting.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang lahir di Desa Mersi - Purwokerto, dan sekarang tinggal di Jakarta. Diperbarui: Januari 16, 2021.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".

« Tulisan Baru©2021 IkutiTulisan Lama »

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.